Semarakkan HUT IGTKI-PGRI yang ke-72, Guru TK di Kalasan Gelar Gebyar Seni dan Lomba Tumpeng

Image
Atik Setyowati
Eduaksi | Saturday, 21 May 2022, 23:53 WIB

Sabtu 21 Mei 2022, guru TK sekapanewon Kalasan memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) IGTKI-PGRI yang ke-72 tahun. Acara dilaksanakan di balai desa kalurahan Tirtomartani.

Hadir dalam acara tersebut Dra. Tuarini, M.Pd. Kabid PTK (Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dinas pendidikan Sleman, Ibu Sri Murbani, S.Pd. ketua IGTKI Kabupaten Sleman, Ibu Mugi Rahayu, M.Pd. pengawas TK Kapanewon Kalasan, Bapak Drs. Siswanto Panewu Kapanewon Kalasan, serta Bapak Indra Gunawan, S.H. selaku Lurah kalurahan Tirtomartani.

Acara diawali dengan lomba tumpeng yang diikuti oleh perwakilan dari lima kelompok gugus TK sekapanewon. Setelah selesai lomba tumpeng, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Ibu Karsini, M.Pd., ketua IGTKI kapanewon Kalasan. Potongan tumpeng kemudian diserahkan kepada ketua IGTKI Kabupaten Sleman, Ibu Sri Murbani, S.Pd. yang turut hadir dalam acara tersebut.

Sambutan ketua panitia Ibu Sri Hartini, S.Pd.AUD.

Ketua panitia acara HUT IGTKI-PGRI Ibu Sri Hartini, S.Pd. AUD. dalam sambutanya menerangkan bahwa rangkaian acara HUT IGTKI-PGRI sudah diadakan jauh-jauh hari sebelumnya. “Rangkaian acara HUT ini diawali dengan kegiatan-kegiatan workshop guna meningkatkan kompetensi guru. Workshop yang diadakan meliputi workshop penulisan best practice dan workshop membuat APE. Hasil workshop yang diikuti oleh perwakilan dari semua lembaga ini kemudian dilombakan. Selain itu, saat puncak acara diadakan lomba tumpeng dan gebyar seni guru kapanewon Kalasan,” jelas Sri Hartini.

Sebagai penghargaan kepada guru-guru yang memasuki masa purna tugas, panitia memberika tali asih. Tali asih diberikan kepada Ibu Sajinem, S.Pd.AUD., Ibu Sri Mulyani, S.Pd., dan Ibu Ngatinah, S.Pd.AUD. yang telah mengabdi selama kurang lebih 40 tahun.

Acara kemudian dimeriahkan dengan pentas seni guru-guru TK. Tampil pertama dalam pentas seni tersebut yakni guru-guru dari gugus tiga yang membawakan angklung. Dilanjutkan dari gugus dua yang menampilkan pentas Parade Nusantara, gugus satu dan gugus empat dengan Gejuk Lesung, gugus lima dengan Tembang Dolanan, dan terakhir dari gugus dua dengan Tari Tobelonya.

Angklung
Gejuk Lesung
Tembang Dolanan

Disele-sela pentas seni, MC juga mengumumkan para pemenang lomba dalam acara HUT IGTKI-PGRI ini. Untuk lomba tumpeng juara 1 dimenangkan oleh gugus lima, juara 2 oleh gugus satu, dan juara 3 diraih oleh gugus dua.

Sedangkan untuk lomba penulisan karya tulis Best Practice juara 1 diraih oleh Atik Setyowati, M.Pd. dari TK IT Ukhuwah Islamiyah, juara 2 oleh Rumtini, S.Pd.AUD. dari TK Bakti 4 Karangmojo, dan juara 3 oleh Yayuk Sri Wahyuni, S.Pd. dari TK ABA Dhuri.

Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba karya tulis Best Practice oleh ibu Darmi, S.Pd

Selanjutnya untuk lomba membuat APE, juara 1 dimenangkan oleh Endang Sulistyowati, S.Pd. dari TK Al Amien, juara 2 oleh Videsta Rustiyaningrum, S.Pd., dan juara 3 oleh Esti Winarni, S.Pd. dari TK ABA Sambisari.

Acara berlangsung meriah dan diakhiri dengan sesi foto bersama semua guru sekapanewon Kalasan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Optimis Raih AIPT Unggul, Unismuh Gelar Rapat Evaluasi Persiapan Akreditasi

Image

Peduli Banjir Pati, Wadja Group Salurkan Bantuan Logistik

Image

Bantu Korban Gempa Cianjur, Mapala Umri Salurkan Bantuan Donasi dan Kirim Relawan

Image

Darurat Penggunaan Gadget pada Anak, Ibu Profesional Depok Ajak Orang Tua Melek Teknologi

Image

Kegiatan Ibadah Rohani Kristen Di Lapas Brebes

Image

Gelar Expo Program Wirausaha Merdeka, Unismuh Sukses Cetak Ribuan Enterpreneur Baru

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image