Langkah Melakukan Segmentasi Pasar

Image
EKRUT Official
Bisnis | Monday, 02 Aug 2021, 10:50 WIB
www.ekrut.com

Menentukan segmentasi pasar menjadi langkah yang penting bagi perusahaan. Dengan segmentasi pasar, perusahaan dapat belajar mengenali kebutuhan dan keinginan para pelanggannya.

Menurut useinsider.com dalam merencanakan segmentasi pasar yang efektif, terdapat lima langkah utama yang harus dilakukan:

1. Analisis pelanggan yang sudah ada

Dengan melakukan analisis pelanggan, departemen marketing akan jauh lebih mudah untuk memahami perilaku dari customers perusahaan. Berikut 4 teknik pemasaran yang dapat dilakukan untuk terlibat dengan pelanggan:

a. Dapatkan feedback dan masukan dari pelanggan terhadap pengalaman mereka dengan produk atau layanan perusahaan.

b. Coba saling sharing dengan departemen sales karena mereka pastinya lebih sering berinteraksi langsung dengan customers dan lebih mengenal mereka.

c. Lakukan analisis data padawebsiteperusahaan guna memahami pelanggan dan melihat engagement yang terbentuk antara perusahaan dengan publik. Contohnya dengan melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan pelanggan pada web perusahaan, berapa rasio pantulan, dan lain sebagainya.

d. Analisis minat audiens.

2. Kelompokan pelanggan sesuai produk perusahaan

Setelah mengenal lebih jauh siapa konsumen perusahaanmu, tentunya kamu akan memiliki gambaran yang lebih jelas tentang target pasar yang akan kamu tuju. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menciptakan strategi marketing yang tepat untuk menargetkan pelanggan.

3. Lakukan brand positioning untuk produk perusahaan

Setelah tim marketing paham betul siapa yang menjadi calon pelanggannya, mereka pun akan lebih mudah untuk memposisikan produk yang sesuai dengan minat dan kebutuhan pelanggan.

4. Temukan segmentasi pasar yang tepat

Nah setelah melakukan beberapa langkah tadi, sekarang kamu dapat menghubungkan antara pemosisian produk perusahaan dengan kebutuhan pelanggan. Apakah produk perusahaan yang diciptakan sudah menjawab kebutuhan pelanggan? Apakah ada segmen pelanggan yang saat ini belum terjawab kebutuhannya dengan solusi seperti itu? Kaitkan keduanya dan temukan segmen pengguna yang tepat untuk produkmu.

5. Luncurkan kampanye perusahaan

Di langkah terakhir, kamu akhirnya dapat meluncurkan campaign perusahaan. Kamu dapat mengujinya terlebih dahulu agar hasil yang didapatkan maksimal. Evaluasi juga selama dan setelah pelaksanaan campaign untuk memastikan segmen tersebut sudah sesuai. Jika tidak, coba cari segmentasi pasar berdasarkan kriteria yang lain.

Ketahui manfaat dan jenis segmentasi pasar melalui artikel ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Menyulap Kardus Menjadi Bahan Display yang Bernilai Tinggi

Image

Bermimpilah, Allah Pasti Mengijabah

Image

Tip Meminimalisir Potensi Kerugian Investasi Reksa Dana untuk Milenial

Image

Pandemi dan Warna-Warni Pendidikan Indonesia

Image

BPKH : Selama Empat Tahun Nilai Pemanfaatan Dana Haji Terus Naik, Tertinggi Rp 1,67 Triliun

Image

Akses Data BEI untuk UMKM Diskon Hingga 80 Persen

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image