Cara Mengatasi Gangguan Digital untuk Meningkatkan Fokus Anda

Image
Suko Waspodo
Eduaksi | Saturday, 21 May 2022, 15:46 WIB
image: Harvard Health

Kita hidup di masa di mana gangguan digital ada di mana-mana. Kita memiliki akses ke hampir semua hal dan semua yang kita bisa minta. Tetapi kita perlu bertanya pada diri sendiri: Apakah ini hal yang baik?

Cara Gangguan Digital Memengaruhi Fokus Anda

Jika Anda merencanakan bulan madu, mencari cara untuk membangun bisnis Anda berikutnya, atau mencari untuk meningkatkan kebugaran fisik Anda, memiliki portal informasi yang tak ada habisnya sepadan dengan bobotnya. Tetapi jika Anda seperti kebanyakan individu di seluruh dunia, internet telah menjadi sumber kecemasan, stres, dan ketakutan yang berkelanjutan—pengalih perhatian digital yang dapat berdampak buruk pada kesejahteraan mental dan emosional kita.

Dengan media sosial, kita melihat apa yang orang ingin kita lihat, bukan seperti apa mereka sebenarnya sepanjang hari. Kita melihat outlet berita apa yang ingin kita lihat dengan umpan berita kita, terutama jika itu condong untuk terhubung dengan pandangan Anda melalui algoritme yang dirancang dengan brilian. Dengan informasi kita, kita mengkonfirmasi bias kita melalui artikel, episode podcast, dan forum bacaan yang secara sempurna memperkuat apa yang sudah kita ketahui. Namun, kita harus bertanya-tanya: apakah ini baik untuk kita, untuk otak kita, dan pertumbuhan jangka panjang kita?

Bahkan dengan kemajuan teknologi baru-baru ini selama beberapa dekade terakhir, otak kita tidak banyak berubah. Perkiraan terbaru menunjukkan bahwa otak modern kita tidak berubah selama lebih dari 40.000 tahun, yang merupakan sekejap mata pada lintasan kehidupan kita di planet kita seperti yang kita kenal. Sebagai akibat dari kurangnya perubahan ini, otak kita belum mampu beradaptasi dengan gangguan digital—teknologi yang berubah dengan cepat dan gaya hidup yang serba cepat ini—yang diciptakan untuk membajak sirkuit saraf otak kita dengan menciptakan stresor terus-menerus yang berdampak buruk pada kesehatan kita secara keseluruhan.

Dalam bukunya yang terkenal Why Zebra's Don't Get Ulcers, Robert Sapolsky mendokumentasikan bagaimana stres memengaruhi hewan dan manusia, pada dasarnya membuat analogi bahwa stres tidak buruk dalam jumlah kecil, tetapi stres berulang dan kronis selama berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, dan bahkan bertahun-tahun dapat memiliki efek merugikan pada kesehatan kita. Dan stresor ini bahkan tidak harus nyata.

Stres yang dirasakan dari kecemasan, penilaian, ketakutan akan kehilangan, dan perasaan lebih rendah dari orang lain berdasarkan perbandingan dan profil media sosial dapat memiliki efek yang sama pada kesehatan kita karena otak tidak dapat benar-benar membedakan antara ancaman nyata atau ancaman yang dirasakan. Kemajuan teknologi jarang datang tanpa biaya tersembunyi bagi orang-orang yang menggunakannya.

Meskipun pembicaraan ini mungkin terdengar suram dan pesimistis, tidak harus demikian. Munculnya internet dan media sosial telah memungkinkan individu untuk mengekspresikan diri, menemukan suku mereka, dan terhubung dengan orang lain di seluruh dunia tanpa harus meninggalkan rumah mereka. Dan perusahaan sedang dibangun di konter dapur apartemen karena pengaruh internet yang begitu besar.

Untuk mengubah kesehatan mental dan lintasan kecanduan kita saat ini, kita harus memahami cara mengambil kembali kendali dan menggunakan platform ini untuk keuntungan kita.

Cara Mengatasi Gangguan Digital

Berikut adalah beberapa tip tentang cara menangani gangguan digital dan meningkatkan fokus Anda.

