Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image sefia sela majid

Humas Sebagai Ujung Tombak dalam Perusahaan serta Berorganisasi

Eduaksi | Thursday, 30 Sep 2021, 16:36 WIB

Humas merupakan bagian penting dari sebuah organisasi atau perusahaan. Seperti yang telah didefinisikan bahwa humas adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dengan publiknya sebagai penentu kesuksesan organisasi (Cutlip, 2000:6). Humas juga merupakan alat dari manajemen untuk membantu mencapai tujuan organisasi, merumuskan filosofi organisasi serta menjadi fasilitator dalam perubahan sosial.

Fungsi dan peran humas dalam organisasi sangatlah penting dalam menunjang sebuah kegiatan organisasi itu sendiri. Dikatakan bahwa terdapat beberapa fungsi humas, yaitu Pertama, humas menunjang aktifitas utama sebuah manajemen dalam mencapai tujuan bersama. Kedua, membina hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publiknya. Ketiga, mengidentifikasikan segala sesuatu yang berkaitan dengan opini, persepsi, dan tanggapan masyarakat terhadap organisasi institusi yang diwakili. Keempat, melayani kepentingan publiknya dan memberikan saran kepada pimpinan untuk tujuan serta manfaat bersama. Kelima, menciptakan komunikasi dua arah timbal balik dan mampu mengatur arus informasi serta publikasi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image