MTsN 6 Bantul Gelar Upacara Memperingati Hardiknas

Image
Rina Harwati
Eduaksi | Friday, 13 May 2022, 14:23 WIB

Sebagai momentum cinta tanah air MTsN 6 Bantul yang dikenal dengan Matsanaba menyelenggarakan upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei (13/5/2022). Dituturkan oleh pembina, Mafrudah bahwa upacara ini seharusnya dilaksanakan tanggal 2 Mei bertepatan dengan Hardiknas, tetapi karena bersamaan dengan Hari Raya Idul Fitri sehingga pemerintah menginstruksikan upacara dilaksanakan hari ini. "Sehubungan tanggal 2 Mei bersamaan dengan peringatan hari rayanya umat Islam di dunia sehingga upacara bendera dialihkan hari ini. Meski demikian, tak mengurangi nilai historis betapa pentingnya pendidikan bagi kehidupan.

Upacara dilaksanakan di lapangan madrasah selepas pelaksanaan salat duha seluruh siswa kelas VII-IX. Pukul 07.00 para petugas upacara dari perwakilan OSIM Matsanaba sudah siap dengan seragam putih-putih dengan selempang bertuliskan tugas yang diemban. "Selain siswa, upacara ini juga diikuti oleh guru pegawai MTsN 6 Bantul," kata Joko Setiawan selaku Wakil Kepala Urusan Kesiswaan.

Dalam sambutannya, kepala madrasah yang bertindak pembina upacara menyampaikan beberapa poin penting, yakni 1) pentingnya teknologi digital sebagai salah satu wujud transformasi selama pandemi berlangsung. Dituturkan bahwa ternyata pandemi tak selamanya memberikan dampak negatif terhadap dunia pendidikan, tetapi justru memaksa seluruh lapisan masyarakat untuk semakin melek terhadap teknologi. "Meski tren kenaikan pasien terkonfirmasi Covid-19 sudah semakin menurun, bahkan sudah banyak yang mencapai nol dan semakin terlihat tanda-tanda wabah akan mengilang, tetapi dunia digital tidak bisa ditinggalkan," tuturnya. 2) kemajuan teknologi ibarat dua sisi mata uang. Jika siswa tidak mampu memilah dan memilih hal-hal yang positif dan negatif maka akan mudah tergelincir. Peran iman dan amaliyah sangat diperlukan untuk menjadi benteng. 3)perlunya memanfaatkan waktu luang untuk mengembangkan bakat dan minat positif dengan karya yang positif. 4) perlunya kepatuhan terhadap peraturan dan orang tua serta guru akan membawa kesuksesan di manapun berada.

Tak lupa Mafrudah juga mengapresiasi para petugas yang sudah melaksanakan tugasnya dengan maksimal. "Pertahankan capaian terbaik ini sehingga teman-teman yang belum berkesempatan bertugas dapat terinspirasi," pungkasnya. (rin)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

TINGKATKAN KUALITAS SOFT SKILL WBP DENGAN PELATIHAN

Image

Bagaimana Cara Kerja Layanan Verifikasi SMS?

Image

Tingkatkan Pelayanan dan Pembinaan, Lapas Banyuasin Terima Monev dari Divipas Sumsel

Image

Pemikiran Fikih Ekonomi Syariah Ahmad Azhar Basyir

Image

Semenit yang Dahsyat

Image

BSN Gandeng UMS, Tingkatkan Kesadaran Produk Ber-SNI

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image