Khidmat, LPKA Palembang Kemenkumham Sumsel Lakukan Upacara Harkitnas 2022

Image
LPKA PALEMBANG
Info Terkini | Friday, 20 May 2022, 13:28 WIB

Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Palembang (LPKA Kelas I Palembang) menggelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 114 Tahun 2022, Jumat (20/5). Pada upacara tersebut, bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Une Manutur selaku Plh. Kepala

Mengangkat tema "Ayo Bangkit Bersama", Une Manutur selaku Pembina membacakan amanat dari Johnny G. Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika. "Tahun ini, kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-114. Pada tahun ini, “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional," ucap Une.

"Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa," lanjutnya.

Selanjutnya, melalui amanat tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika mengajak setiap insan masyarakat untuk memaknai semangat perjuangan Dr. Sutomo sebagai tonggak agar bangkit. "Mengutip ucapan Dr. Sutomo “Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapa pun juga.” Di tengah momentum penanganan nasional COVID-19 yang makin membaik dan Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr. Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi COVID-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia Pulih Bersama. Ayo Bangkit Lebih Kuat!!" pungkas Une.

Selain diikuti oleh jajaran petugas LPKA Kelas I Palembang, upacara tersebut juga diikuti oleh Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas), Mahasiswa UIN dan Mahasiswa Unsri yang sedang melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

PK Bapas Purwokerto Tindaklanjuti Usulan Pembebasan Bersyarat

Image

Pastikan Kondisi Aman, Petugas Rutan Jepara Rutin Lakukan Trolling

Image

Pembayaran Pajak Sarang Burung Walet Menuai Pro dan Kontra

Image

Mengenal Apa Itu Delik Pers. Apakah Hanya Berkutat Pada Kesalahan Pers?

Image

Kunjungi Rutan Jepara, Ustadz Abdurahman Berikan Tausiyah Kepada Ratusan WBP

Image

Gelar Yasinan Rutin, Kalapas Brebes : Intropeksi Diri Sarana Jadi Pribadi Baik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image