Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

4 Faktor Penyebab Banjir Rob di Pantura Jawa

Info Terkini | Wednesday, 25 May 2022, 16:10 WIB
sumber foto: Republika.co.id

Banjir Rob di Pantura Jawa masih terjadi hingga hari ini (25/05/22). Menurut Badan Meteorologi, Klimatoogi, dan Geofisika (BMKG) penyebab banjir rob ekstrem terjadi akibat fenomena perigee telah mengecil. Puncaknya seharusnya pada14 -20 Mei 2022. Itu sebabnya, faktor meteorologis berupa angin kencang dan gelombang tinggi di Laut Jawa lebih dominan.

sumber foto: ANTARA/Aji S

Ada 4 faktor penyebab Banjir Rob di Pantura, yaitu (1) penurunan muka tanah per tahun di kota-kota Pantura Jawa; (2) meningkatnya ketinggian pasang air laut maksimum karena bulan purnama dan munculnya fenomena perigee yaitu jarak terdekat Bulan ke Bumi; (3) Angin kencang (20-25 knot) dan gelombang tinggi di Laut Jawa (1,25 -2,5 m); dan (4) jebolnya tanggul laut di Lamicitra

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image