Ruang Lingkup dan Urgensi Perbandingan Sistem Pemerintahan

Image
Dava Rahmanda
Politik | Tuesday, 27 Jul 2021, 01:33 WIB

Pengertian perbandingan

Kata perbandingan berasal dari kata banding, yang artinya timbang yaitu menentukan bobot dari sesuatu obyek atau beberapa obyek. Dengan demikian kata perbandingan dapat disamakan dengan kata pertimbangan yaitu perbuatan menentukan bobot sesuatu atau beberapa obyek dimana untuk keperluan tersebut obyek atau obyek-obyek disejajarkan dengan alat pembandingnya. Jadi dapatlah disimpulkan bahwa perbandingan adalah perbuatan mensejajarkan sesuatu atau beberapa obyek dengan alat pembanding. Dari perbandingan ini dapat diperoleh persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan dari obyek atau obyek-obyek tadi dengan alat pembandingnya atau dari obyek yang satu dengan obyek yang lainnya. Dalam kaitan dengan pemerintahan, tentu saja obyek yang diperbandingkan itu adalah pemerintahan dari satu negara (bangsa) tertentu dengan negara (bangsa) yang lain.

Pengertian pemerintah.

Pemerintahan berasal dari perkataan perintah, sedangkan pemerintah berasal dari kata perintah. Menurut kamus, kata-kata tersebut mempunyai arti sebagai berikut:

1.Perintah adalah perkataan yang bermaksud menyuruh melakukan sesuatu.

2.Pemerintah adalah kekuasaan memerintah sesuatu negara (daerah-negara) atau badan yang tertinggi yang memerintah sesuatu negara (seperti kabinet merupakan suatu pemerintah).

3.Pemerintah adalah perbuatan (cara, hal urusan dan sebagainya) memerintah.

Ternyata kata pemerintahan atau pemerintah memiliki banyak arti atau pengertian. Masing-masing ahli memberikan arti atau pengertian yang berbeda. Namun, sah-sah saja bagi kita untuk memakai salah satu pengertian dari ahli-ahli tersebut atau kita pakai pengertian sendiri yang sebagian diramu dari berbagai pengertian tersebut. Disini dipakai cara kedua, namun agar lebih jelas maka beberapa pengertian dari beberapa ahli disampaikan pula di bawah ini.

Dalam kepustakaan Inggris dijumpai perkataan Government yang sering diartikan sebagai pemerintah atau pemerintahan. C.F Strongdalam bukunya Modern Political Constitution, menyatakan pemerintah(an) adalah organisasi tertinggi. Pemerintah(an) dalam arti luas merupakan sesuatu yang lebih besar daripada suatu badan atau kementrian-kementrian, suatu arti yang biasa kita pakai dalam pembicaraan pada dewasa ini. Pemerintah(an), dalam arti luas, diberi tanggung jawab pemeliharaan perdamaian dan keamanan negara, di dalam maupun di luar. Pemerintah (an) harus memiliki, pertama, kekuasaan militer atau pengawasan atas angkatan bersenjata; kedua, kekuasaan legislatif atau sarana pembuatan hukum; ketiga, kekuasaan keuangan yaitu kesanggupan memungut uang yang cukup untuk membayar biaya untuk mempertahankan negara dan menegakan hukum yang dibuatnya atas nama negara. Singkatnya, pemerintahan mempunyai kekuasaan legislatif, kekuasaan eksekutif, kekuasaan kehakiman, yang boleh kita sebut tiga cabang pemerintahan.

Politik dan Pemerintahan

Politik dan pemerintahan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan dan selalu mendapatkan tempat yang khusus di setiap negara. hanya saja pemerintah lebih memiliki peran lebih tinggi walaupun pemerintah adalah bagian dari politik. politik dan pemerintahan adalah dua konsep yang berbeda tapi sering disamaartikan penggunaannya. keduanya memiliki obyek kajian yang sama, yakni negara tapi, keduanya berbeda dalam memandang negara politik melihat konteks yang melatarbelakangi berlangsungnya relasi negara dengan masyarakat pemerintahan mempelajari relasi negara dengan masyarakat.

