Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Charles DM

Apri/Fadia dan The Babies Sumbang Emas tapi Thailand Juara Umum Badminton SEA Games 2021

Olahraga | Monday, 23 May 2022, 09:09 WIB
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti raih emas SEA Games 2021: Humas PP PBSI

Pertandingan cabang olahraga badminton berakhir tepat sehari sebelum penutupan SEA Games 2021.

Final nomor perorangan di Bac Giang Gymnasium, Minggu (22/5/2022) petang WIB adalah pamungkas.

Dari lima emas terakhir yang diperebutkan, Indonesia sukses merebut dua keping. Dua emas dari tiga wakil dari dua nomor yakni ganda putra dan ganda putri.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menyumbang emas pertama setelah mengalahkan unggulan dari Thailand, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard.

Apri/Fadia menandai debut mereka dengan manis. Pasangan baru ini memberi harapan bagi masa depan ganda putri Tanah Air. Mengalahkan dua unggulan pertama dari Thailand dan menggondol medali emas adalah pencaian tersendiri bagi keduanya.

Medali emas kedua Indonesia diraih Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin usai memenangi "all Indonesian final" ganda putra atas Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Tiga nomor lainnya menjadi milik Thailand dan Malaysia. Negara yang disebutkan pertama meraih dua emas dari tunggal putra dan tunggal putri. Sementara itu, Malaysia sudah pasti mendapat emas ganda campuran setelah terjadi final sesama rekan senegara.

Walau jumlah medali Indonesia dan Thailand sama banyak di nomr perorangan, secara keseluruhan status juara umum cabor tepok bulu disandang Thailand. Sebelumnya kontingen Gajah Putih "mengawinkan" emas beregu putra dan putri.

Bagi Thailand, status ini menjadi pencapaian tersendiri, meningkat pesat dari edisi sebelumnya di Filipina yang hanya kebagian satu emas.

Sementara itu Malaysia justru berada di posisi sebeliknya. Dua tahun lalu mereka juara umum, kali ini harus puas dengan satu emas.

Indonesia pun gagal mewujudkan target minimal tiga emas setelah sejumlah sektor yang menjadi andalan gagal menggapai klimaks yakni beregu putra dan ganda campuran.

Bagaimana sektor tunggal? Melihat performa dan kualitas lawan, kita hanya patut mengeluas dada dan angkat topi pada Thailand. Mereka memang lebih baik.

Berikut hasil pertandingan final nomor perorangan cabang olahraga bulu tangkis SEA Games Vietnam 2021:

Pornpawee Chochuwong (Thailand/1) vs. Phittayaporn Chaiwan (Thailand) 21-14, 21-16

Chen Tang Jie/Peck Yen Wei (Malaysia/4) vs. Hoo Pang Ron/Cheah Yee See (Malaysia/2) 15-21, 21-19, 21-13

Apriyani Rahayu Indonesia/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs. Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand/2) 21-17, 21-14

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (2) vs. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (1) 21-17, 21-19

Kunlavut Vitidsarn (Thailand/2) vs. Loh Kean Yew (Singapura/1) 21-13, 21-13

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image