Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Shalzafatihah Salamah

Sosialisasi Inovasi Usaha dan Branding bagi UMKM Momy Puding oleh Kelompok 24 KKN-T MBKM UPN Veteran

Info Terkini | Monday, 13 Jun 2022, 12:47 WIB

Kelompok 24 KKN-T MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur melakukan pengabdian masyarakat dalam skema ekonomi kreatif yang memiliki sasaran UMKM di Kelurahan Kutisari. Pengembangan dilakukan dalam tiga segmen yakni pemasaran, manajemen keuangan dan inovasi usaha dan branding. Momy Puding merupakan UMKM yang memproduksi puding sedot dan mung bean. Inovasi dari UMKM ini adalah puding yang aman dan sehat dikonsumsi, terbukti dengan bahan pembuatannya yang tanpa susu sehingga produk aman bagi lactose intolerant.

Sosialisasi Inovasi usaha dan branding bertujuan untuk mengembangkan usaha dengan membangun brand awareness sehingga produk dapat menjangkau segmen pasar yang lebih luas dan dikenal lebih banyak masyarakat. Sosialisasi Inovasi Usaha dan Branding pada UMKM Momy Puding dilakukan sebanyak dua kali, dimana tanggal 19 April 2022 merupakan pemberian edukasi dan gambaran mengenai inovasi usaha dan branding, dan tanggal 10 Mei 2022 merupakan pendampingan dan implementasi inovasi usaha dan branding yang mencakup packaging botol kemasan, logo dan stiker produk, serta feed konten sosial media. Lebih jauh lagi, implementasi juga mencakup elemen design seperti warna dan pemilihan font.

Dalam tiap edukasi, pendampingan, dan implementasi, terjadi diskusi antar tim kelompok KKN-T MBKM 24 UPN “Veteran” Jawa Timur dengan pelaku usaha UMKM Momy Puding, hal ini diperlukan untuk menjaga komunikasi dan mengetahui progress serta menentukan langkah selanjutnya dalam pengembangan UMKM dalam inovasi usaha dan branding. Bu Yuni selaku pemilik usaha Momy Puding mengatakan kendala yang terjadi pada usaha umumnya karena peran Bu Yuni yang juga sebagai ibu rumah tangga sehingga harus memiliki manajemen waktu yang baik antara mengelola usaha dan urusan rumah tangga, sehingga harus cepat dan tanggap dalam melakukan pengeditan atau desain. Hal ini dapat teratasi dengan pengenalan aplikasi edit yang mudah dan tidak memakan waktu lama. Selanjutnya, Bu Yuni mengatakan sosialisasi yang dilakukan mampu membantu inovasi usaha dan branding UMKM milik beliau menjadi lebih baik, beliau juga sangat aktif dan menyambut dengan baik setiap program yang dilaksanakan tim KKN-T MBKM 24 UPN “Veteran” Jawa Timur.

Kini, UMKM Momy Puding mulai melakukan branding melalui kemasan dan konten sosial media yang menarik untuk meningkatkan usahanya sehingga tujuan dari sosialisasi yang diberikan tim KKN-T MBKM 24 UPN “Veteran” Jawa Timur dapat tercapai.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image