Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aris Nur Ramdhani

Puskesmas Kecamatan Terbaik di DKI Jakarta Berdasarkan Google Review

Info Terkini | Wednesday, 01 Jun 2022, 23:37 WIB

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan salahsatu fasilitas pelayanan publik yang bertujuan memberikan service kepada pelanggan (masyarakat) perihal kebutuhan kesehatan. Kebijakan pelayanan publik itu sendiri diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009. Perilaku pelaksana pelayanan publik yang senantiasa harus dilakukan diantaranya adil, cermat, tegas, santun dan ramah, profesional, menjunjung tinggi akuntabilitas, tidak mempersulit, terbuka, tidak menyalahgunakan sarana dan tidak menyimpang dari prosedur. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki brand personality budaya kerja yaitu Integritas, Kolaboratif, Akuntabel, Inovatif, Berkeadilan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 54 tahun 2020, sangat mengedepankan kualitas dan kepuasan pelanggan.

Kepuasan pelanggan diantaranya dipengaruhi oleh perilaku staf, lingkungan fasilitas pelayanan kesehatan, pelayanan, dan kebersihan. Beberapa hal yang pelanggan atau masyarakat harapkan dari sebuah pelayanan publik termasuk Puskesmas, diantaranya kemudahan, pengakuan, kualitas, kenyamanan, dan konsistensi. Ketika hal tersebut dipenuhi maka tidak jarang masyarakat akan merasa puas, kebutuhan emosionalnya terpenuhi dan tidak sedikit yang merasa mendapatkan lebih dari yang diharapkan. Puskesmas Kecamatan yang ada di DKI Jakarta terus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat, sehingga kehadirannya sangat dirasakan dan diharapkan.

Salah satu sarana yang digunakan masyarakat untuk mengungkapkan kepuasan bahkan ketidakpuasaan layanan adalah melalui google review. Biasanya masyarakat mengulas dan mem-posting pengalaman yang dirasakan terhadap kualitas pelayanan.

Berikut ini daftar 15 Puskesmas Kecamatan di DKI terbaik versi google review berdasarkan rating tertinggi diurutkan dari rating masing-masing dan banyaknya jumlah ulasan per 1 Juni 2022.

Puskesmas Kecamatan (PKC):

1. PKC Pulogadung, rating 4.8 dengan 1.427 ulasan

2. PKC Kebayoran Baru, rating 4.6 dengan 1.050 ulasan

3. PKC Palmerah, rating 4.4 dengan 693 ulasan

4. PKC Sawah Besar, rating 4.2 dengan 136 ulasan

5. PKC Pasar Rebo, rating 4.1 dengan 290 ulasan

6. PKC Johar Baru, rating 4.1 dengan 137 ulasan

7. PKC Kemayoran, rating 4.0 dengan 325 ulasan

8. PKC Koja, rating 4.0 dengan 241 ulasan

9. PKC Jatinegara, rating 4.0 dengan 194 ulasan

10. PKC Kepulauan Seribu Utara, rating 4.0 dengan 8 ulasan

11. PKC Kebon Jeruk, rating 3.9 dengan 618 ulasan

12. PKC Cengkareng, rating 3.8 dengan 611 ulasan

13. PKC Kramat Jati, rating 3.8 dengan 376 ulasan

14. PKC Pancoran, rating 3.8 dengan 354 ulasan

15. PKC Cakung, rating 3.8 dengan 341 ulasan

Puskesmas memiliki peranan penting di masyarakat. Menjadi garda terdepan menghadapi masalah kesehatan yang ada di depan mata, sebut saja hepatitis akut misterius, demam berdarah, monkeypox atau cacar monyet di tengah-tengah pandemi COVID-19 yang belum berakhir. Sungguh luarbiasa perjuangan seluruh petugas Puskesmas. Semoga semua petugas Puskesmas bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dengan kualitas pelayanan yang terus meningkat khususnya di DKI Jakarta sehingga mencapai masyarakat dengan derajat kesehatan yang tinggi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image