Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slo Aja

Marak Penipuan Berkedok Bitcoin, Berikut Cara Menghindarinya!

Bisnis | Sunday, 29 May 2022, 13:40 WIB

Modus penipuan dengan kedok Bitcoin makin marak saja, untuk itu kalian mesti ekstra hati-hati biar tak jadi korban selanjutnya.

Seiring dengan popularitas bitcoin yang makin menggila, banyak orang mulai tergiur untuk memilikinya. Ini tentu saja bisa mengundang kelompok penjahat, termasuk para kriminal yang cari cuan lewat penipuan bitcoin.

Penipuan yang berkedok Bitcoin ini pada umumnya menyasar korban yang awam dan tak mengerti tentang Bitcoin. Nah berikut beberapa modus penipuan Bitcoin serta cara menghindarinya :

Bursa Aset Kripto Palsu

Saat ini banyak iklan bertebaran mengatasnamakan bursa aset kripto resmi dan juga terpercaya serta menawarkan harga Bitcoin lebih murah. Untuk itu anda mesti hati-hati jika menemukan hal seperti ini.

Periksa situs bursa aset kripto apakah sudah menggunakan protokol SSL atau HTTPS, atau masih HTTP biasa. HTTPS berarti situs yang dikunjungi terenkripsi dan aman menghindari teknik peretasan yakni phising.

Pengisian Saldo Paypal dengan Bitcoin

Modus lainnya yaitu jasa isi saldo PayPal dengan pembayaran Bitcoin. Caranya yaitu si korban akan diberi QR code untuk mengirim Bitcoin, tapi saldo PayPal tak kunjung tiba juga. Sebagian besar pemain nakal ini datang dan pergi dengan nama situs berbeda-berbeda.

Untuk memastikan bursa ini asli, periksa selalu nama situsnya. Biasanya jasa palsu datang dengan nama domain berbeda dengan aslinya.

Dompet Bitcoin Palsu

Cara mengenali dompet Bitcoin palsu ini memang diakui sedikit lebih sulit dibandingkan dengan bursa palsu, karena ini tentu saja melibatkan perangkat lunak yang dipakai. Pada umumnya, dompet palsu ini akan berisikan virus yang bakal menginfeksi untuk mencuri kata sandi atau pun private key.

Penipuan Phishing

Phishing merupakan penipuan yang paling umum terjadi. Cara ini yaitu dengan meminta korban untuk mengunjungi website palsu yang mana dibikin sama persis selayaknya situs asli. Seperti yang pernah diulis dari Detik Menit, mereka biasanya beraksi dengan mengirimkan link ke e-mail bisa juga iklan palsu. Ketika si korban masuk ke situs tersebut, secara otomatis virus pun terpasang di komputer dan akan mengintip serta mencuri password atau data penting lainnya.

Cloud Mining

Memang tak semua situs cloud mining itu penipuan. Beberapa memang benar asli adanya, tetapi juga tidak sediki juga yang palsu. Cloud mining ini yaitu menawarkan penyewaan hash power atau daya komputasi, dimana pengguna bisa menyewa mesin penambang Bitcoin.

Bagi perusahaan aslinya, model tersebut bisa dibilang menguntungkan satu sama lain. Tetapi bagi situs palsu ini, imbalan yang diperoleh akan sangat rendah atau bahkan nol.

Situs mining palsu ini akan datang atau pergi dengan lebih cepat, hilang tanpa sepeserpun mengembalikan modal korbannya atau sebelum korban melakukan penarikan dana terlebih dulu. Oleh karena itu selalu pastikan anda menyewa cloud mining terpercaya dan sudah terbukti.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image