Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image KKNT21 UPNVJT2022

Sosialisasi E-Commerce dan Market Place, Kembangkan Pemasaran UMKM Secara Digital

Bisnis | Thursday, 19 May 2022, 11:43 WIB

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Merdeka Belajar Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur melaksanakan kegiatan pengabdian dan membantu UMKM yang ada di Kelurahan Kedung Baruk Kecamatan Rungkut Surabaya. Diharapkan dengan adanya program KKN ini dapat membantu meningkatkan dan memperluas peluang usaha bagi para pelaku UMKM, salah satunya dengan melakukan kegiatan sosialisasi E-Commerce.

Perkembangan teknologi khususnya internet sangat mempengaruhi berbagai aspek bidang kehidupan masyarakat dunia. Dengan adanya perkembangan teknologi tersebut, perdagangan mengalami perubahan dalam hal proses kegiatan jual beli. Proses perdagangan tersebut dikenal dengan istilah electronic commerce atau disingkat e-commerce. Dikutip dari Investopedia, perdagangan elektronik atau e-commerce merupakan suatu model bisnis yang memungkinkan perusahaan atau individu bisa membeli atau menjual barang melalui internet (online).

Untuk mendorong perekonomian UMKM di Kelurahan Kedung Baruk, mahasiswa KKN 21 UPN “Veteran” Jawa Timur, melakukan kegiatan sosialisasi e-commerce. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu pemasaran produk dari UMKM tersebut agar dapat dikenal dan menambah daya beli konsumen. Salah satu contoh pelaku UMKM yang dibantu ialah Ibu Leni Andela. Ibu Leni merupakan pemilik dari produk Susu Jelly “YSM” yang telah berhasil dibantu dalam proses pendaftaran di beberapa e-commerce yaitu gofood dan grabfood. Selain itu terdapat UMKM Matahari yang menjual rengginang dan sinom juga telah berhasil didaftarkan di aplikasi shopee. Adapun UMKM yang berhasil memasarkan produk UMKM-nya di market place yaitu UMKM Kerupuk 2 Lanang, produk tersebut berhasil dipasarkan di platform Facebook.

Pendaftaran produk UMKM di akun e-commerce dan market place merupakan bentuk komitmen dari KKN-T kelompok 21 untuk mewujudkan pendamping dalam branding produk dan mewujudkan kampung percontohan terutama bagi sektor UMKM di wilayah Surabaya. Selain itu, keberhasilan kelompok 21 KKN-T dalam mendaftarkan UMKM di e-commerce dan market place mampu menjadi suatu pencapaian dari program kerja yang telah direncanakan sebelumnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image