Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Edo Segara Gustanto

Akademisi dan Praktisi Dukung Agar Perbankan Syariah Lebih Baik

Info Terkini | Monday, 27 Sep 2021, 22:46 WIB
Sumber foto: Republika Online

YOGYAKARTA - GAZA Publishing bekerjasama dengan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Barokah Dana Sejahtera (BDS) menggelar zoominar bedah buku “Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Syariah di Perbankan Syariah.” Zoominar ini digelar secara daring melalui aplikasi zoom (25/9/2021).

Dr. Mulia Ardhi, M.Phil, SE., menyampaikan beberapa masukan untuk buku yang ditulis oleh Edo Segara Gustanto ini. Di antaranya, alur buku ini harus disempurnakan dan dilengkapi dengan teori-teori manajemen yang lain. Selain masukan, ia juga memuji jika buku ini karya yang berharga karena diangkat dari penelitian S2 penulis. Namun, ia juga meragukan jika buku (penelitian) ini bisa mengulik laporan keuangan yang ada di perbankan syariah.

“Banyak bank syariah yang tidak secara tegas mau membuka laporan keuangan internalnya ke publik. Saya ragu kalau nasabah juga tahu seluruh laporan keuangan bank syariah tempat ia bertransaksi. Tapi kita semua sepakat, kita harus terus mendukung bank syariah dengan bertransaksi di sana,” ungkap Mulia Ardi yang juga akademisi di UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung.

Sedangkan pembicara kedua, Edi Sunarto, SE. menanggapi kritik bahwa selama ini bank syariah hanya bermain di skim (akad) murabahah. “Data pembiayaan perusahaan kami menunjukkan, banyak pendanaan yang menggunakan skim selain murabahah,” terang Edi Sunarto.

Edi Sunarto juga mengatakan, dalam penerapan manajemen syariah di kantornya, ia fokus pada pemberdayaan dan pendampingan SDM-nya, tidak hanya mengasah profesionalitasnya tetapi juga dalam hal spiritualnya.

“Misi perusahaan kami adalah mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) berdasarkan aspek profesionalitas dan spiritualitas. Jika spritualitasnya terjaga, insya Allah pelaksanaan prinsip prinsip syariah di kantor kami akan berjalan maksimal,” ungkap Edi Sunarto selaku Direktur Utama PT. BPRS Barokah Dana Sejahtera (BDS).

Pembicara terakhir yang juga penulis bukunya, Edo Segara Gustanto, SE., ME. menyatakan kita harus mendukung perbankan syariah meski belum 100% syariah.

“Diskusi tentang riba ini sudah berpuluh-puluh tahun. Jangan sampai berjalan mundur. Kalau masih ada kekurangan, ya kita perbaiki. Jangan justru bank syariah didemarketisasi. Buku yang saya tulis ini juga sebagai upaya agar bank syariah lebih baik lagi, paling tidak secara manajemen,” ungkap Edo yang juga pengajar di STIKES Surya Global dan Institut Ilmu al-Quran An-Nur Yogyakarta.

Acara ini diikuti sebanyak ratusan peserta dari berbagai kalangan (mahasiswa, pelaku zakat, pengusaha, dll.). Acara bedah buku berlangsung mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB. Acara berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan tanya jawab.[]

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image