Pakai Masker atau Lepas Masker

Image
Cak Hadi
Gaya Hidup | Wednesday, 18 May 2022, 19:07 WIB

Sejak kemarin petang, di lini masa saya berseliweran repost kabar dari Sekretariat Presiden, yang mengabarkan Presiden Joko Widodo melonggarkan kewajiban penggunaan masker. Sebagian besar diantara repost kabar tersebut ditambah dengan caption yang menunjukkan kesenangan karena sudah bisa beraktivitas di ruang terbuka tanpa wajib menggunakan masker, setelah selama dua tahun diwajibkan penggunaannya.

Ilustrasi pengguna moda transportasi publik di masa pandemi (sumber: Republika.co.id)

Lantas bagaimana dengan saya? Apakah saya termasuk yang gembira atau yang sedih dengan adanya pelonggaran penggunaan masker ini?

Kalau pertanyaannya seperti itu, saya memilih jawaban netral saja ya. Dibilang senang ya senang karena tidak perlu buka tutup masker lagi kalau mau makan atau minum. Tapi dibilang sedih ya mungkin lebih was-was ya. Takutnya ada orang bersin atau batuk lalu tanpa sengaja ada hasil dari bersin atau batuknya itu yang berpindah ke saya.

Terlepas dari itu semua .

Sebenarnya, saya termasuk ‘penganut kepercayaan’ masker bikin penampilan makin keren dan percaya diri. Ini sudah saya percayai sejak lama, jauh sebelum pandemi. Tidak hanya bikin keren, masker juga bisa menutupi kekurangan saya.

Misalnya ketika saya naik kereta api, bus, angkot, atau angkutan umum lainnya, saya memakai masker untuk menutupi mulut saya yang suka mangap saat ketiduran, supaya tidak malu dilihat penumpang lain.

Lalu jika saya mengendarai sepeda motor. Masker menjadi salah satu yang ‘sunnah muakkad’ hukumnya untuk saya kenakan. Supaya debu yang menempel di wajah berkurang, itu yang saya percaya.

Nah dengan diwajibkannya penggunaan masker saat pandemi, tentu saya sudah tidak canggung lagi ketika beraktivitas dengan menggunakan masker saat berada di luar rumah. Bedanya dengan menggunakan masker sebelum pandemi, tidak ada lagi yang bertanya ke saya “Kamu sakit kah? Nggak sakit kok pake masker? Kayak dokter aja,”

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Manusia biasa yang berharap luar biasa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Cara Membuat Mobil Tetap Prima Ketika Ditinggal Lama

Image

Bolehkan Muslimah Memakai Skincare?

Image

Tips Merawat Bodi Motor Biar Tetap Kinclong

Image

Mencerahkan! UMS Lakukan Sosialisasi Penguatan Ormawa di Boyolali

Image

Bawa Misi Majukan Desa dengan Teknologi, PTI UMS Berlayar ke Ujung Indonesia

Image

LKS As Salam Srigading Sanden, Santuni Anak Yatim dan Lansia Dhuafa

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image