Jelang PON XX, Menhub Budi Karya Bergabung dengan Tim Sepak Bola Papua

Image
Apron IDN
Olahraga | Sunday, 26 Sep 2021, 20:00 WIB

Sebagai tuan rumah, Tim Sepak Bola Papua tak mau malu. Maka dari itu Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Papua Benhur Tomi Mano menyatakan pihaknya menargetkan tim sepak bola putra dan putri mampu merebut medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2-15 Oktober 2021.

Benhur mengakui target untuk tim sepak bola pria memang cukup berat mengingat dari beberapa kali uji coba hasilnya belum memuaskan. Untuk itu pihaknya mendorong tim sepak bola terus meningkat kemampuan dengan memperbanyak uji tanding.

Beruntunglah Sabtu (25 / 9/ 2021) lalu telah "bergabung" pemain baru yang diharapkan bisa menyuntik semangat bertanding Tim Sepak Bola Papua. Diharapkan tim ini mampu menyisihkan lawan-lawannya di penyisihan grup untuk tampil di final dan kemudian menyabet medali emas.

Beginilah gaya Menhub Budi Karya menggojek bola saat bermain dengan Tim Sepak Bola Papua untuk PON XX ( f0t0 : @budikaryas )

Siapakah pemain baru? Pemain baru ini menyatakan di akun instagramnya :"Sepak bola merupakan salah satu olahraga favorit saya sejak dulu. Saya juga punya pemain favorit di level nasional maupun internasional". Kira-kira siapa pemain favoritnya? Setidaknya ada enam foto yang dipasang, yaitu Christiano Ronaldo, Lionel Messi, Zlatan Ibrahimovic, Neymar, Luis Suarez, dan Mohamed Salah. "Siapakah pemain favorit saya?" katanya malah melempar tebakan.

Ternyata, "pemain baru" tadi tak lain Budi Karya Sumadi. Ia sehari-hari menjabat Menteri Perhubungan, tetapi di sela kesibukannya masih bermain bola. Sabtu itu Menhub bergabung dengan Tim Sepak bola PON Papua yang sedang berlatih di Jayapura. Bersama Walikota Jayapura Benhur Tomi Mano, Menhub Budi Karya melihat latihan itu. Kemudian sempat bergabung untuk bermain beberapa saat.

Tangkap layar @budikaryas yang menyatakan punya pemain favorit. Siapakah? (@budikaryas)

Meninjau Persiapan PON

Jadi, bergabungnya Menhub sesaat saja. Menhub memang sedang di Jayapura dalam rangka meninjau persiapan PON XX di Papua. Menhub meninjau sejumlah sarana dan prasarana infrastruktur transportasi di Jayapura dan Merauke, yang disiapkan untuk melancarkan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI di Papua. Tinjauan dilakukan untuk memastikan sarana dan prasarana tersebut telah siap melayani mobilitas para atlet dan tim official yang berlaga.

"Kami banyak membangun infrastruktur transportasi di Papua untuk mendukung kegiatan PON dan Perpanas. Dan kami pastikan ini semua telah berjalan dengan baik," ujar Menhub Budi.

Menhub Budi Karya saat meninjau Stadion Barnabas Youwe, Sabtu (25/9/2021) lalu (@kemenhub151)

Kemenhub telah mengirimkan sebanyak 428 unit bus ke tiga titik penyelenggaraan PON yaitu di Jayapura, Timika dan Merauke. Serta, menyiapkan 515 awak bus, dimana 261 orang diantaranya merupakan pengemudi yang direkrut dari penduduk Provinsi Papua, sebagai wujud pemberdayaan masyarakat asli Provinsi Papua dan bisa membuka lapangan pekerjaan.

Selain itu Kemenhub juga telah membangun sejumlah infrastruktur yaitu: dermaga dan dua unit bus air yang akan dioperasikan di Danau Sentani, pengadaan dan pemasangan perlengkapan jalan, pembangunan Terminal Tipe A Entrop Kota Jayapura, dan pembangunan Area Traffic Control System (ATCS) di Kota Jayapura.

Di sektor laut, sebanyak lima kapal Pelni telah disiapkan untuk mengangkut kebutuhan penyelenggaraan PON (tiang, spanduk, kendaraan, perahu kayak, dan lain sebagainya). Kelima kapal tersebut yaitu: KM Labobar, KM Gunung Dempo, KM Ciremai, KM Dobonsolo, dan KM Sinabung.

Di sektor udara, Kemenhub juga telah menyiapkan empat bandara yaitu: Bandara Sentani di Jayapura, Bandara Mozes Kilangin di Timika, Bandara Domine Eduard di Sorong, dan Bandara Mopah di Merauke.

Menhub Budi Karya Sumadi (rompi merah tengah) bersama Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menjajal bus air dari Dermaga Khalkote menuju Dermaga Ponton (@kemenhub151)

Saya pesan kepada Pak Bupati agar fasilitas tersebut bisa dijaga dengan baik. Fasilitas transportasi yang sudah ada ini nantinya bisa bermanfaat untuk mendukung sektor pariwisata di Papua dan sekitarnya, ungkap Menhub. (@budikaryas/dephub.go.id/yh)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Stop Melanggengkan Budaya Patriarki

Image

Tawarkan Atap Metal, Stand Produk Fumira Diserbu Pengunjung!

Image

Jerat Riba Pinjol

Image

Mahasiswa Idaqu mendapatkan Ijazah sanad Khot Diwany metode Hamidy dari Syeikh Belaid Hamidi

Image

Mahasiswa Idaqu Dilantik Menjadi Pengurus Pusat FKMTHI

Image

Peringati HSN, MTsN 3 Bantul Gelar Aneka Lomba

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image