Jangan Lengah, Kasus Covid Masih Tinggi

Image
Wahyu Utami
Agama | Thursday, 29 Jul 2021, 04:51 WIB

Sebulan yang lalu, tepatnya pada 21 Juni 2021, kasus Covid-19 di Indonesia menembus angka dua juta kasus. Hingga pada 22 Juli 2021, angka kasus Covid-19 kini telah menembus tiga juta kasus.

Artinya hanya butuh waktu satu bulan angka kasus Covid-19 telah bertambah satu juta kasus. Memang dalam sebulan terakhir, kasus Covid-19 di Indonesia melonjak tajam. Berkali-kali kasus korona memecahkan rekor.

Yang lebih memprihatinkan, berdasarkan data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kasus Covid-19 pada anak usia 0 hingga 18 tahun mencapai 12,5 persen. Artinya satu dari delapan kasus Covid-19 yang terkonfirmasi adalah anak. Tak hanya itu, angka case fatality rate (angka kematian) Covid-19 pada anak juga menempati posisi tertinggi di dunia, mencapai tiga sampai lima persen.

Tentu saja kita melihat data ini tidak sebatas angka. Data ini menunjukkan pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum terkendali. Pemerintah perlu segera menyampaikan evaluasi sejauh mana efektivitas pelaksanaan PPKM darurat. Walaupun angka penyebaran virus mulai menurun, akan tetapi janganlah membuat lengah.

Pemerintah baik pemerintah pusat maupun daerah masih punya banyak pekerjaan rumah untuk menstabilkan kondisi saat ini. Masalah genting yaitu langkanya ketersediaan oksigen maupun obat harus segera dipenuhi. Vaksinasi untuk membentuk kekebalan kelompk (herd imunity) harus dimasifkan lagi.

Selain itu pemerintah juga harus melakukan langkah-langkah yang efektif untuk menjamin kebutuhan pokok warga terutama warga masyarakat kelas bawah yang paling terdampak pandemi. Pemerintah harus memastikan tidak ada rakyat yang kekurangan makan.

Artinya pemerintah harus menempatkan diri sebagai pengurus dan penanggung jawab warga bukan sekedar pengatur/regulator saja. Rasululloh SAW bersabda, Imam (pemimpin) adalah raain (pengurus rakyat) dan ia bertanggung jawab atas pengurusan rakyatnya (HR al-Bukhari).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kewajiban Kaum Muslimin Terhadap Alqur'an

Tali Persaudaraan di Hari Nan Fitri

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

LITERASI DIGITAL DAN PERAN GURU SAAT PANDEMI

Image

Pagebluk dan Wajah Murung Pendidikan Indonesia

Image

Jangan Kau Beri Tahu Kepada Mereka

Image

Andai pandemi pergi, MAHASISWA KESEHATAN MEMBUTUHKAN PRAKTIKUM DI LAPANGAN BUKAN SEKADAR TEORI

Image

Enam Tip Memilih Reksa Dana Terbaik untuk Pemula, Nomor 2 Sering Disepelekan

Image

PANDEMI CORONA MEREDA SEMUA KEMBALI CERIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image