Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rutan Majene

Berpusat di Lapangan Pancasila Ende, Karutan Majene dan Jajaran Peringati Hari Lahir Pancasila Secar

Eduaksi | Wednesday, 01 Jun 2022, 12:17 WIB

RutaNe_Info_Rumah Tahanan Negara Kelas II B Majene ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual. Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2022 yang dipusatkan di Lapangan Pancasila Ende, Nusa Tenggara Timur diikuti secara virtual melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden oleh Karutan Majene (Mansur) dan Jajarannya di Ruang Kepala Rutan Kelas Ii B Majene dan di Kediaman masing-masing pegawai. (01/06/2022).

Tema peringatan hari lahir Pancasila tahun ini adalah "Bangkit Bersama Bangun Peradaban Dunia". Pada peringatan hari lahir Pancasila tahun ini Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo hadir sebagai inspektur upacara dengan mengenakan pakaian adat Ende, yakni Ragi Lambu-Luka Lesu lengkap dengan penutup kepala.

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk membumikam nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. "Dari Kota Ende saya mengajak seluruh anak bangsa dimanapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," jelas Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo juga mengungkapkan Ende merupakan koa bersejarah karena di kota inilah Soekarno, Presiden pertama RI, merenungkan dan merumuskan Pancasila. "yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara," ujar Jokowi Dodo.

Menurut Joko Widodo, Pancasila telah mempersatukan Indonesia menjadi bintang penuntun saat menghadapi berbagai persoalan. Hal itu, kata dia, terbukti saat berkali-kali bangsa Indonesia menghadapi berbagai persoalan. "Bangsa Indonesia bisa berdiri kokoh sebab kita sepakat berdasarkan kepada Pancasila," tutur Presiden Joko Widodo.

Usai mengikuti upacara di Lapangan Pancasila Ende, Presiden Joko Widodo mengunjungi Taman Perenungan Bung Karno berada tak jauh dari lokasi upacara tersebut.

Ditaman inilah Presiden Pertama RI, Soekarno menghabiskan waktu untuk membaca buku dan merenung saat menjalani masa pengasigan di Ende.

Karutan Majene menyampaikan beberapa pesan kepada jajarannya. "Seusai mengikuti upacara, saya berharap jajaran Rutan Majene bisa menanamkan nilai moral Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara terutama dalam menajalankan tugas sebagai ASN" tutur Karutan. (Humas Rutan Majene, 1 Juni 2022).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image