Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image EKRUT Official

Alasan Bekerja di Perusahaan FMCG dan Skills Yang Dibutuhkan

Olahraga | Friday, 27 Aug 2021, 13:54 WIB
www.ekrut.com

Banyak orang tertarik untuk menempuh karier di perusahaan FMCG (Fast Moving Consumer Good). Lantaran, hampir semua perusahaan FMCG merupakan perusahaan besar.

Beberapa perusahaan FMCG terkenal yang pastinya sudah familiar namanya dikupingmu adalah Nestle, Unilever, Coca Cola, dan lain sebagainya. Nah, jika kamu tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut, ada baiknya kamu simak informasi di bawah ini agar lamaran kerjamu lancar.

Pengertian FMCG serta jenisnya

Fast Moving Consumer Good merupakan perusahaan yang menjalankan bisnisnya dengan menjual produk secara cepat dengan harga produk yang relatif murah.

FMCG juga dikenal sebagai perusahaan CPG (Consumer Packaged) atau produk-produk dengan kemasan.

Jenis produk yang dijual biasanya memiliki usia simpan yang cukup pendek, seperti produk susu, daging, dan lain sebagainya. Ini dia, jenis-jenis produk FMCG yang perlu diketahui.

1. Produk minuman

2. Obat-obatan

3. Produk pembersih

4. Kosmetik dan peralatan mandi

5. Perlengkapan atk

6. Makanan olahan

7. Makanan siap saji

Alasan kenapa harus bekerja di sektor FMCG

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya di atas, kebanyakan perusahaan FMCG adalah perusahaan besar dan stabil. Maka dari itu, karyawannya dapat memperoleh jenjang karier yang jelas untuk kedepannya.

Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus bekerja di perusahaan FMCG:

1. Industri yang bergerak cepat dan selalu berinovasi

2. Industri yang beragam, kamu akan menemukan berbagai rekan kerja dengan latar belakang dan kepribadian yang berbeda

3. Adanya stabilitas karier, contohnya di masa pandemi Covid-19 seperti ini banyak sekali perusahaan yang melakukan PHK karyawannya, namun hal tersebut tidak berlaku di perusahaan FMCG.

4. Peluang karier yang luas, kebanyakaan perusahan FMCG adalah perusahaan multinasional yang memiliki banyak kantor cabang, bahkan di luar negeri. Maka dari itu, kamu berpeluang untuk bekerja di berbagai kota bahkan luar negeri.

Skills yang dibutuhkan untuk bekerja di sektor FMCG

Untuk bisa diterima dan berkarier di perusahaan FMCG, biasanya kamu memerlukan skills berikut ini:

1. Keterampilan teknologi

Pabrik jaman sekarang sudah menggunaan sistem otomatisasi, maka dari itu jika kamu tertarik untuk bekerja di sektor FMCG keterampilan teknologi adalah salah satu skill yang perlu dimiliki.

Dengan keterampilan ini tentunya kamu dapat membantu perusahaan untuk merubah sistem ke otomatisasi.

2. Keterampilan ilmu lintas disiplin

Pemahaman yang luas tentang berbagai aspek FMCG, seperti riset pasar, sales, pemasaran produk, inovasi produk sangat dibutuhkan apabila kamu ingin berkecimpung di sektor FMCG. Pasalnya, mereka mencari kandidat yang dapat melihat gambaran sektor bisnis dari kacamata yang lebih besar saat melakukan pekerjaan.

3. Bekerja di bawah tekanan

Kemampuan lain yang perlu kamu miliki adalah kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan. Seperti yang kita ketahui, industri ini bergerak sangat cepat sehingga karyawannya diharuskan untuk bisa mengambil keputusan secara cepat namun tepat.

4. Mampu menganalisis

Walaupun profesi yang kamu lamar bukanlah Data Analyst, kamu tetap memerlukan kemampuan untuk menganalisis data jika ingin bekerja di sektor FMCG. Pasalnya, manajer dan staf senior bertugas untuk membuat planning dan strategi bisnis yang memerlukan berbagai pandangan kritis, analitis, dan wawadan yang luas guna menentukan kesuksesan penjualan.

5. Kemampuan persuasi

Persaingan di sektor FMCG dapat dibilang cukup sengit, kompetitor di bidang ini cukuop banyak. Maka dari itu, kamu memerlukan kemampuan persuasi untuk bisa meyakinkan pelanggan bahwa produk perusahaanmu lah yang terbaik. Kemampuan ini tidak hanya dibutuhkan oleh divisi sales, lho.

Ketahui tantangan bisnis dalam perusahaan FMCG melalui artikel ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image