Cara Membesarkan Anak-Anak yang Bahagia di Dunia yang Penuh Ketidakpastian

Image
Suko Waspodo
Eduaksi | Wednesday, 18 May 2022, 17:44 WIB
image: The Ivy Academy of Early Learning

Jika Anda membesarkan anak-anak hari ini, kemungkinan Anda ingat bagaimana rasanya menghabiskan masa kecil Anda tanpa teknologi, memutar kaset, berbicara tatap muka dengan teman, meminta tumpangan kepada orang tua, dan menyepakati waktu penjemputan karena ada tidak ada ponsel.

Meskipun mungkin tampak lebih mudah saat itu, masih ada tantangan. Perang, kekerasan, ketidaksetaraan, dan intimidasi juga ada saat itu. Segala sesuatu selalu tampak lebih mudah jika melihat ke belakang, dan kita sering melupakan bagian-bagian yang sulit.

Membesarkan anak-anak di dunia yang penuh ketidakpastian menghadirkan tantangan baru yang memerlukan perencanaan yang matang tetapi juga memberikan kesempatan unik untuk menyatukan kembali keluarga dan menjadikan rumah Anda tempat yang aman bagi orang yang Anda cintai. Menjaga anak-anak bahagia tidak ada hubungannya dengan apa yang kita berikan kepada mereka dan semuanya berkaitan dengan waktu yang kita habiskan bersama.

Sementara hidup mungkin menjadi lebih rumit, kita memiliki lebih banyak alat dan kesadaran daripada sebelumnya untuk mengatasi hambatan dan mendukung perkembangan emosional anak-anak kami daripada menyembunyikan emosi mereka di bawah karpet. Ini adalah kesempatan untuk berkembang secara emosional, tumbuh dalam spiritualitas, dan menyembuhkan keluarga kita. Pertumbuhan tidak terjadi tanpa perjuangan.

Sementara kita hidup di era di mana jadwal, teknologi, dan media sosial yang padat adalah hal biasa, banyak keluarga ingin memperlambat dan menyambung kembali. Berikut adalah 10 ide sederhana untuk membuat membesarkan anak-anak di dunia yang tidak pasti tidak terlalu membuat stres.

1. Terima dan Validasi Emosi Anak Anda

Terima dan validasi setiap emosi yang dialami anak-anak Anda. Ketika Anda marah dan anggota keluarga yang bermaksud baik menyuruh Anda untuk santai, bagaimana perasaan Anda? Biasanya tidak lebih baik.

Jika anak Anda merasa cemas tentang pergi ke sekolah, itu tidak akan menghilangkan emosi itu dengan memberi tahu mereka bahwa mereka baik-baik saja atau tidak khawatir. Apa yang dapat kita lakukan adalah mencoba memahami mengapa mereka merasa seperti itu dan kemudian mengatur aktivitas yang meningkatkan kepercayaan diri atau waktu berduaan saat sarapan untuk membantu mereka merasa aman dan dicintai.

Tahan keinginan untuk memberitahu mereka agar tidak merasa seperti ini (ini bisa jadi sulit) bahkan jika Anda tahu mereka tidak perlu khawatir. Bagikan saat ketika Anda merasakan hal yang sama dan bagaimana Anda melewatinya.

2. Jadilah Zona Aman Mereka

Ini bukan tentang memiliki keluarga yang sempurna atau situasi rumah atau menjadi penurut. Menjadi zona aman mereka berarti anak Anda dapat menjadi dirinya sendiri di rumah mereka tanpa penilaian. Yang ini mungkin mengharuskan semua saudara untuk ikut.

Jika mereka memiliki hobi yang tidak biasa, tanyakan apa yang menarik minat mereka atau bagaimana perasaan mereka saat mengerjakannya. Ini menguntungkan seluruh keluarga dan mendorong setiap orang untuk meninggalkan stres mereka di luar dan memimpin dengan hati mereka.

Beri mereka tanggung jawab di rumah untuk berkontribusi yang tidak terikat pada uang saku atau hadiah. Jika ada perubahan dalam keluarga atau pengaturan tempat tinggal Anda, awasi anak-anak. Mereka umumnya ingin tahu bagaimana perubahan apa pun akan memengaruhi mereka. Menjaga sebanyak mungkin struktur dan prediktabilitas akan menghibur mereka.