1. Cium Selamat Tinggal Notifikasi Anda

Dalam buku ciri khasnya, Indistractible, Nir Eyal menjelaskan dengan sangat rinci tentang bagaimana perusahaan media sosial dengan cerdik menciptakan “peringatan” untuk merayu pikiran agar menghabiskan lebih banyak waktu di platform, sehingga meningkatkan waktu menonton, menciptakan pendapatan yang lebih besar, dan menciptakan ketergantungan pada Informasi terbaru. Sama seperti kasino, taktik ini sangat melibatkan jalur hadiah serupa di dalam otak, menyebabkan pengguna menjadi pecandu dopamin dengan menggunakan suka, klik, dan peringatan untuk memicu sistem umpan balik positif kuno yang membuat mereka kembali lagi.

Apakah Anda benar-benar perlu tahu kapan seseorang menyukai halaman teman? Dalam skema besar, seberapa besar pengaruhnya melihat Anda mendapat 20 suka (like) di pos Anda dari kemarin? Dan apakah itu akan mengubah lintasan karier Anda jika teman Anda memposting video kucing di halaman TikTok mereka?

Jujur saja, hidup kita akan jauh lebih mudah jika kita tidak dibanjiri dengan gangguan digital kecil yang cepat ini, yang memang begitu adanya. Itu dirancang untuk membuat Anda tetap sebagai pengguna, itulah sebabnya Anda perlu mengendalikan konten Anda dan memfilter pengaturan Anda untuk peringatan.

Peringatan tidak lebih dari gangguan sederhana untuk menjauhkan Anda dari tugas yang ada, jadi mengapa tidak menyingkirkannya saja? Kemungkinan besar, Anda kemungkinan besar memeriksa halaman media sosial Anda beberapa kali sehari. Jadi karena Anda sudah menuju ke halaman, tunda gangguan saat Anda menyelesaikan pekerjaan Anda.

Dan ini membawa kita ke poin berikutnya.

2. Struktur Memberikan Kebebasan Memilih

Merencanakan hari Anda dapat menjadi salah satu penggunaan waktu Anda yang paling efisien karena mengatur struktur yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas Anda. Struktur ini secara inheren memberi Anda kebebasan memilih yang lebih besar, karena ini akan memungkinkan Anda memiliki lebih banyak waktu luang setelah Anda menyelesaikan pekerjaan dan menyelesaikan tenggat waktu. Ini juga akan memperkuat bahwa kebebasan bukanlah kurangnya batasan. Ini adalah dasar untuk memungkinkan Anda memiliki kebebasan memilih yang lebih besar nantinya.

Menyimpan uang mungkin bukan kebiasaan yang paling mulia. Namun, kebiasaan kecil menabung itu bisa menjadi kebebasan pribadi dan finansial yang signifikan di kemudian hari, yang pada dasarnya memberi Anda kebebasan untuk pensiun dari pekerjaan dan masih memiliki fleksibilitas finansial untuk melanjutkan hidup.

Hal yang sama berlaku dengan menggunakan media sosial dan platform digital untuk kesenangan. Merencanakan waktu dan durasi untuk menggunakan platform ini dapat menjadi salah satu penggunaan waktu Anda yang paling efisien karena menciptakan batasan. Influencer di platform media sosial tidak memiliki cukup waktu dalam sehari untuk menggulir dan membuat konten, tetapi mereka membuat Anda merasa seperti mereka. Prinsip ini juga berlaku untuk Anda, terutama yang menggunakan platform digital untuk mempromosikan merek, bisnis, atau perusahaan Anda.

Gunakan waktu Anda dengan bijak karena kita semua memiliki jumlah yang terbatas dan terbatas tidak peduli seberapa kaya Anda.

3. Gunakan Platform Digital untuk Tumbuh, Bukan untuk Ditampilkan

Siapa yang Anda pilih untuk diikuti di media sosial akan menentukan seberapa produktif Anda saat tidak menggulir secara aktif. Mengapa? Karena umpan berita Anda akan memengaruhi emosi, perasaan, dan reaksi untuk mendorong Anda lebih dekat atau lebih jauh dari pencapaian tujuan Anda.

Ketika gangguan digital merajalela, itu menjauhkan Anda dari tugas-tugas yang ada dan dapat menyebabkan Anda merasa bersalah karena apa yang Anda rasakan. Hanya karena Anda bukan sensasi saluran YouTube berusia 27 tahun, bukan berarti Anda tidak akan pernah mencapai status sebagai pengusaha berpengaruh. Anda tidak dapat membandingkan bab 2 Anda dengan bab 10 orang lain.

