Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image EKRUT Official

5 Pertanda kamu sedang mengalami quarter life crisis

Olahraga | Wednesday, 28 Jul 2021, 10:26 WIB
www.ekrut.com

Quarter life crisis atau krisis seperempat abad adalah keadaan dimana kamu merasa bahwa hidupmu tidak bermakna, tidak memiliki tujuan hidup, atau bahkan tidak bahagia.

Apabila kamu sedang mengalaminya, berikut beberapa tanda quarter life crisis yang mungkin kamu rasakan:

1. Merasa tidak bahagia menjalani rutinitas saat ini

Merasa tak bahagia dengan rutinitas sehari-hari adalah tanda quarter life crisis yang paling mudah dikenali. Kamu akan merasa tidak bahagia dengan pasanganmu, pekerjaanmu, bahkan makanan favoritmu.

Jika kamu terjebak dalam quarter life crisis, kamu mungkin akan terlalu berfokus pada perasaan negatif dan ketidakbahagiaan ini, sampai-sampai kamu lupa dengan banyak hal kecil di sekitarmu yang dapat membuatmu bahagia. Daripada memfokuskan diri pada perasaan negatif seperti ini, lebih baik kamu mengeksplorasi hal-hal lain yang dapat membuatmu bahagia seperti karaoke virtual bersama teman, nonton drama korea, dan lain sebagainya.

2. Sering mengkhawatirkan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang

Mencemaskan hal yang akan terjadi di masa depan adalah hal yang lumrah. Mungkin kamu mengkhawatirkan kapan kamu akan menikah, bagaimana kondisi keuanganmu di sepuluh tahun kedepan, bagaimana kariermu kedepannya, dan lain-lain. Tapi daripada terlalu cemas terhadap hal yang belum terjadi, ada baiknya kamu berfokus pada hubungan yang kamu miliki serta kariermu saat ini.

Jangan lupa untuk selalu berusaha dan yakinkan dirimu bahwa apapun yang akan terjadi nanti adalah hasil terbaik dari upaya yang kamu lakukan sekarang.

3. Sering membandingkan dirimu dengan teman atau orang lain

Membandingkan diri terhadap orang lain memang hal yang umum dilakukan oleh semua orang, tapi nyatanya kebiasaan ini dapat berdampak buruk pada kesehatan mentalmu, lho. Maka dari itu, daripada terus membandingkan dirimu dengan orang lain, ada baiknya kamu coba untuk mensyukuri hal-hal yang telah kamu miliki saat ini.

Untuk meminimalisir kebiasaan ini, kamu juga bisa mengurangi aktivitas scrolling media sosial selama beberapa waktu agar kamu tidak memiliki kesempatan untuk membandingkan dirimu dengan orang lain.

4. Takut bahwa kamu tak akan pernah temukan soulmate-mu

Kamu mungkin lelah harus mencoba menjalin cinta dengan seseorang lalu putus dan terus berulang lagi. Namun, kamu tidak perlu putus asa dan khawatir bahwa kamu tidak akan mendapatkan pasangan di kemudian hari. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk dapat menemukan pasangan yang tepat, mulai dari mencoba berkenalan dari relasi teman-temanmu atau melalui dating apps.

5. Khawatir dengan kondisi finansial dan karirmu

Di usia 20 tahun-an, kamu mungkin belum mendapatkan pekerjaan impianmu. Kesulitan mencari dan menentukan karier yang tepat ini akhirnya dapat berdampak juga pada kondisi keuanganmu yang dapat membuatmu stress saat kamu tidak memiliki uang sementara tagihanmu semakin menumpuk.

Untuk mengatasinya kamu tidak boleh berputus asa. Kamu harus terus mengusahakan yang terbaik apapun pekerjaanmu karena usahamu sekarang dapat membantumu mencapai karir impianmu di masa depan.

Ketahui 5 cara menghadapi quarter life crisis melalui artikel ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image