SUP UBI SILATURRAHMI

Image
Darma Wati
Curhat | Saturday, 07 May 2022, 10:18 WIB
Sumber: Dokumen Pribadi

Hari Raya Idul Fitri 1443 H memang sangat mengesankan. Hal ini disebabkan karena baru kali ini kita merasa aman dan bebas kunjungan bersilaturrahmi dengan sanak keluarga. Berbeda dengan tahun -tahun kemarin, kita cenderung berpikir dua-tiga kali kala ingin bersilaturrahmi. Ada banyak cara orang mewarnai silaturrahmi. Ada yang menyediakan hidangan khusus atau istimewa buat sanak saudara yang berkunjung, ada yang membagikan anak-anak kecil uang jajan, ada juga yang mengajak keluarga ke tempat piknik di daerahnya.

Kali ini kami sekeluarga silatuhrami dan diwarnai dengan sajian sederhana, namun istimewa di hati kami, yakni sajian sup ubi. Sajian ini sudah langka ditemukan di warung kuliner. selain bahan dasarnya yakni ubi, yang biasanya susah ditemukan ubi yang empuk, juga selera anak-anak zaman sekarang seakan sudah hampir tak sesuai.

Akan tetapi, hal ini berbeda dengan keluarga kami. Kali ini kami menikmati sup ubi yang sangat enak, ubinya empuk, ditambah lagi dengan kacang goreng penambah cita rasanya. Makan sup ubi mengingatkan masa lalu. Sekitar tahun 1989 sup ubi merupakan salah satu jajanan di kantin sekolah. Makanan ini cukup mengundang perut keroncongan kala jam istirahat. Selain itu di beberapa warung kuliner juga tersedia sup ubi. Memang, kala itu sup ubi termasuk kuliner yang banyak digandrungi kaula muda.

Pada silaturrahmi kami kali ini hampir seluruh keluarga dekat bergabung. Pada saat itu saya mencoba mengurai filosofi sup ubi dengan tema sup ubi silaturrahmi. Bahan dasar sup ubi ini memang variatif agar cita rasanya bertambah. Sama halnya keluarga kami sekarang udah berpisah- pisah dengan latar belakang profesi yang berbeda-beda, namun kali ini menyatu membentuk suatu kebahagiaan dan memberikan kenikmatan di hari kami semua. Semoga sup ubi silaturrahmi menjadi momen untuk terus bersatu dan menyatukan asa.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Saya adalah seorang guru. Menulis adalah salah satu hobi saya, dan Belajar sepanjang hayat adalah prinsip hidup saya.

SELENDANG PERKASA

Bentuk Karakter Anak Melalui Puasa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Ekspresikan Dengan Buku

Image

Menjadi Bangsa yang Terdidik

Image

Sepucuk Malam

Image

Mp3 Juice: Converter Paling Gampang 2022 Hanya Masukkan Link

Image

Peradaban Buku

Image

Waspada Saat Libur, Kalapas Kelas I Palembang Periksa Kesiapan Petugas Pengamanan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image