Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Indra Mannaga

Stop Impor Kotak Vaksin! Produsen Dalam Negri Sudah Mampu

Info Terkini | Friday, 03 Sep 2021, 10:59 WIB

Jakarta 3 September 2021,

Masa pandemi saat ini jadi momentum tepat untuk memperkecil ketergantungan kita terhadap alkes impor. Di saat yang sama, Pemerintah sedang melakukan reformasi di bidang industri kesehatan, sehingga Indonesia dapat mandiri terhadap kebutuhan farmasi dan tidak mengandalkan impor.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan nantinya, beragam alat kesehatan obat-obatan juga bisa diproduksi di dalam negeri. Bahkan belum lama ini sudah ada realisasi pembelian alkes lokal untuk pasar ekspor, ditambah sudah ada kolaborasi swasta-BUMN untuk penerapan teknologi IoT pada kotak vaksin dalam negri.

Bahkan, Luhut juga mengungkapkan, perputaran yang di Industri kesehatan Indonesia mencapai Rp 490 triliun. Nilai nominal yang fantastis ini akan sangat berdampak sirkular jika pelaku usaha dalam negri ikut menikmati industri tersebut.

Berkaca pada target vaksinasi harian yang ditarget hingga 2 juta dosis setiap harinya tentu akan membuka peluang permintaan terhadap perangkat pendukung seperti jarum suntik, vaccine carrier atau kotak vaksin, dan sarana penunjang lainnya. Harusnya, barang-barang tersebut bisa sepenuhnya di penuhi oleh produsen dalam negri.

Kendati demikian, nyatanya dominasi produk impor untuk perangkat pendukung rantai dingin (cold chain) penyimpanan vaksin Covid-19 masih didominasi oleh produk impor.

Padahal, kebutuhan perangkat cold chain merupakan syarat mutlak tata kelola vaksinasi, agar seluruh ampul vaksin Covid-19 tetap terjaga kualitasnya ketika disuntikkan ke masyarakat sehingga efektivitas dalam membentuk kekebalan bisa optimal.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalimantan Barat, Joni Isnaini, meyakini, para pengusaha nasional sudah mampu memproduksi perangkat pendukung cold chain, untuk seluruh vaksin Covid-19 yang tersedia di Indonesia.

"Seharusnya dengan sasaran vaksinasi Covid-19 yang amat besar ke masyarakat, perangkat penunjang seluruh aspek cold chain perlu jadi perencanaan paling awal disiapkan. Bagaimana nanti kapasitas pasokan, perlu dipikirkan juga secara menyeluruh," ujar Joni, Rabu (1/9/2021).

Menurut Joni, pemerintah hanya perlu merangkul dan mendayagunakan perusahaan-perusahaan lokal yang sanggup memproduksi perangkat penunjang cold chain vaksin Covid-19 seperti vaccine carrier, alat suntik, dan lainnya.

"Sehingga ada keterbukaan berapa banyak produk-produk yang mampu dibuat di sini. Tidak seluruhnya mengandalkan barang impor luar negeri. Cara seperti itu tentu juga bagian dari kontribusi pengusaha nasional meringankan beban biaya pemerintah dalam hal stok alat kesehatan," ucap Joni.

Joni menuturkan, kerja sama antara pemerintah dan swasta dalam mempersiapkan pasokan lokal untuk kebutuhan vaksinasi covid-19 akan turut membuahkan pertumbuhan ekonomi negara dan keuntungan kepada pengusaha di tengah situasi pandemi yang sulit.

Sebelumnya, pada tahun 2020, Kementerian Perindustrian juga menyatakan untuk kelompok barang bahan dan peralatan kesehatan (alkes) harus terdapat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yakni 25 persen hingga 40 persen pada 1.628 produk dan 40 persen pada 234 produk. (*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image