Mengenal J-POP sebagai genre musik jepang yang cukup populer

Image
Adam Kusuma
Gaya Hidup | Thursday, 22 Jul 2021, 00:03 WIB

Musik Jepang cukup banyak digemari di Indonesia, khususnya anak muda Indonesia. Budaya musik Jepang ini tidak lepas dari tontonan kita sehari-hari, terlebih dari film animasi negeri sakura ini. Soundtrack yang paling familiar di telinga kita antara lain Doraemon, Dragon ball, Sailormoon dan lainnya. Nah, diantara banyaknya jenis musik di Jepang ada genre yang asik menurut saya, yaitu J-Pop. Siapa sih yang tidak tahu AKB48? Mereka adalah Idol grup asal Jepang bentukkan Yusashi Akimoto atau sering disebut Aki-p. Lagu-lagu AKB48 bergenre J-pop atau Japanese Pop.

J-pop atau Japanese pop (Musik pop jepang) adalah istilah yang digunakan untuk musik populer Jepang yang memasuki arus utama musik Jepang pada tahun 90-an. Istilah J-pop pertama kali dipakai oleh J-Wave, sebuah radio FM di Tokyo. Sebelum J-pop muncul, pada tahun 80-an musik jenis ini bernama city pop, istilah ini mengacu kepada musik-musik yang bertemakan kota-kota besar di Jepang seperti Tokyo. Karna istilah city pop belum terlalu populer saat itu, orang-orang lebih mengenalnya dengan sebutan New Music. Contoh lagu J-pop yang paling dikenal : Give Me Five ! dari AKB48, My Deareast dari Supercell, Silent Majority dari Keyakizaka46.

Contoh dari grup J-pop, yaitu AKB48, AKB48 merupakan grup idola asal jepang diproduseri oleh Yusashi Akimoto. Nama AKB48 diambil dari Akihabara, (sebuah area di Tokyo). AKB48 didirikan berdasarkan konsep "idola yang dapat Anda temui". Sekarang AKB48 masih mengadakan pertunjukkan di teaternya setiap hari, meskipun karena permintaan yang sangat banyak, tiketnya kini didistribusikan lewat undian. Teater AKB48 terletak di toko Don Quijote di Akihabara, Tokyo.

Keyakizaka46, Keyakizaka46 (46, Keyakizaka Forty-six) merupakan sebuah grup idola perempuan Jepang, yang diproduksi oleh Yasushi Akimoto. Grup tersebut merupakan grup saudari pertama dari Nogizaka46 yang pernah dibuat. grup ini mengusung konsep Dark Music (Konsep dimana liriknya menyinggung kehidupan sosial yang ada jepang). Sekarang Keyakizaka46 telah re-branding atau mengubah nama menjadi Sakurazaka46 dan kosep grup ini pun ikut berubah. Pada 2016 keyakizaka46 menjadi kontroversial karena tampil di sebuah konser dengan mengenakan kostum Schutzstaffel (Pakaian pasukan SS Nazi Jerman).

JKT48 merupakan grup idola asal Indonesia. Yang dibentuk pada tahun 2011. JKT48 adalah Idol Group pertama di Indonesia. JKT48 adalah idol group saudari bentukan 48Group (AKB48). Nama JKT48 diambil dari Jakarta. Mereka mengusung konsep yang sama seperti AKB48 yaitu idol yang bisa Anda temuiSampai sekarang JKT48 mengadakan pertunjukan rutin hampir setiap hari di Theater JKT48, lantai 4 mall fX Sudirman, Jakarta.

Kesimpulannya, J-pop ialah merupakan sebuah genre musik yang mengikuti aliran dari jepang dan untuk penkategoriannya tidak memandang daerah/negara apapun, misal JKT48 kan seperti versi covernya dari AKB48 nah itu masih di panggil J-pop. Di dalam Genre J-pop biasanya juga terkandung genre-genre lain misal Pop Electro, Pop Dance, R&B Konteporer, Pop remaja.

Adam Kusuma

Mahasiswa Adminstrasi publik, FISIP UMJ

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mahasiswa Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Pembelajaran Abad 21

Image

Tim Misi Kemanusiaan feat OSIS SMA Malahayati, Berbagi Masker Gratis Untuk Masyarakat

Image

Partai Politik: Dapatkah Memperkuat Demokrasi?

Image

Beli Rumah Secara Online, Tidak Cocok Uang Booking Bisa Direfund 100%

Image

Perkuat Ketahanan Pangan, Provinsi Banten Perluas 37 Hektare

Image

3 Langkah Mudah Menebus Saham Right Issue dan Warrant

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image