4 Mei: International Firefighters'Day

Image
Slamet Samsoerizal
Sejarah | Wednesday, 04 May 2022, 17:38 WIB

Hari Pemadam Kebakaran Internasional atau International Firefighters'Day diperingati setiap tahun pada tanggal 4 Mei. Pada Hari Pemadam Kebakaran Internasional 2022, kita diminta mengingat petugas pemadam kebakaran yang telah meninggal saat bertugas.

sumber foto: Republika.co

Hari ini juga dibuat untuk menunjukkan dukungan dan penghargaan kepada petugas pemadam kebakaran di seluruh dunia yang terus melindungi dan melakukan tugas dengan baik sepanjang tahun.

Mengapa 4 Mei?

Kebakaran hebat terjadi di hutan Australia pada 4 Mei 1999. Matthew Armstrong, Jason Thomas, Stuart Davidson, Chris Evans, dan Gary Vredeveldt, 5 petugas yang bertugas berupaya memadamkam api. Namun, saat di tengah area hutan yang terbakar tersebut, tiba-tiba angin berubah arah. Tanpa diduga, kelima petugas pemadam tersebut terbakar. Nyawanya pun tak tertolong.

Demikian, perjuangan heroik tersebut dijadikan sebagai titik pangkal tanggal 4 Mei diperingati sebagai Hari Pemadam Kebakaran atau International Firefighters'Day. Kelima petugas pemadam kebakaran tewas secara tragis selama kebakaran hutan di Australia.

Dilansir Fire Hero, untuk pertama kalinya National Fallen Firefighters Foundation (NFFF) bergabung secara global dalam perayaan petugas kebakaran pada 4 Mei 2020. Misinyai pada International Firefighters'Day adalah untuk menghormati dan mengingat petugas pemadam kebakaran di Amerika sekaligus di negara lain yang gugur.

Bahkan tahun lalu hampir 500 keluarga di seluruh Amerika Serikat turut bergabung dengan organisasi pemadam kebakaran untuk memberikan dukungan kepada petugas pemadam kebakaran. Dengan rasa terima kasih kepada semua orang yang terlibat dan berpartisipasi dalam proses penyelamatan kebakaran, akhirnya hari ini dirayakan tiap tahun.

sumber foto: bbc.com

Catatan dari sumber lain juga ditemukan,bahwa International Firefighters'Day yang jatuh pada 4 Mei karena itu adalah hari kelahiran Santo Florian. Siapakah Santo Florian? ia adalah salah satu petugas pemadam kebakaran pertama dari batalion Romawi yang menyelamatkan banyak nyawa.

Kebakaran dan Kuka

Mitigasi kebakaran yang melanda di wilayah mana pun, hendaknya dapat mengispirasi Kurikulum Merdeka (Kuka) dengan segala implementasinya. Sebagai contoh, di Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta menjadikan mitigasi kebakaran ini masuk sebagai dalam kajian yang dititipkan pada mata pelajaran bahasa Indonesia, IPS, dan IPA.

Implementasi tersebut, sangat sesuai dengan fakta bahwa kebakaran merupakan salah satu mitigasi bencana non-alam yang terjadi di DKI Jakarta, selain banjir, dan konflik sosial. Penekanan pada pencegahan dan penanggulangan halihwal kebakaran merupakan tugas Kuka dalam menyikapi hal tersebut.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Negeri Plastik

Minyak Goreng Masuk ke Kelas

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Ekspresikan Dengan Buku

Image

Menjadi Bangsa yang Terdidik

Image

Sepucuk Malam

Image

Mp3 Juice: Converter Paling Gampang 2022 Hanya Masukkan Link

Image

Peradaban Buku

Image

Waspada Saat Libur, Kalapas Kelas I Palembang Periksa Kesiapan Petugas Pengamanan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image