Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image fachriza ramadhan

Air Terjun Penumpahan, Surga Baru di Pagar Alam.

Wisata | Wednesday, 11 May 2022, 10:01 WIB
Air Terjun Penumpahan.

Liburan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, liburan memang tidak mengenal waktu. Terkadang orang memanfaatkan hari liburnya, ada juga yang rela mengambil cuti singkat untuk berekreasi, berwisata ataupun melakukan hobi yang disenangi.

Salah satu destinasi wisata yang ada di Indonesia, khususnya di sumatera selatan mungkin sebagian dari kita tahu jawabannya. Ya benar, kota Pagar Alam.

Kota pagar alam, merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi sumatera selatan. Kota ini berjarak sekitar 298 km dari kota Palembang dan juga berjarak sekitar 60 km di sebelah barat daya Kabupaten Lahat. Sebelumnya, kota Pagar Alam termasuk bagian dalam lingkungan Kabupaten Lahat. Kota ini memiliki luas sekitar 633,66 km² dengan jumlah penduduk 147.537 jiwa (2021) dan memiliki kepadatan penduduk sekitar 233 jiwa/km² (Sc : Wikipedia).

Banyak tempat wisata yang ada di Pagar Alam yang terkenal diantaranya, Tugu Rimau, Curup mangkok, Curup 7 kenangan, Wisata kebunTeh, Tangga 2001 dan masih banyak lagi.

Layaknya seperti kehidupan, tempat wisata pun begitu. Begitu banyak yang luput dari pengetahuan kita, banyak tempat yang tersembunyi yang belum kita ketahui dan kunjungi. Begitu juga dengan Air Terjun Penumpahan, sangat asing kan di telinga kita nama tersebut?.

Air terjun yang terletak di desa dempo rejo, gunung dempo, pagar alam utara, merupakan satu dari banyak surga yang tersembunyi di Kota Pagar Alam.

Dari jalan aspal kita harus berbelok menuju jalan setapak menuju perkampungan, medan tanah dan batu yang kita lewati. Setelah sampai di tempat parkir, kita harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki kira-kira sejauh 300 m menuju air terjun. Memang letih terasa, bahkan keringat akan menetes dalam perjalanan ini. Namun, semua itu akan terbayar dengan pemandangan yang mengagumkan mengiringi perjalanan kita.

Sepanjang jalan kita ditemani dengan suara khas hutan dan gemercik air, begitu terasa menenangkan sangat pas dengan yang ingin mencari ketenangan atau biasa anak muda sekarang menyebutnya dengan healing.

Tak terasa sudah sampai di tempat tujuan, rasanya begitu singkat atau karena aku yang terhipnotis oleh keindahan yang ada?, ah entahlah. Begitu menakjubkan keindahan yang dibuat oleh Sang pencipta ini, tak dapat terlukis dengan kata-kata.

Terlihat seperti lembah dengan dihiasi hutan yang lebat dan air yang mengalir di berbagai sisi tebingnya, menambah keindahan air terjun yang sudah indah ini.

Mungkin Air Terjun ini bisa menjadi rekomendasi liburan kalian selanjutnya. Semoga Bermanfaat.

Air Terjun Penumpahan, pagar alam.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image