Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yuliana Firdiasari

Tips Diet Untuk Pemula

Gaya Hidup | Tuesday, 24 May 2022, 14:49 WIB
Tubuh proporsional (sumber : pexels.com)

Siapa sih disini yang gak pengen punya badan yang proporsional ala-ala idol Kpop? Pasti dong pada mau, iya kan? Ngaku aja udah. Hehe

Tubuh ramping, kaki yang jenjang, perut rata, ada juga yang perutnya kaya papan cuci penggilasan a.k.a sixpack, pake baju apa aja terlihat pantas dan bagus .

Tubuh yang proporsional bisa didapatkan dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara instan melalui operasi. Selain harganya yang mahal, mendapatkan bodygoals melalui cara ini juga berisiko loh, bestii.

Kalo mimin sih gak nyaranin ya, tapi kalo mau silakan saja. Risiko tanggung sendiri, bestiii. Hihi.

Ada juga cara dengan diet ekstrem. Cara ini juga jangan ditiru, bestii. Ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Bayangkan saja, kamu hanya makan sebuah apel saja selama satu hari demi mendapatkan hasil yang instan. Bahkan ada yang hanya mengandalkan sinar matahari saja untuk asupan nutrisi dalam tubuhnya.

Ada yang tau diet tersebut dinamakan diet apa?

Jika kalian tidak mampu a.k.a kaum miskin seperti mimin tapi pengen banget punya tubuh yang proporsional, juga gak pengen membahayakan diri sendiri, ada kabar gembira buat kalian.

Mimin akan berbagi tips diet enak tanpa banyak siksaan untuk pemula. Langsung saja, let's get it!!

Niat

Nah, salah satu poin yang paling penting adalah niat. Sebelum melakukan hal apapun kalian harus punya niat dulu. Tanpa niat semuanya tidak akan berjalan dengan baik.

Niatkan dalam diri bahwa kalian melakukan diet bukan hanya untuk mendapatkan tubuh yang proporsional tapi juga untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Cari Motivasi

Motivasi menjadi hal yang sangat-sangat dibutuhkan ketika akan memulai diet. Cari hal-hal yang dapat mendorong kalian untuk lebih semangat diet. Kalo mimin dulu motivasinya adalah idol kpop.

Minum Air 2 Liter Sehari

Seperti apa yang dikatakan para ahli kesehatan, orang dewasa disarankan untuk minum air minimal 2 liter per harinya. Tentu saja tidak langsung diminum sebanyak 2 liter sekaligus, yang ada nanti malah kembung.

Mimin akan berbagi tips yang diberikan salah satu youtube terkenal di Indonesia, mengenai pembagian jadwal minum air 2 liter sehari menjadi empat kali minum. Cekidot :

500 ml saat bangun tidur

500 ml 30 menit setelah berolahraga

500 ml 30 menit sebelum makan siang

500 ml 30 menit sebelum makan malam

Atur Jadwal, Pola, serta Menu Untuk Makan

Ini mungkin yang paling ditunggu-tunggu kalian, ya, mengenai makanan. Kalian bisa tetap makan makanan enak namun dengan gizi yang seimbang. Makanan tersebut harus mengandung 4 bintang, yaitu karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

Untuk menu makanan, pilih menu makanan sehat yang mudah untuk dimasak sendiri di rumah dan tentu bahan-bahannya pun yang mudah didapat.

Dikarenakan ini untuk diet kalian harus defisit kalori. Kalian bisa mengurangi sedikit demi sedikit porsi makan kalian. Sangat tidak disarankan mengurangi porsi makan dengan drastis, dampaknya tidak baik bagi kesehatan.

Untuk pengaturan jadwal Makan, ini tips dari mimin :

Jam 06.00-09.00 sarapan (wajib)

Jam 10.00 ngemil pagi (disarankan buah-buahan)

Jam 12.00-14.00 makan siang (tidak boleh lewat dari jam 14.00)

Jam 16.00 ngemil sore (disarankan buah-buahan dan kacang-kacangan)

Jam 17.00-19.00 makan malam (4 jam sebelum tidur).

Istirahat Yang Cukup

Jika ingin dietnya berhasil, salah satu kuncinya ada di waktu istirahat yang cukup. Usahakan atur pola tidur dengan baik. Tidur malam selama 7-8 Jam dapat membuat tubuh menjadi segar di pagi hari serta meningkatkan mood. Sehingga kaliran dapat beraktivitas dengan baik.

Jangan begadang kalo tiada artinya (biasa aja bacanya, gak usah bernada. Hehe). Begadang selain tidak baik untuk kesehatan, juga tidak baik untuk orang yang sedang diet, karena jika tubuh terjaga kita akan merasa lapar dan pada akhirnya bikin mie pake telor ceplok sama irisan cabe (auto gagal diet).

Olahraga Teratur

Olahraga itu penting, kita harus berolahraga ketika diet atau pun tidak. Olahraga selain memperindah tubuh juga untuk kebugaran jasmani kita.

Tips dari mimin, pilih olahraga yang mudah untuk kalian lakukan. Banyak youtuber yang menyuguhkan praktik olahraga dalam kanal youtube nya, kalian bisa pilih mana olahraga yang menurut kalian mudah dan tentu saja kalian senang ketika melakukannya.

Lalu atur jadwal olahraganya disesuaikan dengan jadwal kesibukkan masing-masing. Kalian harus olahraga yang teratur, minimal 3 kali dalam seminggu.

Konsisten

Dalam melakukan hal apapun harus konsisten dan sabar. Lakukan dengan ikhlas tanpa paksaan serta dengan perasaan yang senang agak kalian tidak stres ketika melakukan diet.

Hanya orang-orang yang profesional saja yang bisa konsisten dengan apa yang sedang ia lakukan. Kalian jadilah salah satunya.

Nah, itu dia sedikit tips dari mimin tentang diet untuk pemula. Selamat mencoba.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image