Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adam Kusuma

Mengenal J-POP sebagai genre musik jepang yang cukup populer

Gaya Hidup | Thursday, 22 Jul 2021, 00:03 WIB

Musik Jepang cukup banyak digemari di Indonesia, khususnya anak muda Indonesia. Budaya musik Jepang ini tidak lepas dari tontonan kita sehari-hari, terlebih dari film animasi negeri sakura ini. Soundtrack yang paling familiar di telinga kita antara lain Doraemon, Dragon ball, Sailormoon dan lainnya. Nah, diantara banyaknya jenis musik di Jepang ada genre yang asik menurut saya, yaitu J-Pop. Siapa sih yang tidak tahu AKB48? Mereka adalah Idol grup asal Jepang bentukkan Yusashi Akimoto atau sering disebut Aki-p. Lagu-lagu AKB48 bergenre J-pop atau Japanese Pop.

J-pop atau Japanese pop (Musik pop jepang) adalah istilah yang digunakan untuk musik populer Jepang yang memasuki arus utama musik Jepang pada tahun 90-an. Istilah J-pop pertama kali dipakai oleh J-Wave, sebuah radio FM di Tokyo. Sebelum J-pop muncul, pada tahun 80-an musik jenis ini bernama city pop, istilah ini mengacu kepada musik-musik yang bertemakan kota-kota besar di Jepang seperti Tokyo. Karna istilah city pop belum terlalu populer saat itu, orang-orang lebih mengenalnya dengan sebutan New Music. Contoh lagu J-pop yang paling dikenal : Give Me Five ! dari AKB48, My Deareast dari Supercell, Silent Majority dari Keyakizaka46.

Contoh dari grup J-pop, yaitu AKB48, AKB48 merupakan grup idola asal jepang diproduseri oleh Yusashi Akimoto. Nama AKB48 diambil dari Akihabara, (sebuah area di Tokyo). AKB48 didirikan berdasarkan konsep "idola yang dapat Anda temui". Sekarang AKB48 masih mengadakan pertunjukkan di teaternya setiap hari, meskipun karena permintaan yang sangat banyak, tiketnya kini didistribusikan lewat undian. Teater AKB48 terletak di toko Don Quijote di Akihabara, Tokyo.

Keyakizaka46, Keyakizaka46 (欅坂46, Keyakizaka Forty-six) merupakan sebuah grup idola perempuan Jepang, yang diproduksi oleh Yasushi Akimoto. Grup tersebut merupakan grup saudari pertama dari Nogizaka46 yang pernah dibuat. grup ini mengusung konsep Dark Music (Konsep dimana liriknya menyinggung kehidupan sosial yang ada jepang). Sekarang Keyakizaka46 telah ­re-branding atau mengubah nama menjadi Sakurazaka46 dan kosep grup ini pun ikut berubah. Pada 2016 keyakizaka46 menjadi kontroversial karena tampil di sebuah konser dengan mengenakan kostum Schutzstaffel (Pakaian pasukan SS Nazi Jerman).

JKT48 merupakan grup idola asal Indonesia. Yang dibentuk pada tahun 2011. JKT48 adalah Idol Group pertama di Indonesia. JKT48 adalah idol group saudari bentukan 48Group (AKB48). Nama JKT48 diambil dari Jakarta. Mereka mengusung konsep yang sama seperti AKB48 yaitu “idol yang bisa Anda temui”Sampai sekarang JKT48 mengadakan pertunjukan rutin hampir setiap hari di Theater JKT48, lantai 4 mall fX Sudirman, Jakarta.

Kesimpulannya, J-pop ialah merupakan sebuah genre musik yang mengikuti aliran dari jepang dan untuk penkategoriannya tidak memandang daerah/negara apapun, misal JKT48 kan seperti versi covernya dari AKB48 nah itu masih di panggil J-pop. Di dalam Genre J-pop biasanya juga terkandung genre-genre lain misal Pop Electro, Pop Dance, R&B Konteporer, Pop remaja.

Adam Kusuma

Mahasiswa Adminstrasi publik, FISIP UMJ

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image