Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image EKRUT Official

6 Ciri Orang Kreatif, Apakah Kamu Memilikinya?

Gaya Hidup | Wednesday, 04 Aug 2021, 12:07 WIB
www.ekrut.com

Kreatif menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh beberapa profesi.

Apakah kamu termasuk orang yang kreatif? Nah, untuk mengetahuinya simak ciri-ciri orang yang kreatif di bawah ini.

1. Selalu penasaran

Orang yang kreatif selalu ingin tahu dan senang belajar hal-hal baru. Mereka suka membaca buku, menonton video, hingga mempelajari topik-topik yang menurut mereka menarik. Mereka juga suka untuk mencoba memahami konsep yang belum mereka ketahui sebelumnya serta menggali informasi dan keahlian baru.

Nah, rasa penasaran tersebut akan menghasilkan pertanyaan "Why?" atau "Mengapa?" yang bertujuan untuk menciptakan diskusi seputar ide dan eksperimen dari masalah yang ingin diselesaikan. Pendekatan ini juga bisa jadi teknik brainstorming, lho.

2. Intuitif

Orang yang kreatif cenderung mengambil keputusan berdasarkan feeling atau perasaan mereka. Mereka lebih suka untuk mengikuti kata hati dibandingkan tuntutan yang logis. Intuisi ini berguna ketika melakukan brainstorming dan juga menghasilkan ide.

Banyak orang juga mencoba menggabungkan intuisi mereka dengan penalaran yang logis. Sehingga ide yang dihasilkan dari intuisi, bisa dibarengi penerapannya dengan logika untuk menguji kelayakannya.

3. Pengambil risiko

Orang kreatif biasanya suka mengambil risiko terkait ide-ide baru mereka. Menurutnya, apabila mereka tidak mengambil risiko maka itu hanya akan menghambat inovasi. Walaupun begitu, mereka juga tentunya memiliki pertimbangan sebelum mengambil risiko.

4. Berpikiran terbuka

Orang kreatif cenderung memiliki pikiran yang terbuka, mereka bersedia untuk mendengarkan orang lain dan gak ragu untuk coba ide-ide baru walaupun ide gila sekalipun. Saat kolaborasi dengan orang lain, orang-orang kreatif ingin mendengarkan segala masukan dan ide dari lawannya agar mereka bisa mengeksplor lebih jauh.

Oleh karena memiliki pikiran yang terbuka, orang kreatif banyak meluangkan waktu untuk mendengarkan orang lain dan memahami orang tersebut. Mereka juga terbuka akan pengalaman dan rekan kerja baru.

5. Sensitif

Orang kreatif memiliki rasa peka atau sensitivitas yang lebih tinggi. Hal tersebut membantu mereka dalam banyak bidang kehidupan, baik itu pribadi ataupun profesional.

Oleh karena kepekaannya, orang kreatif cenderung lebih memerhatikan perasaan orang lain sehingga mereka lebih mudah dalam membangun hubungan yang kuat dan saling percaya.Selain itu, kepekaan juga bisa meningkatkan kesadaran mereka pada masalah-masalah yang ada di sekitar mereka.

6. Ambisius

Tidak hanya berpikiran terbuka dan peka, orang kreatif juga seringkali pekerja keras. Mereka sadar bahwa solusi sempurna gak akan datang dengan mudah, makanya mereka selalu bekerja keras untuk menggapai hal tersebut. Mereka juga memiliki komitmen yang tinggi lho dalam mencapai mimpi dan tujuan mereka.

Ketahui pentingnya kemampuan kreatif dalam dunia kerja melalui artikel ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image