Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image EKRUT Official

Langkah Melakukan Segmentasi Pasar

Bisnis | Monday, 02 Aug 2021, 10:50 WIB
www.ekrut.com

Menentukan segmentasi pasar menjadi langkah yang penting bagi perusahaan. Dengan segmentasi pasar, perusahaan dapat belajar mengenali kebutuhan dan keinginan para pelanggannya.

Menurut useinsider.com dalam merencanakan segmentasi pasar yang efektif, terdapat lima langkah utama yang harus dilakukan:

1. Analisis pelanggan yang sudah ada

Dengan melakukan analisis pelanggan, departemen marketing akan jauh lebih mudah untuk memahami perilaku dari customers perusahaan. Berikut 4 teknik pemasaran yang dapat dilakukan untuk terlibat dengan pelanggan:

a. Dapatkan feedback dan masukan dari pelanggan terhadap pengalaman mereka dengan produk atau layanan perusahaan.

b. Coba saling sharing dengan departemen sales karena mereka pastinya lebih sering berinteraksi langsung dengan customers dan lebih mengenal mereka.

c. Lakukan analisis data padawebsiteperusahaan guna memahami pelanggan dan melihat engagement yang terbentuk antara perusahaan dengan publik. Contohnya dengan melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan pelanggan pada web perusahaan, berapa rasio pantulan, dan lain sebagainya.

d. Analisis minat audiens.

2. Kelompokan pelanggan sesuai produk perusahaan

Setelah mengenal lebih jauh siapa konsumen perusahaanmu, tentunya kamu akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang target pasar yang akan kamu tuju. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menciptakan strategi marketing yang tepat untuk menargetkan pelanggan.

3. Lakukan brand positioning untuk produk perusahaan

Setelah tim marketing paham betul siapa yang menjadi calon pelanggannya, mereka pun akan lebih mudah untuk memposisikan produk yang sesuai dengan minat dan kebutuhan pelanggan.

4. Temukan segmentasi pasar yang tepat

Nah setelah melakukan beberapa langkah tadi, sekarang kamu dapat menghubungkan antara pemosisian produk perusahaan dengan kebutuhan pelanggan. Apakah produk perusahaan yang diciptakan sudah menjawab kebutuhan pelanggan? Apakah ada segmen pelanggan yang saat ini belum terjawab kebutuhannya dengan solusi seperti itu? Kaitkan keduanya dan temukan segmen pengguna yang tepat untuk produkmu.

5. Luncurkan kampanye perusahaan

Di langkah terakhir, kamu akhirnya dapat meluncurkan campaign perusahaan. Kamu dapat mengujinya terlebih dahulu agar hasil yang didapatkan maksimal. Evaluasi juga selama dan setelah pelaksanaan campaign untuk memastikan segmen tersebut sudah sesuai. Jika tidak, coba cari segmentasi pasar berdasarkan kriteria yang lain.

Ketahui manfaat dan jenis segmentasi pasar melalui artikel ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image