Konsep Awal Microsoft Word

Image
Adam Kusuma
Olahraga | Thursday, 22 Jul 2021, 00:03 WIB

Kalian tahu microsoft word? Micorsoft word adalah aplikasi pengolah kata (word processor) yang dapat membantu pengguna untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan dokumen. Contohnya seperti pembuatan buku, laporan, makalah, jurnal, artikel, dll. Microsoft word atau microsoft office pertama kali diluncurkan di dunia pada tanggal 25 Oktober 1983. Waktu itu, nama yang diperkenal kan bukanlah Microsoft Word Melainkan Multi- Tool Word dan hanya bisa digunakan untuk sistem xenix, karna saat itu belum ada Microsoft Office.

Seiring berkembang nya waktu Multi- Tool Word dikembangkan agar dapat digunakan oleh platform lain, Antara lain adalah DOS(1983), Microsoft Windows (1989), Apple Macintosh (1984), SCO Unix, dll. Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System versi 2003 dan 2007, perangkat lunak ini diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, namanya cukup dinamakan word.

Konsep Microsoft Word banyak diadaptasi dari Bravo. Bravo dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan microsoft memperkerjakannya pada tahun 1981. Simonyi mulai mengerjakan Multi- Tool Word dibantu oleh Richard Brodie, Bekas pegawai Xerox. Multi-Tool Word dirilis untuk IBM PC pada tanggal 25 Oktober 1983 dengan nama barunya, Microsoft Word. Pada saat itu, perangkat lunak yang menguasai dunia pengolah kata adalah WordStar dan WordPerfect. Word dengan cepat mengalahkan perangkat lunak pengolah kata lainnnya. WordStar, karena memiliki tampilan yang sangat berbeda. Setelah itu, di tahun 1985, dirilislah program Word for Macintosh dengan tampilan yang berbeda dari versi DOS. Word for Macintosh diprogram oleh Ken Shapiro dengan menambahkan konsep WYSIWYG (what you see is what you get) di dalamnya. Program tersebut mendapat banyak perhatian dari para pengguna komputer. Tahun 1987, versi Word for Macintosh selanjutnya pun dirilis. Diberi nama Word 3.0, versi ini memiliki banyak peningkatan dan fitur-fitur baru, tetapi bug-nya juga banyak. Sehingga, beberapa bulan kemudian, Microsoft mengganti Word 3.0 menjadi Word 3.01 yang lebih stabil.

Pada Tahun 1990- 1995, Word for Windows diluncurkan pada rentang waktu ini. Versi pertamanya (Word for Windows 1.0) diterbitkan tahun 1989 seharga $500. Namun, versi pertama dari Word ini tidak kompatibel jika digunakan pada versi OS Windows saat itu, sehingga penjualannya pun biasa saja. Baru kemudian di tahun berikutnya, dirilislah Microsoft Windows 3.0 yang membuat penjualan Word for Windows 1.0 meningkat pesat karena memang didesain untuk digunakan pada Microsoft Windows 3.0. Dengan demikian, resmilah Microsoft Word sebagai pemimpin dunia pengolah kata.

Pada tahun 2010, Microsoft meluncurkan versi terbarunya yaitu Microsoft Word 2010 Versi ini merupakan versi terbaru yang dirilis oleh Microsoft untuk Office pada Windows dengan dukungan untuk Microsoft Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan bahkan Windows 8. Beberapa keunggulan Microsoft Word 2010, antara lain, yaitu lebih ringan karena fitur-fitur yang tidak dibutuhkan sudah dihilangkan, memiliki grafis 3D yang lebih baik, mendukung standar format .odf (Open Document Format), lebih mudah menyimpan format .pdf dan .xps,, dapat menyimpan dokumen di Cloud karena terintegrasi dengan Windows Live, tersedia versi 32 bit dan 64 bit, serta tampilan ribbon lebih sederhana dan mudah digunakan.

Pada tahun 2013, Microsoft kembali meluncurkan versi terbarunya yaitu Microsoft Word 2013. Versi ini adalah versi yang terbaru dikeluarkan Microsodft untuk Office pada Windows, dengan dukungan Untuk Windows 7, Windows 8, dan Windows server 2008 R2, pada 29 Januari 2013. Beberapa keunggulan yang dimiliki Microsoft 2013, antara lain, yaitu Antarmuka mengusung tema Metro, Mirip Windows 8, Penggeseran gambar yang lebih baik, Mendukung penyuntingan file Adobe Reader, Terintegrasi dengan Skydrive sehingga dapat menyimpan data di cloud, Ribbon masih sama seperti Office 2010, Temanya saja yang berbeda.

Adam Kusuma

Mahasiswa Adminstrasi publik, FISIP UMJ

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Seutas Mimpi Jika Pandemi Pergi

Image

Lomba Membuat Komik: PAHLAWAN ANTICOVID ADALAH KITA

Image

Andai Pandemi Pergi, Tetap Jaga Kondisi Ini

Image

Andai Pandemi Pergi: Sebuah Nilai Paradoks

Image

Kuatkan Peran Perempuan, Yenny Wahid dan Kustini Sepakat Kembangkan Desa Damai

Image

Efektifkah Pembelajaran Daring di Masa Pandemi?

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image