Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lidya Fitrian

Muslim LifeFair Tempatnya Pelaku Usaha Industri Halal Berkumpul

Ekonomi Syariah | Thursday, 02 Mar 2023, 09:52 WIB

Bicara soal halal bukan perkara tentang makanan dan minuman semata saja melainkan cara mendapatkan uang atau harta yang akan digunakan juga harus dilaksanakan dengan cara halal. Makanannya memang halal, tapi apakah uang untuk membeli makanan tersebut itu halal?

Menjalani gaya hidup halal merupakan wujud keimanan seorang muslim kepada Allah dan tentunya banyak manfaat lainnya seperti agar doa-doa yang kita panjatkan tidak terhalang serta mencegah dari api neraka.

Indonesia sebagai negara dengan jumlah pemeluk agama Islam terbesar di dunia, mempunyai potensi industri halal yang besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya yang menjalani syariat Islam. Industri halal ini merupakan kegiatan ekonomi yang dijalankan sesuai syariat Islam mulai pengolahan bahan baku, pemanfaatan sumber daya sampai barang yang dihasilkan pun serta jasa industrinya harus halal.

Senangnya jika industri halal makin berkembang sehingga sebagai umat Muslim bisa merasakan ketenangan hati dalam menggunakan maupun mengonsumsi produk maupun jasa karena sesuai dengan syariat Islam.

Para pelaku usaha yang bergerak di Industri Halal pun harus terus menjaga kualitas kehalalan industrinya agar tetap bisa berkembang dengan cara penguatan nilai halal, keuangan syariah dan penguatan ekonomi digital. Strategi pemasaran industri halal juga dilakukan dengan gencar supaya masyarakat lebih kenal lagi. Salah satu pemasaran yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha ada dengan mengikuti bazaar maupun fair.

Muslim LifeFair Hadir Untuk Pelaku Industri Halal dan Konsumen

Alhamdulillah Muslim LifeFari hadir kembali di tahun 2023 ini yang menggelar bazar produk halal dan keuangan syariah. Muslim LifeFair yang diselenggarakan oleh Lima Events dan bekerjasama dengan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) ini bertujuan untuk membangkitkan industri UMKM untuk pameran sebagai ikhtiar bermuamalah dan sekaligus bisa menjadi saranda branding serta transaksi produk muslim di Indonesia.

Di event Muslim LifeFair juga dapat dijadikan ajang silaturahmi bagi pelaku industri produk muslim di Indonesia. Tidak hanya fokus pada pemasaran dan penjualan produk saja, tapi Muslim LIfeFair pun sebagai tempat mencari ilmu agama serta rekreasi islami.

Event Muslim LifeFair ini akan diselenggarakan pada tanggal 17-19 Maret 2023 di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta yang menghadirkan 230 booth dan 128 brand dari berbagai kategori dan menempati area seluas 6.000 m2. Penyelenggaraan Muslim Fair juga momennya tepat sebelum Ramadan dan Idul Fitri 1444 H di mana biasanya kebutuhan masyarakat untuk keperluan dua momen besar tersebut sangat besar.

Pers Conference Muslim LifeFair

Sebelum acara di hari H dimulai, Lime Events menyelenggarakan pers conference pada hari Rabu, 1 Maret 2023 yang bertempat di Hotel Gren Alia, Jakarta. Acara yang dihadiri oleh perwakilan dari pihak KPMI (Komunitas Pengusaha Muslim), KNEKS (Komite Nasional Keuangan Syariah), BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) dan pihak dari tenant yang menggunakan lokasi untuk kegiatan seperti Uki eks-Noah dan Reda Samudera dari Serlok Kuliner serta pihak dari brand Atelier Angelina.

Momen bazar yang tepat sebelum bulan suci Ramadan dan Idul Fitri menjadi tempat pemasaran yang efektif bagi pelaku usaha, sedangkan bagi pengunjung dapat datang sekaligus melihat bahkan berbelanja kebutuhan mereka di satu tempat terutama kebutuhan fashion dan kuliner. Ketertarikan pengunjung datang ke Muslim LIfeFair juga didukung adanya beragam promo spesial seperti diskon hingga 75%, Buy 2 Get 2 produk, dan Flash Sale, maka dari itu target 20 ribu pengunjung Insya Allah akan tercapai.

Muslim LifeFair juga menghadirkan beberapa brand lain selain Atelier Angelina dan Serlok Kuliner yaitu Muslimah Basic, Muslim Madano, Pelangi Hijab, Samase, Hisyam, Nusseyba, Maktab, dab Fatih Indonesia.

Tema Muslim LIfe Fair yang diusung kali ini adalah #NyoKiteKumpul juga akan digelar acara menarik lainnya seperti bincang santai, bedah buku, workshop parenting, sharing kesehatan, kelas ta;ruf, coding competition, kids activities dan lain-lain.

Kolaborasi Muslim LifeFair Dengan Serlok Kuliner

Ada yang baru di Muslim LifeFair kali ini yaitu kolaborasi dengan Serlok Kuliner yang digawangi oleh Uki Kautsar dan Reda Samudera. SERLOK KULINER merupakan channel youtube yang memperkenalkan tempat lokasi kuliner yang nyaman, enak dan halal pastinya.

Pada Muslim LIfeFair nanti Serlok Kuliner akan mendatangi booth-booth kuliner yang ada di sana untuk direview dan mengenalkannya pada masyarakat. Uki mengatakan saat ini masih ada restoran yang belum melek online, mereka hanya berjualan offline saja, semoga dengan adanya Serlok Kuliner dapat meningkatkan kepercayaan diri restoran tersebut untuk mengikuti pangsa pasar digital saat ini yaitu dengan membuka secara online.

Bagaimana tertarik bukan untuk berkunjung ke Muslim LifeFair? Jangan lupa juga kunjungi berbagai booth yang ada di lokasi termasuk Booth Atelier Angelina yang selalu ramai dan sold out produk yang dibawa pada pameran. Untuk informasi lebih banyak mengenai Muslim LifeFair bisa dipantau pada akun Instagram @muslimlifefair dan @indonesiamuslimlifefes sedangkan untuk pembelian tiket dapat dilakukan pada aplikasi @muslimlifeshop.

Muslim LifeFair tempatnya pelaku usaha industri halal berkumpul yang dapat memperkuat ekosistem perkembangan produk halal di Indonesia untuk mendorong Indonesia Global Halal Hub 2024

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image