Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

Sukses Finansial dengan Reksa Dana, Apa Itu Kesuksesan Finansial?

Gaya Hidup | Friday, 17 Sep 2021, 14:13 WIB

Investasi telah menjadi keharusan untuk mencapai yang namanya kesuksesan finansial. Kesuksesan finansial bisa diwujudkan oleh siapa pun tanpa memandang mereka yang berduit banyak atau sedikit, karena yang namanya kesuksesan finansial itu tidak identik dengan orang yang keliatan kaya raya dan bergelimang harta.

Bagaimana pun yang namanya kesuksesan finansial itu sifatnya subyektif karena tidak ada batasan kalau sukses itu maksimal kekayaannya harus berapa. Sukses finansial menurut karyawan tentu beda dengan makna sukses menurut seorang pengusaha. Sukses menurut seorang staf, juga beda dengan sukses menurut pimpinan. Begitu juga sukses menurut pengusaha juga beda dengan sukses menurut seorang pegawai pemerintahan.

Tak ada batasan maksimal untuk defisini sukses, tetapi sejatinya ada yang bisa dimaknai sebagai batas bawahnya. Siapa pun kita, meski tidak memiliki aset banyak atau rumah mewah dan mobil mewah, bukan berarti tidak sukses.

Sukses finansial bukan pula sikap batin yang menerima begitu saja apa adanya, tetapi lebih pada kondisi di mana hidup telah sampai pada kondisi berkecukupan dan tentu ada aset yang dimiliki, kendati bagi tiap orang besarnya berbeda-beda.

Selanjutnya kondisi hidup dalam arti sukses finansial tentu saja mengacu pada hidup yang berkecukupan dengan pendapatan yang lebih besar dari pengeluaran, tidak punya utang dan kalau bisa memiliki aset yang bisa diwariskan. Ini konsep dasarnya.

Ada pun kata kunci dari penjelasan ini semua adalah aset. Hidup berkecukupan tanpa utang, tapi tetap memiliki aset alias tidak pusing lagi dengan masalah uang, itu cukup untuk mendefisikan sukses finansial. So, jika ingin sampai pada tataran semacam ini, tentu saja kemampuan membangun aset itu sangat penting dan investasi adalah salah satu sarana untuk menggapai sukses finansial yang seperti ini.

Seperti pada awal pembahasan ini investasi tidak lagi menjadi kebutuhan, tetapi telah menjadi keharusan, tentu saja untuk mencapai tataran hidup dalam koridor sukses secara finansial. Hal demikian ini bisa dicapai oleh siapa pun karena lagi-lagi ukurannya bukan lagi kaya-raya dengan banyak aset.

Toh, investasi sebagai sarana membangun aset pun sudah sangat mudah dan bisa dimulai dengan cara yang paling mudah yakni dengan investasi reksa dana di pasar modal.

Investasi reksa dana yang memberikan return lebih baik dibanding tabungan konvensional dan deposito toh sudah sangat mudah dilakukan semisal di supermarket reksa dana online bernama IPOTFund yang saat ini telah terintegrasi dalam aplikasi IPOT milik sekuritas karya anak bangsa Indo Premier Sekuritas.

Investor yang ingin mencapai kesuksesan finansial bisa memilih dan menikmati 259 reksa dana terbaik dari 42 Manajer Investasi yang sudah menjajakan produknya di IPOT. Dengan modal awal yang sangat terjangkau mulai Rp100.000,- siapa pun bisa memulai investasi untuk mencapai kesuksesan finansial dan bisa membangun aset.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image