Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image slipcool uisi

Produksi Batik di Indonesia mulai menurun: Tim PKM-K UISI membuat inovasi Sandal dengan corak batik

Bisnis | Tuesday, 03 Aug 2021, 22:33 WIB

Batik merupakan warisan budaya lokal yang menyimpan pengetahuan serta kearifan lokal yang tinggi nilainya. Dengan kata lain batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan sejak lama telah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Akan tetapi keberadaan batik mulai tergeser dengan tingginya arus modernisasi, dengan masuknya budaya-budaya asing ke Indonesia melalui globalisasi membawa pengaruh terhadap generasi muda Indonesia saat ini yang lebih tertarik dengan budaya-budaya asing daripada budaya asli (Zaini, 2019). Untuk lebih mengenalkan lagi budaya batik ini diperlukan suatu media yang lebih komunikatif serta menarik terhadap seluruh lapisan masyarakat khususnya generasi muda.

Batik biasanya hanya digunakan untuk bahan baju saja. Namun, untuk menciptakan kreasi baru dari kain khas batik ini dengan cara memadukan batik kedalam sandal yang bisa dipakai sehari-hari seperti bersantai, jalan-jalan, dan juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan. Kondisi ini dapat dijadikan peluang bisnis sebagai sumber ekonomi dalam dunia usaha yang berciri khas budaya.

Tim PKM-K Departemen Informatika Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang beranggotakan A.Arjuna Putra Nganro, Muhammad Abid Murtadho, Nurfi Tiara Saintika dan Pradipta Shofianisa dengan Dosen Pembimbing Ibu Ngatini,.S.Si,.M.Si. membuat produk “Slipcool – Slipper Culture” sandal dengan desain kekinian serta mengaitkan budaya lokal yaitu memberikan motif batik pada sandal, baik motif dari sablon maupun bahan kain batik.

Produk sandal yang akan dihasilkan memiliki nilai lebih dibandingkan produk-produk lain yang sejenis dan dapat meningkatkan keberhasilan dalam target penjualan lebih tinggi ketika beredar di pasaran. Perbedaan mendasar dari produk sandal ini yaitu, unik sandal ini diproduksi dengan nuansa budaya dengan memadukan motif batik pada sandal, bahan pilihan dengan kualitas tinggi, praktis karena sandal “Slipcool” bisa digunakan kapan saja, mudah ditemukan serta pemasaran produk ini tersedia diberbagai media offline dan online.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image