Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Moch Dzikry Nur Alam

Cerita Erwin Putra Sebagai Food Blogger, Menyantap 1000 Makanan hingga Naik 30 Kg

Kuliner | Monday, 16 May 2022, 19:18 WIB
Food Blogger Erwin Putra, Dok:Pribadi

Sudah bukan hal baru jika menyalurkan hobi bisa menjadi ladang pemasukan. Contohnya hobi traveling dan kuliner. Kedua hal ini sangat menyenangkan jika dilakukan, apalagi jika bisa menghasilkan keuntungan?

Hal ini yang dialami oleh food blogger Erwin Putra, seseorang di balik akun Instagram kuliner @bikingendut. Bermula dari hobinya jalan-jalan dan kulineran, kini Erwin sudah menjadi food blogger yang cukup dikenal.

Pria asal Kalimantan Barat ini sudah aktif membagikan pengalaman kuliner dan traveling-nya sejak tahun 2015 silam. Nama yang ia pilih berawal dari komen netizen yang tergugah dengan makanan yang dibagikannya.

"Dikasih nama @bikingendut karena mencicipi kuliner dan membagikan info kuliner yang semuanya menggugah selera dan menggiurkan. Sehingga sering kali ada yang berkomentar 'wow makanannya bikin gendut nih, menggoda banget sih tapi bikin gendut' akhirnya diputuskanlah buat akun @bikingendut," jelasnya.

Tak hanya keliling Indonesia saja, pria kelahiran 1992 ini juga menyambangi ke luar negeri. Negara-negara yang pernah Erwin Putra sambangi seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, China, Hong Kong, Macau dan masih banyak lagi.

"Menurut saya pribadi, traveling dalam negeri maupun keluar negeri selalu berkaitan erat dengan kuliner dan merupakan 2 hal yang sulit untuk dipisahkan, karena kemanapun kita pergi pasti yang dicari adalah kuliner," katanya.

Saat mengunjungi negara Thailand, Erwin sempat menetap selama beberapa bulan hanya untuk berwisata kuliner. Seperti yang kita ketahui, Thailand juga memiliki kuliner extrim berupa serangga, buata, ular, kalajengking dan lainnya.

"Menurut saya, Thailand salah satu surga street food dan taste makanannya masih masuk dengan lidah orang Indonesia atau mirip-mirip dengan Indonesia yang kaya rempah," pungkasnya.

Kini, sudah delapan tahun Erwin Putra menjadi food blogger. Kegiatan yang semula sebagai hobi, kini bisa menghasilkan rupiah untuknya.

Selain fokus di Instagram, Erwin juga menuliskan pengalamannya di blog miliknya www.bikingendut.com. Meski sama-sama berisikan informasi traveling dan kuliner, di blog tersebut memuat informasi yang lebih rinci dan detail.

Sebagai food blogger profesional, Erwin Putra harus totalitas menjalankan pekerjaannya. Sempat ia mengikuti suatu project dengan mencoba 1000 jenis makanan di lima kota di Indonesia yakni Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya dan Bali.

"Semenjak traveling dan kuliner, berat badan pernah naik mencapai 30 kg lebih dan pernah juga keracunan makanan karena makan terlalu banyak jenis makanan dalam waktu sekejap," terangnya.

Erwin Putra mengaku, dirinya memiliki list negara-negara yang ingin ia kunjungi kelak. Begitupun daerah-daerah di Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image