5 Keuntungan Digital Marketing Untuk Usaha Anda

Image
christo tomo
Bisnis | Thursday, 19 May 2022, 15:55 WIB
source: Pixabay

Dalam sebuah usaha, promosi atau pemasaran adalah proses kerja yang berguna untuk mengenalkan produk kepada kalangan umum. Saat ini, salah satu jenis pemasaran yang banyak digunakan oleh pemilik usaha adalah pemasaran digital (digital marketing).

Dalam pemasaran ini, media sosial menjadi alat utama untuk mempromosikan produk yang dimiliki perusahaan kepada konsumen. Bahkan bukan hanya itu, digital marketing pun seringkali dimanfaatkan untuk memenuhi target penjualan dan menarik calon konsumen baru dengan relatif cepat.

Keuntungan menggunakan pemasaran digital untuk perusahaan

Pemasaran digital sendiri menawarkan beberapa keuntungan bagi siapa saja yang ingin menerapkannya untuk mempromosikan produk, yaitu:

1.Menjangkau pasar yang lebih luas

Sebelum era pemasaran digital, perusahaan lebih sering menggunakan media cetak atau selebaran untuk melakukan promosi. Cara pemasaran seperti ini, sebenarnya memiliki keuntungan dalam kemampuan menjangkau konsumen.

Dengan kondisi seperti itu, kemunculan digital marketing sebagai media pemasaran alternatif memberikan solusi untuk kelemahan pemasaran cetak. Sebab digital marketing dapat membantu proses pemasaran untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Apalagi saat ini, mayoritas masyarakat sudah menggunakan media digital yang terhubung langsung dengan internet. Artinya, tidak ada batasan bagi perusahaan untuk melakukan promosi produk kepada calon konsumen baru maupun lama. Bahkan jika ingin, perusahaan dapat menjangkau calon konsumen yang berada di luar negeri.

Hasil akhir yang didapatkan oleh perusahaan dari keuntungan ini adalah peningkatan penjualan, omset, dan juga konsumen.

2.Mempermudah konsumen mendapatkan informasi

Keuntungan yang kedua dari digital marketing adalah membantu konsumen untuk mendapatkan informasi tentang produk-produk milik perusahaan. Pihak perusahaan pun tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menyiapkan materi edukasi tentang produk kepada konsumen.

Dengan begitu, peluang perusahaan mendapatkan konsumen pun meningkat. Sebab, konsumen merasa memiliki kebebasan saat mencari tahu informasi-informasi yang dibutuhkan tentang produk yang diinginkan. Tanpa batasan waktu dan tempat atau lokasi.

3.Lebih minim biaya

Digital marketing juga dapat membantu perusahaan menekan biaya pemasaran namun tetap mendapatkan keuntungan yang diinginkan. Dengan bantuan internet, perusahaan hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membuat informasi produk seperti gambar, teks, video, dan yang lainnya untuk diunggah ke media sosial atau website.

Jika ingin menggunakan marketplace maka perlu mengalokasikan biaya untuk aplikasi serta biaya iklan agar bisa bersaing dengan perusahaan lain. Cara pemasaran seperti ini lebih efektif dan murah dibanding pemasaran konvensional.

4.Meningkatkan keuntungan

Ketika perusahaan mampu menjangkau pasar yang lebih luas; memiliki biaya promosi yang lebih kecil; dan konsumen mendapatkan kemudahan untuk mengakses informasi yang diperlukan; perusahaan dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Sebab semakin besar jangkauan pasarnya, peluang untuk mendatangkan konsumen baru pun akan semakin besar. Artinya, peluang penjualan pun akan ikut meningkat.

5.Membantu memudahkan proses evaluasi usaha

Pemasaran digital juga dapat membantu perusahaan dalam melakukan proses evaluasi usahanya. Terutama dalam hal-hal yang berkaitan dengan produk dan pemasarannya.

Misalnya, jumlah kunjungan calon konsumen baru pada informasi produk, total persentase konversi penjualan lewat iklan, sampai pengecekan jumlah pemesanan produk yang dilakukan oleh konsumen.

Bukan hanya itu, perusahaan juga dapat melakukan evaluasi atas iklan yang dijalankan untuk pemasaran produk.

Demikian uraian tentang pemasaran digital yang bisa Anda terapkan pada bisnis yang Anda miliki. Pengalihan strategi pemasaran ke digital perlu dilakukan mengingat keuntungan yang akan didapatkan setelahnya. Selamat mencoba!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Savefrom YT: Convert YouTube MP4 Jadi MP3 ke Galeri HP

Image

VidMate: Aplikasi Convert YouTube To MP3 dan MP4 Paling Kekinian

Image

YTMP3 : Download Lagu dan Musik YouTube Jadi Audio MP3 Gratis!

Image

Download Aplikasi YouTube Vanced Terbaru 2022 Tanpa Iklan

Image

Savefrom.Net Unduh Gratis Video Mp4 Youtube Tanpa Aplikasi Dan Pasti Cepat Disini

Image

Download Lagu aespa - Girls MP3 Gratis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image