Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image KKN TEMATIK 107 MBKM

Mahasiswa KKNT MBKM-107 Berhasil Edukasi PHBS dan Memeriahkan Acara Rabu Sehat di SDN Kutogirang

Eduaksi | Monday, 30 May 2022, 11:46 WIB
Sumber : Dokumentasi Pribadi Kegiatan PHBS

Mojokerto – Kegiatan ‘Rabu Sehat’ mahasiswa KKNT MBKM-107 UPN Veteran Jawa Timur, berhasil mendapatkan respon positif dari siswa-siswi SDN Kutogirang. Hal ini tampak pada antusiasme dan semangat yang ditunjukan siswa dan siswi saat mengikuti senam pagi dengan memadati lapangan sekolah. Acara Rabu Sehat ini memiliki serangkaian kegiatan antara lain yaitu, senam pagi yang dimulai pada jam 07.30, dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh mahasiswa KKNT MBKM-107, pengisian kuesioner, pengukuran tinggi dan berat badan, serta praktik mencuci tangan yang baik dan benar.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan senam pagi sampai dengan praktik mencuci tangan yang baik dan benar, secara sukses dipandu langsung oleh mahasiswa anggota KKNT MBKM-107. Acara Rabu Sehat yang dilaksanakan pada Rabu (25/5), bertempatkan pada SDN Kutogirang, Kec. Ngoro, turut mengedukasi siswa dengan penyampaian materi pada tiap-tiap kelas mengenai 8 Indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dapat dipraktikan di sekolah yaitu, mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan memakai sabun, mengonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah, Menggunakan jamban yang bersih dan sehat, olahraga teratur dan terukur seperti senam pagi, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok di sekolah, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap bulan, membuang sampah pada tempatnya.

Sumber : Dokumentasi Pribadi Kegiatan PHBS

Dengan adanya kegiatan Pengisian Kuesioner diharapkan siswa-siswi SDN Kutogirang mampu memahami materi yang telah disampaikan oleh mahasiswa KKNT MBKM-107, dan dari data kuesioner tersebut mahasiswa dapat mengetahui keberhasilan dari kegiatan mahasiswa KKNT MBKM-107 dalam memberikan materi. Kemudian, pengukuran tinggi badan adalah salahsatu dari 8 indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang bertujuan untuk me-monitoring pertumbuhan siswa-siswi SDN Kutogirang. Pada kegiatan praktek cuci tangan di SDN Kutogirang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang Mencuci tangan dengan air bersih yang baik dan benar agar siswa-siswi SDN Kutogirang jauh dari penyakit/virus yang dapat menyerang tubuh melalui tangan yang kotor.

Dalam acara ‘Rabu Sehat’ ini, berhubungan dengan Skema Desa Bebas Stunting yang telah dipilih dan berfokus pada tumbuh kembang anak yang diukur dari perbandingan tinggi dengan rata-rata tumbuh anak berdasarkan dengan usia. Sehingga dengan serangkaian acara senam pagi, pengisian kuesioner, praktik mencuci tangan yang baik dan benar, serta penyampaian materi PHBS tersebut, diharapkan siswa dan siswi akan secara mandiri mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah penyakit, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. Keberhasilan dari acara ‘Rabu Sehat’ ini tidak lepas dari antusiasme yang luar biasa dari seluruh murid dan pihak terkait pada SDN Kutogirang, yang memiliki tingkat kesadaran tinggi akan pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang telah dilaksanakan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image