Republika Menggelar Workshop Digital Jurnalistik Milenial

Image
Hamdani
Info Terkini | Thursday, 02 Sep 2021, 16:02 WIB

Republika.co.id menggelar Workshop Digital Jurnalistik Milenial dalam rangka merayakan ke-26 hari ulang tahunnya. Kegiatan yang diikuti oleh ratusan peserta itu dilangsungkan pada Kamis, (2/9/2021).

Hadir sebagai pembicara Karta Raharja Ucu yang memaparkan materi tentang teknik menulis berita dan opini. Materi ini diikuti dengan tugas praktik membuat berita aktual dan menarik yang dilakukan oleh peserta.

Karta yang berpengalaman di dunia jurnalistik itu membagikan kepada peserta workshop tip menyusun berita dari sebuah peristiwa dengan pendekatan 5W+1H. Tip tersebut sudah lazim digunakan dalam dunia jurnalistik.

Rumus 5W+1H yakni what (apa), who (siapa), where (dimana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana).

Menurut Karta ketika seorang jurnalis atau wartawan menuliskan sebuah laporan dari satu peristiwa, maka bisa meramu laporannya dengan menjawab rumusan di atas.

Dengan begitu berita yang dituliskan akan tersusun secara sistematis dan bernilai. Tidak kacau atau berantakan.

Namun begitu Karta menekankan, dalam membuat sebuah berita sehingga menggugah orang untuk membacanya, maka teras berita (lead) harus dituliskan dengan tepat.

Sebagai salah seorang peserta saya sangat mengapresiasi Republika.co.id khusus penyelenggara Workshop Digital Jurnalistik Milenial, karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi orang yang menyukai dunia jurnalistik seperti saya.

Melalui workshop yang disiarkan menggunakan aplikasi zoom, saya merasakan ada penambahan pengetahuan dibidang jurnalistik. Terima kasih Republika.(*)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Menyukai Tulisan-tulisan Sosial, Humaniora, Ekonomi, dan Agama. Pegiat UMKM, Praktisi Pajak, Konsultan Keuangan, TPU KKP.

Artikel Lainnya

Image

Urgensi Assesmen Autentik dalam dunia Pendidikan

Image

APA ITU BPKH???

Image

BPKH dan Mimpi Haji yang Semakin Realistis Bagi Rakyat Kecil

Image

Asas Manfaat & Perlindungan Terhadap Haji, Pelopori Lahirnya BPKH

Image

KONTRIBUSI BPKH UNTUK UMAT

Image

Snack Video Mod Apk Unlimited Money Dan Coin Versi Terbaru

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image