Manfaat Asuransi Syariah Bagi Keluarga Dan Masa Depan

Image
Icha Prachella Febriani
Eduaksi | Wednesday, 21 Jul 2021, 20:35 WIB

Dalam kehidupan yang saat ini kita jalani terutama bagi seseorang yang sudah berkeluarga ataupun yang belum berkeluarga, pastinya kita berkeinginan untuk memiliki kehidupan yang harmonis, bahagia, rasa aman, hingga segala sesuatu yang terbaik untuk keluarga dan masa depan nanti.

Dan biaya yang harus dikeluarkan untuk menjalani hidup memang tidaklah murah, tetapi hal ini dapat diatasi dengan memanage atau mengelola keuangan dengan baik. Kita dapat memulai dengan membuat target financial sendiri, menabung secara rutin, ataupun kita dapat menyesuaikan gaya hidup sesuai dengan kemampuan kita sendiri.

Selain beberapa ketentuan diatas, yang harus kita waspadai selanjutnya adalah dalam menghadapi sesuatu keadaan yang tak terduga dimasa mendatang ataupin menghadapi ketidakpastian saat ini. Dengan hal ini kita dapat mengatasinya dengan memiliki asuransi syariah. Mengapa harus asuransi syariah?

Karena asuransi syariah berbeda dengan asuransi konvensional. Perbedaan yang mendasar antara asuransi syariah dengan asuransi konvensional terletak pada prinsip operasionalnya. Asuransi syariah lebih menggunakan prinsip saling tolong menolong. Dimana risiko yang di dapat oleh peserta ditanggung bersama dengan peserta lainnya. Dan asuransi syariah dijalankan sesuai dengan prinsip syariah islam dengan ketentuan fatwa DSN MUI No 21 tahun 2001 tentang Pedoman Umum Asuransi Syariah.

Sesuai dengan asas pedoman diatas, asuransi syariah banyak memiliki banyak manfaat bagi setiap individu yang memiliki asuransi, terutama untuk kehidupan di masa depan. Beberapa manfaat menggunakan asuransi yang tidak bisa kita temukan pada asuransi konvensional diantaranya:

Bebas Riba

Jika menggunakan prinsip syariah, ada beberapa hal yang harus dihindarkan dalam hal bermuamalah. Salah satunya adalah menghindari riba. Dalam asuransi syariah bagian yang terbebas dari riba terletak pada pembayaran premi dengan uang klaim. Karena yang digunakan pada asuransi syariah ialah akad tolong menolong atau tabarru'. Jadi, jika ada salah satu peserta mengalami suatu musibah, maka iuran para peserta yang terkumpul sebelumnya bisa digunakan untuk menolongnya. Dengan kata lain hal ini bersifat kolektif.

Premi tidak hangus

Manfaat menggunakan asuransi syariah selanjutnya adalah premi yang telah disetorkan tidak akan hangus. Berbeda dengan pengaplikasian pada asuransi konvensional. Dalam asuransi syariah jika tidak ada klaim maka iuran peserta tersebut akan dikembalikan selama masih masa pertanggungan. Risiko yang digunakan pada asuransi syariah ialah risk-sharing atau pembagian risiko. Risiko disini ialah risiko yang dimiliki setiap peserta yang ditanggung bersama.

Lebih Transparan

Dalam perusahaan asuransi syariah, pengelolaan dana pada perusahaan tersebut diketahui oleh setiap nasabah. Dan sudah ditentukan sejak awal pada saat mendaftarkan diri di asuransi syariah. Jadi para peserta asuransi sudah mengetahui kemana saja dana iuran mereka dialokasikan. Ada sebagian untuk investasi dan sebagian lainnya untuk cadangan klaim.

Peserta Asuransi Dapat Pembagian Keuntungan Secara Adil

Dana asuransi yang telah terkumpul dari iuran peserta, sebagian dapat diinvestasikan oleh perusahaan asuransi. Keuntungan yang di dapat dari investasi tersebut akan dibagi secara adil antara peserta asuransi dengan perusahaan asuransi. Dan jika terdapat surplus underwriting, maka akan dibagikan secara adil pula kepada para peserta asuransi sesuai dengan porsinya masing-masing.

Memiliki Kemungkinan Double Claim

Para peserta asuransi syariah juga bisa mendapatkan kesempatan untuk double claim. Yang dimaksud dengan double claim disini adalah kita dapat menggugah dua jenis layanan yang kita miliki untuk menanggung risiko pembayaran layanan. Salah satu keuntungan ini ialah suatu hal baik yang dimiliki perusahaan asuransi syariah dan tidak akan ditemukan pada perusahaan asuransi konvensional.

Itulah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh jika menggunakan asuransi syariah. Dan dapat membantu kita untuk meminimalisir risiko yang kemungkinan akan terjadi di masa yang akan datang, juga untuk menciptakan rasa aman bagi keluarga dan masa depan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

Wacana Presiden Tiga Periode, Celaka Demokrasi Indonesia

Image

Lomba Membuat Komik: siapa pahlawan anticovid?

Image

ANDAI PANDEMI PERGI, WAJAH BARU PENDIDIKAN KITA DIMULAI

Image

Kapal Selam Nuklir Australia Dan Panasnya Hubungan Aussie - Prancis

Image

Revolusi Hijau Pasca Pandemi

Image

STORYTELLING DAN TRANSFORMASI DIGITAL

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image