3. Batasi Media Sosial dan Tetap pada Zona Nyaman Teknologi Anda

Anak-anak tertarik pada teknologi seperti magnet. Bagaimana perasaan Anda setelah menggulir di ponsel Anda? Sebagian besar akan mengatakan tidak lebih baik, tetapi anak-anak kita sering kali tidak memiliki kesadaran diri untuk mengetahui ketika ada sesuatu yang tidak membuat mereka merasa baik.

Jangan merasa sedih ketika anak-anak Anda marah dengan aturan apa pun yang Anda tetapkan. Kita telah mendengar dari banyak anak yang mengatakan bahwa mereka senang orang tua mereka membatasi waktu media sosial dan teknologi mereka. Meskipun mereka mungkin tidak mengakuinya sekarang, suatu hari nanti mereka akan berterima kasih.

4. Tetap Terhubung dengan Aktivitas Centering

Anak-anak dan remaja sering membutuhkan bimbingan untuk keluar dari pikiran mereka sendiri. Jalan-jalan keluarga, yoga, aktivitas kerohanian, dan aktivitas perhatian adalah cara yang bagus untuk terhubung dan menyeimbangkan kembali.

Perhatian penuh terdengar lebih rumit dari itu. Itu melakukan apa saja dengan menggunakan perhatian penuh Anda, dan manfaatnya sangat luas. Seni, memasak, mendengarkan musik, diffuser minyak esensial, dan permainan malam hanyalah beberapa ide untuk membawa perhatian dan ketenangan ke dalam waktu keluarga Anda.

Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan keluarga Anda bersama untuk mendapatkan manfaat dari latihan ini. Pertimbangkan malam bertema di mana setiap anggota keluarga mendapat malam untuk memilih kegiatan untuk keluarga.

5. Terlibatlah secara Lokal

Apa saja cara Anda dapat menjadi sukarelawan di komunitas Anda sebagai sebuah keluarga? Apakah ada tetangga yang bisa menggunakan tangan? Lihat klub sekolah.

Meskipun anak Anda mungkin tidak langsung mengambil kesempatan untuk bergabung dengan klub aktivis sekolah, desak mereka untuk mencobanya. Mereka mungkin hanya tertarik pada sesuatu yang baru!

6. Bantu Keluarga Anda Mengembangkan Pola Pikir Berkembang

Tidak setiap hari akan menjadi sinar matahari dan mawar, dan bukan kepentingan terbaik anak-anak kita untuk membuatnya seperti itu. Kesalahan sangat penting untuk pertumbuhan. Tantangan diperlukan untuk menanamkan grit dan tekad.

Orang tua yang memuji upaya balita mereka alih-alih bakat mereka terbukti memiliki pola pikir yang lebih positif lima tahun kemudian. Anak-anak ini percaya bahwa kemampuan mereka dapat berkembang dan meningkat dengan kerja keras.

Mengomentari usaha dan ketekunan, daripada hasil yang sempurna. Alih-alih mengandalkan pujian dari luar, bantu mereka memperhatikan bagaimana usaha mereka membuat mereka merasa.

Bagaimana rasanya melanjutkan dan menyelesaikan soal matematika itu? Apa yang Anda lakukan ketika hal-hal menjadi menantang? Apakah Anda bangga dengan hasilnya?

Meskipun tidak ada orang tua yang ingin anaknya menderita, terkadang yang terbaik adalah membiarkan mereka mengatasi masalahnya sendiri, mengetahui bahwa mereka memiliki cinta dan dukungan Anda.

7. Jaga Waktu Keluarga

Saat anak-anak kita mendekati masa remaja, mereka mungkin menunjukkan preferensi untuk bersama teman-teman daripada di rumah. Cobalah untuk menjaga setidaknya satu atau dua hari seminggu untuk waktu keluarga.

Sekali lagi, tidak peduli apa yang mereka katakan sekarang, mereka akan berterima kasih nanti. Manfaatkan waktu bersama untuk terhubung dan melakukan sesuatu yang menyenangkan seperti bermain game atau menonton film, memasak makan malam bersama, atau memilih aktivitas secara bergiliran.

