5 Tahap Pemecahan Masalah yang Efektif

Image
EKRUT Official
Olahraga | Friday, 06 Aug 2021, 12:18 WIB
www.ekrut.com

Berbagai macam masalah pastinya akan sering kamu temui saat bekerja, maka dari itu penting bagi kamu untuk memiliki problem solving skills atau kemampuan dalam pemecahan masalah dalam menghadapi berbagai problem di dunia kerja.

Untuk dapat memecahkan masalah dengan lebih mudah, kamu membutuhkan 5 tahapan berikut agar pemecahan masalah dapat berjalan efektif.

1. Identifikasi masalah

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi masalah yang sebenarnya terjadi. Lihatlah masalah dari berbagai sudut pandang dan jangan terlalu cepat dalam membuat keputusan.

Misalkan jika kinerja tim kamu terlihat menurun, kamu mungkin akan langsung berasumsi bahwa masalahnya adalah anggota tim yang tidak bekerja dengan maksimal. Padahal, jika kamu mengidentifikasi lebih dalam, bisa saja hal tersebut terjadi karena kurangnya pelatihan, deadline yang terlalu mepet, ataupun workload yang terlalu besar.

2. Analisis masalah

Untuk dapat memecahkan sebuah masalah, tentunya kamu harus bisa menemukan apa yang menjadi penyebab masalah tersebut terjadi. Maka dari itu, kamu perlu mengumpulkan data-data dan mengevaluasinya. Setelahnya, pisahkan hal yang mungkin berkontribusi dan tentukan apa yang harus kamu tangani. Adapun kemampuan yang perlu digunakan untuk menganalisis masalah adalah:

a. Mengumpulkan data

b. Menganalisis data

c. Menemukan fakta

d. Menganalisis faktor yang berkontribusi sebelum masalah terjadi

3. Brainstorming berbagai macam solusi

Setelah mengetahui penyebab masalah, kamu dapat melakukan brainstorming untuk menemukan solusi untuk masalah tersebut. Agar lebih efektif, ada baiknya kamu melakukan kerjasama tim dalam melakukan brainstorming.

Untuk memerlukan tahapan ini, kamu memerlukan:

a. Pemikiran kreatif

b. Prediksi

c. Membuat kemungkinan

d. Merancang proyek

e. Merencanakan proyek

4. Mengambil keputusan terkait solusi yang tepat

Tahapan selanjutnya setelah brainstorming adalah memutuskan solusi yang tepat untuk permasalahan yang kamu alami. Jangan lupa untuk mengevaluasi solusi yang terbaik.

Setelah itu, pembuat keputusan juga perlu untuk mengevaluasi potensi risiko, sumber daya yang diperlukan, dan kemungkinan hambatan saat meingimplementasikan solusi.

Dalam proses menemukan solusi terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu analisis, diskusi, kerjasama, pengembangan tes, mediasi, dan memprioritaskan.

5. Mengambil tindakan

Setelah mendapatkan solusi, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk menerapkan solusi tersebut adalah merencanakan aapa yang akan terjadi selanjutnya jika solusi yang kamu terapkan tidak berjalan dengan baik atau dianggap kurang efektif.

Dalam menerapkan solusi, pastikan setiap anggota dalam tim sadar dan memahami peran masing-masing. Kamu juga memerlukan timeline saat melakukan eksekusi dan melakukan evaluasi terhadap solusi yang kamu terapkan.

Ketahui juga cara meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui artikel ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Game GTA SA Lite Versi Update yang Lebih Ringan

Image

3 Tip Anti Boncos dalam Investasi Saham

Image

Dosen dan Tenaga Pendidik Universitas Trisakti Ikuti Pelatihan di PPSDM Migas

Image

hanya tulisan yang dapat mewakili ...

Image

Islam dan Keberdayaan Finansial Wanita Muslimah

Image

GB WhatsApp Pro Apk Full Fitur Premium Tanpa Iklan + Cara Download yang Benar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image