Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

Perbanyak Selawat Setiap Hari, Mengapa?

Agama | Friday, 03 Sep 2021, 11:05 WIB
Ustadz Wirzaini Usman, S.HI. M.I.Kom, Ketua BKM Babul Maghfirah Gampong Tanjung Selamat Kecamatan Darussalam Aceh Besar

Selawat merupakan salah satu Ibadah atau zikir yang sangat penting dalam beramal sehari-hari.

Umat Islam diajarkan untuk mencintai Rasulullah Saw setiap saat tanpa pernah sedikitpun melupakannya. Sebab keberadaan Rasulullah ditengah umat sangat besar nilainya dan memberikan syafaat yang banyak.

Mencintai Rasulullah menjadi satu pertanda bahwa ia sebagai orang yang taat beragama, dengannya ia digelar sebagai orang yang bertaqwa.

Dari Anas r.a. berkata: Seorang Arab bertanya kepada Rasulullah saw, “Bilakah hari kiamat?” Rasulullah saw menjawab “Apakah bekalmu untuk menghadapinya?” Ia menjawabnya cinta kepada Allah dan Rasul-Nya maka Rasulullah saw bersabda, “Engkau akan berkumpul dengan orang yang engkau cintai.” (Bukhari – Muslim)

Tetapi bagaimana wujud mencintai Rasulullah itu? Satunya adalah memperbanyak berselawat kepada beliau.

Allah SWT memerintahkan hamba Nya yang beriman untuk memanjatkan selawat kepada kekasih Nya Baginda Nabi Muhammad Saw sebagai firman berikut ini:

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab 33: Ayat 56).

Ayat Allah tersebut menurut tafsir Alquran yang dituliskan oleh Ibnu Katsir menjelaskan, sebagaimana dikatakan Imam Bukhari bersanat pada Abul Aliyah telah mengatakan bahwa yang dimaksud dengan salawat dari Allah ialah pujian-Nya kepada Nabi Saw. di kalangan para malaikat, dan salawat dari para malaikat ialah doa mereka untuknya.

Maksudnya Allah memberikan rahmat Nya yang banyak atas Rasulullah Saw. Begitu pula ketika diperintahkan selawat kepada malaikat ini bermakna bahwa doa para Malaikat atas Rasulullah Saw.

Ibnu Abbas mengatakan bahwa makna yusalluna ialah memberikan keberkahan.

Demikianlah menurut apa yang telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari secara ta'liq (memakai komentar) yang bersumber dari keduanya (Abul Aliyah dan Ibnu Abbas).

Membaca selawat setiap hari, pagi dan petang, memberikan manfaat yang banyak yang didapat langsung di dunia. Apalagi bila dibaca pada hari Jumat. Pahalanya sungguh luar biasa.

Amalan sunnah yang sangat dianjurkan itu mudah dilakukan, meski sedang sibuk beraktivitas, namun disela-sela waktu bisa mengucapkan selawat.

Diantaranya begitu banyak kebaikan membaca selawat yaitu, “Barang siapa bersholawat kepadaku di setiap hari jum`at sebanyak 40 kali maka Allah menghapus semua dosa-dosanya.”

Oleh karena mari kita memanfaatkan waktu yang ada untuk selalu berizikir dengan bacaan selawat. Bahkan jadikan sebagai amalan prioritas.

Sehingga jangan sampai kita seperti disebutkan oleh Rasulullah Saw sebagai orang yang kikir. Siapa itu?

Rasullullah bersabda:

“Orang yang kikir adalah orang yang apabila aku disebut dihadapannya, orang itu tidak mau bershalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).

Dalam hadits yang lain Rasulullah juga mengingatkan agar tidak lupa berselawat ketika menghadiri atau berada dalam sebuah majelis.

Itulah beberapa alasan mengapa kita harus selalu memperbanyak selawat kita kepada Baginda Rasulullah Saw. Selain karena akan mendapatkan pahala, syafaatnya di hari akhirat kelak, dan yang lebih utama adalah bukti cinta kita kepadanya.

Wallahu 'alam semoga bermanfaat (**)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image