8. Bantu Anak Anda Bertanggung Jawab atas Kesejahteraan Mereka

Bantu anak Anda mengembangkan keterampilan untuk bertanggung jawab atas kesejahteraan mereka. Hidup di dunia di mana lingkungan eksternal kita tidak selalu damai atau dalam kendali kita, penting untuk mengajar anak-anak untuk mengambil kepemilikan dunia batin mereka.

Meskipun setiap anak berbeda, sangat penting untuk membantu mereka mengeksplorasi kegiatan yang mengembangkan kepercayaan diri dan membuat mereka merasa baik. Olahraga, seni, jurnal, yoga, dan meditasi hanyalah beberapa pilihan menarik untuk membantu mereka menemukan pemberdayaan.

9. Tahan Penjadwalan Berlebih

Sungguh menakjubkan bahwa kata "tidak" berputar-putar kembali ke dalam kosakata kita.

Anak-anak akan mengatakan ya untuk setiap aktivitas jika mereka bisa. Terserah orang tua untuk membatasi komitmen. Bahkan terlalu banyak kegiatan menyenangkan dalam seminggu berkontribusi pada stres dan kelelahan.

10. Kembangkan Rutinitas Pagi

Apakah anak-anak Anda di rumah atau pergi ke sekolah, pagi kita menentukan nada untuk hari itu.

Apa rutinitas yang masuk akal bagi keluarga Anda? Lima belas menit dapat membuat semua perbedaan di dunia untuk mengatur anak-anak Anda dan diri Anda sendiri untuk hari yang menyenangkan.

Berikut adalah beberapa ide:

· Afirmasi – Bekerjalah dengan anak Anda untuk menciptakan afirmasi yang berarti. Dorong mereka untuk mengatakan penegasan mereka dengan perasaan dan tutup mata mereka dan visualisasikan seperti apa rasanya. Bahaslah bagaimana mereka akan menerapkan ini di zaman mereka.

· Pesta dansa pagi – Pilih lagu yang membangkitkan semangat untuk memulai hari Anda.

· Latihan doa atau syukur – Ini menanamkan harapan dan mengingatkan anak Anda bahwa mereka tidak sendirian. Otak kita memiliki bias negatif, yang berarti kita cenderung fokus pada masalah daripada hal-hal baik. Akan sangat membantu untuk menjadikannya sebagai latihan untuk memperhatikan yang baik. Ada lebih banyak dari yang kita pikirkan.

· Pembuka percakapan – Ambil setumpuk pembuka percakapan dan lakukan satu setiap pagi saat sarapan.

Terakhir, ketahui kapan harus mendapatkan bantuan. Memiliki dukungan profesional untuk menavigasi situasi yang menantang dapat membuat semua perbedaan sehingga Anda dan anak-anak Anda memiliki seseorang untuk membimbing Anda.

Pikiran Akhir

Membesarkan anak-anak di dunia yang penuh ketidakpastian tentu menimbulkan tantangan baru yang perlu kita waspadai. Namun, ini juga menghadirkan kesempatan unik untuk mendapatkan kembali waktu keluarga dan menciptakan lingkungan rumah yang mendukung dan ramah.

Perubahan apa yang dapat Anda lakukan pada rutinitas mingguan Anda untuk menyambung kembali atau mengisi ember emosional satu sama lain? Anda mungkin mendengar beberapa gerutuan saat Anda melakukan penyesuaian, tetapi anak-anak Anda akan berterima kasih nanti.

***

Solo, Rabu, 18 Mei 2022. 5:37 pm

'salam hangat penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Ordinary Man

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Menjaga Keharmonisan

Image

Persiapkan Mekanisme Layanan Kunjungan Tatap Muka, Kalapas Perempuan Palembang Gelar Rapat Internal

Image

Pentingnya Sastra Anak dalam Kecerdasan Bangsa

Image

Lapas Sekayu Bersama BIN Gelar Vaksinasi Dosis Tahap I, II, Booster untuk Ratusan WBP

Image

Kalapas Narkotika Muara Beliti hadiri Upacara Hari Bhayangkara ke 76 Tahun

Image

YouTube MP4 Download Jadi MP3 ke Galeri HP di Y2mate Langsung 1 Klik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image