MOS Angkatan Perdana di STP Khoiru Ummah Jember setingkat SMP

Image
Santuso
Eduaksi | Saturday, 24 Jul 2021, 11:20 WIB
Sejumlah siswa baru angkatan perdana STP Khoiru Ummah Jember setingkat SMP sedang mengikuti MOS daring via Zoom Meeting

Pada tahun ajaran 2021/2022 ini, PKBM Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Jember membuka pendidikan tingkat menengah pertama. Angkatan perdananya terdiri atas 9 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Sebelum memulai KBM pada pekan terakhir Juli 2021, para siswa terlebih dahulu mengikuti masa orientasi siswa (MOS) selama enam hari (12-19/7/2021).

Kegiatan MOS itu dilakukan secara daring via Zoom Meeting. Selama MOS, para siswa mendapat materi pengenalan seputar matapelajaran dan seluk beluk kehidupan di pesantren. MOS ini bertujuan agar siswa siap mengikuti KBM dan kegiatan di pondok pesantren. â Dengan MOS ini, para siswa tergambar apa saja mapel yang akan dipelajari, tergambar arti penting mempelajari mapel tersebut sehingga muncul dorongan semangat belajar,â tutur Kepada STP Khoiru Ummah Jember, Yuniar Firdaus.

Di samping itu, agar siap mengikuti kegiatan di pondok pesantren, para siswa dibekali materi penting terkait boarding school, seperti serunya belajar di pondok pesantren, tantangan dan solusi kehidupan di pondok pesantren, serta tips menjalin persahabatan di asrama.

Sebelumnya, pihak sekolah telah mengadakan forum bersama para orang tua siswa. Dalam forum itu, kata Yuniar, orang tua dibekali pemahaman seputar proses, output, dan gambaran KBM yang akan dijalani oleh putra-putrinya di pondok. â Harapannya, nantinya orang tua bisa bersinergi dengan pihak sekolah terkait pendidikan anak-anaknya,â jelasnya.

Usai MOS, siswa akan mengikuti KBM mulai Senin (26/7/2021). Untuk sementara, KBM dilakukan secara daring karena menyesuaikan dengan situasi pandemi. â Jika dirasa sudah aman, KBM akan dilakukan secara tatap muka langsung. Sehingga, pada saat itu, para siswa sudah harus tinggal di asrama,â ungkapnya.

Berhubung gedung SMP di kelurahan Bintoro masih dalam proses pembangunan, saat ini asrama siswa laki-laki dan perempuan bertempat di dua kelurahan berbeda. Asrama siswa laki-laki berada di kelurahan Sumbersari sedangkan asrama siswa perempuan berada di kelurahan Kranjingan. â Semoga gedung SMP bisa rampung di tahun 2022 sehingga saat naik ke kelas 8, siswa kami dapat mulai KBM dan beraktivitas di sana,â katanya.

Yuniar menambahkan, berdirinya SMP ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap pendidikan yang melahirkan generasi berkepribadian Islam dan penghafal Alquran. Sebagai kelanjutan dari pendidikan tingkat sekolah dasar, PKBM STP Khoiru Ummah Jember setingkat SMP ini mencetak siswa-siswinya hafal Alquran sampai 9 juz.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

teacher, reporter, blogger - mistertuso.my.id

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Optimis Raih AIPT Unggul, Unismuh Gelar Rapat Evaluasi Persiapan Akreditasi

Image

Peduli Banjir Pati, Wadja Group Salurkan Bantuan Logistik

Image

Bantu Korban Gempa Cianjur, Mapala Umri Salurkan Bantuan Donasi dan Kirim Relawan

Image

Darurat Penggunaan Gadget pada Anak, Ibu Profesional Depok Ajak Orang Tua Melek Teknologi

Image

Kegiatan Ibadah Rohani Kristen Di Lapas Brebes

Image

Gelar Expo Program Wirausaha Merdeka, Unismuh Sukses Cetak Ribuan Enterpreneur Baru

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image