5 Keuntungan Membaca al Quran 1 Juz Perhari

Image
Deffy Ruspiyandy
Gaya Hidup | Monday, 16 May 2022, 15:10 WIB

Tak bisa dipungkiri al Quran adalah kitab yang menjadi petunjuk bagi kaum muslimin. Karenanya tak berlebihan memang jika kita harus mampu membaca setidaknya 1 juz perhari. Bukan saja dengan melakukan hal itu menjadi kebiasaan yang baik tetapi memiliki banyak keuntungan yang didapat oleh siapa saja.

Membaca al Quran 1 Juz perhari banyaks ekali manfaatnya bagi yang melakukannya. (FOTO :Republika.co.id/Adeng Bustami-ANTARA)

Seringkali kita mampu membaca bacaan yang ada berjilid-jilid tetapi malahan ada yang malas untuk membaca al Quran. Di sini tentu saja siapapun yang mengaku muslim harus mampu menyisihkan waktu setidaknya untuk membacanya saja dan jika mampu melakukannya maka akan didapat banyak kebaikan di dalamnya.

5 Keuntungan jika mampu membaca al Quran 1 juz perhari diasntaranya :

1. Menguatkan keimanan kita kepada kitab-kitab Allah

Salah satu rukun Iman adalah iman kepada kitab-kitab. Allah. Bagaimana kita akan mampu mengimaninya tetapi tak pernah sedikit pun setiap hari membaca al Quran. Salah satu bentuk iman kepada kitab-kitab Allah adalah dengan membaca al Quran dimana pun kita berada.

Karenanya alangkah lebih baik agar menyisihkanw aktu khusus untuk bisa membaca al Quran baik secara pribadi atau dilakukan bersama keluarga. Jika kondisi ini terkondisikans ecara baik maka keimanan kita akans emakin kokoh unuk mengimani kitab-kitab Allah tersebut yang salah satunya adalah al quran.

2. Memberi pahala yang sangat berlipat

Dengan mampu membaca al Quran 1 juz berhari berarti kita saat itu mampu meraih pahala dari apa yang kita baca. Hitungannya begitu besar karena yang dihitung adalah satu huruf. Jelas jika setiap hari istiqomah dilakukan maka akans emakin banyak pahala yang kita dapatkan.

Oleh karenanya jangan sia-siakan untuk selalu mengutamakanw aktu khusus membaca al Quran karena apa yang dilakukannya begitu ringan tetapi menghasilkan pahala yangs angat berlipat.

3. Memberikan energi positif setiap hari

Orang-orang yang bercengerama dengan al Quran maka adirinya akan selalu mendapatkan energi positif karena al quran adalah petunjuk bagi setiap muslim. Sebagai kitab Allah yang firman-firman Allah merupakan santapan jiwa yang utama sehingga batin kita takkan mengering dan terbawa arus dunia yang kadang merusak kehidupan yang dijalani.

Dari penelitian yang dilakukan di Universitas Padjajaran yang dilakukan kepada beberapa pemuda dengan membandingkan irama musik dan bacaan al Quran menghasilkan di mana mendengarkan al Quran lebih banyak pengaruhnya untuk otak sehingga lebih rileks dan tenang. Sehingga yang keusitan tidur sangat dianjurkan untuk mendengarkan lantunan ayat al Quran.(https://aceh.tribunnews.com/2021/04/28).

4. Dapat menenangkan dan menentramkan hati

Banyak membaca al Quran maka akan menenangkan hati karena bacaan yang bisa memuasakan dan membuat hati selalu tenang karena mampu mengingat Allah han yalah al Quran. Untuk itu mari membaca al Quran dan jangan sampai ditinggalkan.

KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym dijelaskan bahwa Al-Qur'an adalah karunia yang sangat besar dari Allah untuk kita. Setiap karunia Allah wajib kita syukuri. Karena itu, Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhid ini mengatakan, salah satu cara mensyukuri kehadiran Qur'an adalah dengan membacanya. Selain bernilai ibadah , membaca Quran bisa membuat hati kita jauh lebih tenang. Ini karena dengan membacanya berarti kita sedang berzikir mengingat Allah, Sedangkan barangsiapa mengingat Allah maka hatinya akan diliputi dengan ketenangan.https://kalam.sindonews.com, 28 Januari 2021).

5. Akan selalu merasa dekat dengan Allah

Karena al quran adalah firman Allah maka siapa saja yang suka membacanya dengan begitu akan selalu merasa dekat Allah. Allah menurunkan al Quran dalah hendak memberi petunjuk kepada umat-Nya. Sehingga siapapun yang selalu membaca al Quran maka akan dekat dengan Penciptanya.

Al Quran adalah hadiah bagi umat Muslim sebagai pedoman untuk menuju jalan damai yang Allah ridhoi, bukan jalan yang Allah murkai. Di sisi lain manusia kerap mendambakan kehidupan yang damai, tapi justru terlarut dalam kesibukan

Begitulah sejatinya hal yang kita dapat kalau kita mampu membaca al Quran 1 hari 1 juz. Dengan begitu maka tak ada alasan lagi agar kita selalu membaca al Quran dalam berbagai kesempatan karena membaca al Quran takkan pernah merugi bagi mereka yang melakukannya.***

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Tutorial Singkat Bagaimana Caranya Mengubah File Video Mp4 Ke Dalam Bentuk File Musik Mp3

Image

Game Genshin Impact, Diluc New Skin

Image

Link GTA San Andreas Update 2022 Khusus Android dan iPad

Image

Savefrom Net: Cara Download Video Youtube Langsung Tersimpan Ke Galeri Tanpa Ribet

Image

GB Whatsapp Apk Versi Pro 2022 Update Terbaru, Download Gratis Aplikasinya Disini

Image

Link Twibbon Hari Bank Indonesia 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image