7 Tahapan Proses Rekrutmen yang Efektif

Image
EKRUT Official
Olahraga | Thursday, 22 Jul 2021, 12:15 WIB
www.ekrut.com

Proses rekrutmen yang efektif tentunya akan membantu perusahaan untuk menghemat tenaga, waktu, dan biaya. Maka dari itu, HRD perusahaan perlu memperhatikan strategi proses rekrutmen dan berupaya agar proses rekrutmen bisa berjalan dengan efektif.

Berikut langkah-langkah proses rekrutmen efektif yang dapat kamu terapkan:

1. Identifikasi kebutuhan perusahaan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat daftar kebutuhan perusahaanmu dan lakukan identifikasi posisi apa yang sedang menjadi kebutuhan bisnis dan departemen.

2. Mempersiapkan deskripsi pekerjaan

Tahapan ini menjadi salah satu tahap penting untuk menciptakan strategi rekrutmen yang efektif. Buatlah deskripsi pekerjaan yang spesifik agar calon talentmu dapat lebih mudah untuk memahami kebutuhan dan ekspektasi perusahaan. Tentukanlah tugas dan tanggung jawab posisi yang dicari dan cantumkanlah.

3. Membuat recruitment plan

Guna menghemat waktu dan energi, kamu perlu membuat recruitment plan yang berisikan strategi dan timeline proses rekrutmen. Tentukan juga siapa yang akan bertugas untuk me-review resume, membuat schedule wawancara, dan memutuskan talent tepat yang akan direkrut perusahaan.

4. Mulai mencari talent yang tepat

Nah, bagian ini terkadang menjadi tahapan yang paling memakan waktu dalam proses rekrutmen. Sebelum membuat job posting untuk mencari talent di luar perusahaan, kamu perlu mempertimbangkan karyawan internal yang mungkin dapat mengisi posisi yang menjadi kebutuhan perusahaan saat ini. Dengan begitu, perusahaan juga dapat mendukung dan memberi kesempatan bagi karyawan internalnya untuk mengembangkan dan memajukan karier mereka.

Jika memang tidak ada karyawan internal yang sesuai dengan kriteria yang dicari, maka kamu bisa mulai melakukan pencarian di luar perusahaan misalnya melalui rekrutmen online, iklan media, dan jaringan. Pastikan kamu mencantumkan hal-hal berikut dalam job posting-mu ya:

- Persyaratan pekerjaan

- Kriteria yang dicari

- Lokasi kerja

- Tunjangan yang akan diberikan

- Masa kerja

- Informasi cara mendaftar

Nah, untuk menghemat waktu pencarian kamu juga dapat menggunakan jasa EKRUT. Selain cepat, EKRUT pastinya akan memberikan perusahaanmu talent terbaik yang telah terkurasi dan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan. Efektif bukan?

5. Membuat daftar talent teratas

Agar kamu tidak kehilangan peluang untuk mendapatkan talent terbaik, ada baiknya jika kamu telah menemukan talent yang kiranya sesuai dengan kebutuhan perusahaan, jangan biarkan mereka menunggu tanpa kepastian terlalu lama. Apabila kamu melakukannya, mungkin kamu akan menghilangkan minat mereka untuk bergabung dalam perusahaan. Mereka pun kemungkinan memiliki banyak pilihan lainnya juga.

6. Lakukan phone screening dan wawancara langsung

Setelah melakukan screening CV atau resume dan memperhatikan talent tertentu, segera lakukan phone screening dan tentukan talent mana yang akan lanjut ke tahap wawancara langsung.

Idealnya proses wawancara berlangsung dalam kurun waktu seminggu setelah phone screening. Jangan lupa untuk segera memberikan kejelasan kepada talent setelah proses wawancara, sekalipun mereka tidak lolos. Hal tersebut menunjukan bahwa perusahaan menghargai talent yang telah berusaha dan meluangkan waktu dan energi mereka untuk mengikuti proses rekrutmen.

7. Melakukan offer dan on boarding karyawan baru

Setelah melakukan berbagai kegiatan di atas, langkah terakhir dari proses rekrutmen karyawan adalah menawarkan pekerjaan dan menemukan kesepatakan dengan talent yang bersangkutan. Tidak semua talent langsung mengiyakan tawaran pekerjaan yang diberikan perusahaan lho, banyak juga yang akan melakukan negosiasi gaji dan tunjangan.

Setelah akhirnya menemukan talent yang tepat dan merekrutnya, lakukan orientasi yang sebaiknya tidak hanya berfokus pada dokumen perekrutan saja, tugaskanlah seorang mentor dan atur waktu 1o1 karyawan baru dengan manajer. Hal ini dapat membantu mempercepat adaptasi karyawan baru terhadap lingkungan kerja dan pekerjaannya.

Ketahui juga manfaat memiliki proses rekrutmen yang efektif melalui artikel ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Semakin Banyak Anak Muda Aceh yang Melek Saham

Image

Cara Riset Kata Kunci Untuk Artikel Blog, Berikut Cara Mudahnya!

Image

Perlukah PPN Pendidikan?

Image

Garda Terdepan, Covid-19 Segera Padam

Image

Pembelajaran Di Saat Pandemi

Image

LAZ Harfa Salurkan Bantuan untuk Penyintas Banjir di Kabupaten Pandeglang

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image