Pilihan Anda dalam mengikuti akun dan individu yang akan memberdayakan Anda untuk mengatasi stresor, rintangan, dan pilihan kehidupan pribadi dapat memberi Anda motivasi yang cukup untuk melewati perjuangan dan menghadapi ketakutan terbesar Anda. Dan jika Anda belum meluangkan waktu untuk membersihkan siapa yang Anda ikuti di media sosial, inilah saatnya untuk mewujudkannya.

Manusia adalah makhluk sosial dan dapat dengan mudah dipengaruhi oleh lingkungan kita. Contoh kasus: Dr. Stanley Milgram melakukan beberapa penelitian pada tahun 1960-an di mana para peserta diminta untuk menginduksi kejutan listrik bertingkat ke peserta yang “tanpa sadar” bersedia di ruang terpisah. Seiring waktu, para peserta diminta untuk meningkatkan intensitas kejutan, mencapai titik intensitas kejutan yang mematikan. Bahkan pada tingkat kejutan yang mematikan, para peserta terus memberikan kejutan kepada individu di ruang tertutup sesuai saran dari individu pendamping di ruangan yang membimbing mereka melalui latihan. Mengapa? Karena ketika orang memiliki otoritas, kita secara inheren mematuhi perintah mereka untuk merasa terhubung dan diterima secara sosial, bahkan jika perintah itu melibatkan tindakan drastis dan hasil yang hampir fatal.

Untungnya, tidak ada individu yang dirugikan selama eksperimen ini karena peserta di ruang tertutup adalah aktor yang disewa untuk berperan sebagai penyetrum. Tetapi informasi tersebut cukup untuk menunjukkan betapa berpengaruhnya sumber pengaruh luar—terutama kekuatan otoritatif seperti influencer media sosial dan orang-orang dengan jumlah pengikut yang tinggi—dapat mengubah perilaku kita.

Waktu yang Anda habiskan secara online akan membantu Anda dan membimbing Anda menuju tujuan yang Anda inginkan, bukan mendorong Anda ke bawah dan membuat Anda merasa rendah diri dibandingkan orang lain di dunia. Bahkan sebelum pandemi COVID-19, kita sudah mengalami krisis kesehatan mental. Mari kita lakukan apa yang kita bisa untuk membalikkannya.

4. Ketika Anda Memilih Fokus, Hidup Anda akan menjadi Fokus

Jika Anda pernah mencari mobil baru, Anda tahu bagaimana fokus yang disengaja dapat berdampak pada penyelesaian tugas. Pada saat inilah Anda menyadari bahwa setiap orang di jalan sedang mengendarai mobil yang sama yang ingin Anda beli. Bagaimana ini mungkin?

Jumlah mobil di jalan tidak berubah. Persepsi Anda memiliki. Selalu seperti itu, tetapi begitu otak Anda mulai fokus pada detail tertentu, Anda mulai melihat lebih banyak hal itu terwujud di seluruh lingkungan Anda. Ini terjadi terlepas dari apakah Anda mencari yang baik, yang buruk, atau yang jelek atau tidak. Apa yang Anda harapkan untuk dilihat adalah apa yang pada akhirnya akan Anda dapatkan.

Ketika Anda memfokuskan waktu dan energi Anda untuk menyelesaikan tugas akhir Anda, otak Anda akan menemukan hal-hal untuk memperkuat pola ini, sehingga menciptakan siklus umpan balik positif yang tak terhindarkan yang akan membawa Anda dan permainan Anda ke tingkat berikutnya. Konsep "Hukum Ketertarikan" ini dapat ditelusuri kembali berabad-abad ke banyak tokoh sejarah di seluruh dunia.

Jadi, lain kali Anda merasa terganggu oleh gangguan digital dan tersesat di era digital kita saat ini, luangkan waktu untuk duduk, tenggelam dalam pikiran Anda, dan simpan ponsel Anda. Ini satu-satunya cara Anda bisa keluar hidup-hidup.

***

Solo, Sabtu, 21 Mei 2022. 3:36 pm

'salam hangat penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Ordinary Man

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Rapat Perdana Rumah Quran Ibnu Qudamah Sudiang, Ini Tujuannya

Image

Link Download GB WA Pro Mod Apk 2022 Terbaru

Image

Mp3 Juice: Download Musik Mp3 Youtube Tanpa Menggunakan Aplikasi, Mudah Banget!

Image

Salam Cinta Untuk Demokrasi

Image

Konsumsi dalam Perspektif Ekonomi Islam

Image

Virus Hepatitis Misterius: Apakah Pandemi akan Tetap Berlanjut?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image