Kemudian saya akan menjelaskan definisi dari politik dan pemerintahan itu sendiri. politik merupakan bermacam-macam kegiatan dalam suatu system politik atau Negara yang menyangkut proses menentukan tujuan-tujuan system itu dan melaksanakan tujuan-tujuan itu. dan pemerintahan itu sendiri berarti perbuatan, cara, hal atau urusan dari badan yang memerintah tersebut. Secara lebih lengkap pemerintahan dapat diartikan 11 sebagai kegiatan penyelenggaraan negara guna memberikan pelayanan dan perlindungan bagi segenap warga masyarakat, melakukan pengaturan, memobilisasi semua sumber daya yang diperlukan, serta membina hubungan baik di dalam lingkungan negara ataupun dengan negara lain.

Ruang Lingkup Perbandingan Pemerintahan

Saat ini ruang lingkup ilmu perbandingan pemerintahan menjadi lebih luas sejalan dengan bertambahnya bagian-bagian yang tadinya bukan dianggap masuk ke dalam pemerintahan menjadi bagian-bagian dari pemerintahan. Pada abad ke 19, studi pemerintahan secara umum dianggap memiliki ruang lingkup yang sama dengan studi perencanaan konstitusi (study of constitutional arrangement).

Peristiwa-peristiwa pada abad ke-18 khususnya Revolusi Amerika dan Prancis (yang sebagian besar disebabkan oleh adanya Revolusi Inggris), memunculkan dua kesimpulan. Pertama, adalah berakhirnya absolutisme dan Kedua, adalah sejak saat itu masyarakat diperintah berdasarkan hukum dan prinsip-prinsip konstitusional. Dengan demikian, konstitusi dipandang sebagai inti dari analisis pemerintahan dan ilmuwan politik menjadi ilmuwan-ilmuwan hukum konstitusional.

Dengan demikian perbandingan pemerintahan tidak dapat lagi dibatasi dalam studi perencanaan / penyusunan konstitusi saja. Dan memang sebelum perang Dunia II, pencarian kerangka kerja yang lebih luas telah dimulai, yaitu kerangka kerja yang lebih luas dari sekedar gagasan tentang negara dan tujuannnya menjadi dimungkinkannya untuk mempelajari seluruh pemerintahan dan seluruh aspek ilmu (politik) pemerintahan dengan cara perbandingan.

Kerangka kerja tersebut memungkinkan mempelajari rezim-rezim otoriter, dimana kemudian penelitian-penelitian dalam bidang tersebut banyak ditemukan dan dalam beberapa kasus terasa lebih kasar pada abad ke 20. Hal ini tidak bermaksud untuk membenarkan sistem tersebut, namun bermaksud untuk menganalisis cara kerja mereka. Lagipula perbandingan pemerintahan juga meliputi institusiinstitusi atau organisasi-organisasi seperti partai politik dan kelompok kepentingan, yang bahkan di rejim konstitusional sendiri terbentuk tidak terpisah dari proses konstitusional atau bahkan dari aparat-aparat negara.

Pemerintahan membentuk suatu sistem karena terkait dengan suatu kegiatan, di mana sejumlah unsur yang penting saling berhubungan dalam suatu proses melalui mana kebijakan-kebijakan dibuat, dikembangkan dan di implementasikan. Dengan demikian, ruang lingkup perbandingan pemerintahan dalam studi yang mengkombinasikan unsur-unsur dalam masyarakat yang membentuk suatu sistem politik. Unsur-unsur tersebut termasuk lembaga-lembaga 15 yang didirikan berdasarkan konstitusi seperti kepresidenan, kabinet, dan badan legislatif; juga termasuk partai-partai politik.

Kelompok-kelompok kepentingan (sejauh mereka berpartisipasi dalam politik pemerintahan), birokrasi, dan pengadilan. Dengan demikian sistem politik memiliki persamaan dan perbedaan dalam dua hal. Pertama, banyak unsur-unsur sistem tersebut sama tetapi berbeda dimiliki oleh beberapa sistem politik tetapi tidak ada dalam sistem politik lainnya. Kedua, bagaimana unsur-unsur tersebut dikombinasikan atau dihubung-hubungkan, beragam dari satu sistem ke sistem yang lainnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Semakin Banyak Anak Muda Aceh yang Melek Saham

Image

Cara Riset Kata Kunci Untuk Artikel Blog, Berikut Cara Mudahnya!

Image

Perlukah PPN Pendidikan?

Image

Garda Terdepan, Covid-19 Segera Padam

Image

Pembelajaran Di Saat Pandemi

Image

LAZ Harfa Salurkan Bantuan untuk Penyintas Banjir di Kabupaten Pandeglang

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image