Inilah Sepuluh Macam Perbuatan Penghalang Terkabulnya Do’a

Image
Ade Sudaryat
Agama | Sunday, 08 May 2022, 02:58 WIB

Suatu ketika, Ibrahim bin Adham, berjalan-jalan di sebuah pasar di kota Bashrah. Orang-orang yang mengetahui bahwa di sekitar mereka ada seorang ulama sufi terkenal mereka segera menghampirinya. Selain bersilaturahmi, juga untuk meminta wejangan dan dido’akan sang ulama sufi nan shaleh tersebut.

Ketika Ibrahim bin Adham usai memberikan wejangan, seseorang bertanya kepadanya. “Wahai Abu Ishaq (panggilan lain kepada Ibrahim bin Adham), kami meyakini sekali akan firman Allah, ‘Berdo’alah kalian kepada-Ku, pasti Aku akan memenuhi do’a kalian’ (Q. S. Al-Mu’min/Ghafir : 60). Aku sudah berdo’a sekian tahun, namun rasanya do’aku belum terkabulkan. Mengapa bisa demikian?”

Ibrahim bin Adham menjawab, “Bagus kamu memiliki keyakinan seperti itu. Setiap do’a kita pasti dikabulkan-Nya. Namun ingatlah, terdapat sepuluh perbuatan yang dapat menghalangi terkabulnya do’a.”

Selanjutnya Ibrahim bin Adham merinci sepuluh perbuatan yang dapat menghalangi terkabulnya do’a. Pertama, kalian mengenal Allah, namun kalian tidak menunaikan kewajiban yang diberikan Allah kepada kalian. Kedua, kalian membaca kitab Allah, namun kalian tidak mengamalkannya. Ketiga, kalian mengklaim cinta kepada Rasulullah, namun kalian meninggalkan sunnahnya. Keempat, kalian mengklaim sebagai musuh syetan, namun kalian sepakat dengan ajakannya.

Kelima, kalian mengatakan, kami mencintai sorga, namun kalian tidak beramal yang dapat mengantarkan kalian masuk sorga. Keenam, kalian mengatakan kami takut akan neraka, namun kalian malah beramal buruk yang dapat mengantarkan kalian menjadi penghuninya, Ketujuh, kalian mengatakan bahwa kematian itu hak (pasti terjadi), namun kalian tidak bersiap-siap menghadapinya.

Kedelapan kalian sibuk mengurusi aib saudara kalian, namun kalian melupakan aib diri kalian. Kesembilan, kalian memakan nikmat dari Allah, namun kalian lupa bersyukur kepada-Nya. Kesepuluh, kalian menguburkan orang-orang yang meninggal diantara kalian, namun kalian tidak mengambil pelajaran dari mereka yang meninggal tersebut (diadaptasi dari kitab karya Abu Nuaim al Ashfahani, Hilyat al Aulia wa Thabaqat al Ashfiya, Jilid 8, hal. 15).

Dari kesepuluh perbuatan tersebut, apakah semuanya atau salah satunya merupakan perbuatan yang biasa kita lakukan?

Ilustrasi : berdo'a (sumber gambar : https://republika.co.id)
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Penulis dan Penerjemah Lepas Bidang Agama, Budaya, dan Filsafat

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Imigrasi Muara Enim Gandeng BSI Tanjung Enim Untuk Penyaluran Tukin

Image

Jajaran Pengamanan Lapas Tanjung Raja Kemenkumham Sumsel Periksa Pipa Saluran Air

Image

Jabodetabek Belum Wajib Beli Pertalite Pakai MyPertamina pada 1 Juli

Image

DPRD sebagai lembaga pembangunan tingkat kabupaten dan kota

Image

Tim Humas Bapas Muratara Ikuti Bimtek Seputar Desain Kreatif

Image

YTMP3 Convert Video Youtube Mp4 Jadi Mp3 Mudah dan Gratis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image