Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

Republika Menggelar Workshop Digital Jurnalistik Milenial

Info Terkini | Thursday, 02 Sep 2021, 16:02 WIB

Republika.co.id menggelar Workshop Digital Jurnalistik Milenial dalam rangka merayakan ke-26 hari ulang tahunnya. Kegiatan yang diikuti oleh ratusan peserta itu dilangsungkan pada Kamis, (2/9/2021).

Hadir sebagai pembicara Karta Raharja Ucu yang memaparkan materi tentang teknik menulis berita dan opini. Materi ini diikuti dengan tugas praktik membuat berita aktual dan menarik yang dilakukan oleh peserta.

Karta yang berpengalaman di dunia jurnalistik itu membagikan kepada peserta workshop tip menyusun berita dari sebuah peristiwa dengan pendekatan 5W+1H. Tip tersebut sudah lazim digunakan dalam dunia jurnalistik.

Rumus 5W+1H yakni what (apa), who (siapa), where (dimana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana).

Menurut Karta ketika seorang jurnalis atau wartawan menuliskan sebuah laporan dari satu peristiwa, maka bisa meramu laporannya dengan menjawab rumusan di atas.

Dengan begitu berita yang dituliskan akan tersusun secara sistematis dan bernilai. Tidak kacau atau berantakan.

Namun begitu Karta menekankan, dalam membuat sebuah berita sehingga menggugah orang untuk membacanya, maka teras berita (lead) harus dituliskan dengan tepat.

Sebagai salah seorang peserta saya sangat mengapresiasi Republika.co.id khusus penyelenggara Workshop Digital Jurnalistik Milenial, karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi orang yang menyukai dunia jurnalistik seperti saya.

Melalui workshop yang disiarkan menggunakan aplikasi zoom, saya merasakan ada penambahan pengetahuan dibidang jurnalistik. Terima kasih Republika.(*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar
 

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image