Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

Menyiapkan Dana Darurat dengan Reksa Dana Pasar Uang

Gaya Hidup | Thursday, 02 Sep 2021, 11:25 WIB

Ada banyak keistimewaan yang bisa didapatkan jika seseorang bisa menyiapkan dana darurat pada instrumen reksa dana pasar uang. Seperti diketahui, dalam prinsip pengelolaan keuangan yang baik, keberadaan dana darurat itu tidak bisa disepelekan.

Dana darurat mutlak adanya. Dana darurat diperlukan manakala terjadi peristiwa hidup atau hal-hal yang sifatnya darurat atau tak terduga. Apalagi di tengah-tengah peristiwa pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir ini, ada banyak peristiwa hidup menyebabkan seseorang perlu mengeluarkan dana daruratnya.

Pandemi Covid-19 membuat bisnis menjadi lesu sehingga tidak ada pemasukan, ada yang kena PHK, mengalami kecelakaan, gaji kena potong, tiba-tiba penyakit lama kambuh dan peristiwa-periswa lain yang membutuhkan dana yang mudah dicairkan.

Di hadapkan pada peristiwa-peristiwa yang serba darurat, dana tunai yang cepat didapatkan tentu sangat dibutuhkan. Oleh sebab itu, yang namanya dana darurat itu wajib hukumnya karena tak seorang pun tahu peristiwa tak terduga yang akan terjadi di masa depan.

Adapun rasio dana darurat yang sebaiknya dimiliki yakni 3-12 kali pengeluaran bulanan. 3 kali pengeluaran bulanan ini tentu yang paling minimal bagi yang masih bujang atau single. Kalau sudah berkeluarga tentu lebih dari 3 kali pengeluaran bulanan.

Karena dana darurat ini harus cepat tersedia, tentu saja sebaiknya disediakan atau disimpan dalam bentuk yang mudah dicairkan, misalnya tabungan atau reksa dana. Reksa dana pun sebaiknya yang jenisnya reksa dana pasar uang.

Kenapa reksa dana pasar uang? Tentu saja karena reksa dana pasar uang ini yang paling likuid dan mudah dicairkan. Keuntungan lainnya menyiapkan dana darurat di reksa dana pasar uang yakni nggak ribet dalam praktiknya karena sudah serba online dan dikelola oleh manajer investasi yang profesional.

Siapa pun yang ingin menyiapkan dana darurat dengan reksa dana pasar uang kini bisa melakukannya dari rumah. Investasi reksa dana pasar uang sudah serba online semisal dengan platform IPOTFund yang sudah terintegrasi di dalam aplikasi IPOT milik sekuritas karya anak bangsa bernama Indo Premier Sekuritas dengan taglinenya #SemuaBisaInvestasi.

Menariknya, uang yang disimpan di reksa dana pasar uang memiliki imbal hasil. Jadi uang yang disimpan tidak nganggur begitu saja. Pertumbuhannya pun menarik karena di atas inflasi. Yang pasti uang yang ditaruh di reksa dana pasar uang tidak berkurang jumlahnya atau setidaknya nilainya tetap serta biaya admin yang rendah membuat dana tak tergerus terlalu besar.

So, saat mengalami peristiwa-peristiwa tak terduga dan butuh dana tunai cepat, kendati tak seorang pun menginginkannya, dana yang diperlukan bisa dengan mudah dipenuhi. Hidup pun menjadi nyaman dan tenang karena sudah ada dana darurat yang siap mengcover.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image