Enam Cara Nabi Muhammad SAW Rayakan Hari Raya Idul Fitri

Image
Dessi Surya, S.Pd.
Agama | Wednesday, 04 May 2022, 13:02 WIB
Pict: @dessisurya26

Pemerintah menetapkan 1 Syawal pada tanggal 02 Mei 2022. Berarti pemerintah dan muhammadiyah akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 H secara bersamaan. Lebaran kali ini pun terasa lebih istimewa, dimana pada tanggal 02 Mei 2022 juga bertepatan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional dan prokes tentang covid sudah dikurangi.

Dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 H akan dirayakan setiap muslim di seluruh dunia dengan suka cita yang berbeda. Namun, dalam merayakanya, kita dilarang untuk berlebih-lebihan. Nabi Muhammad pun merayakan Hari Idul Fitri dengan suka cita dan dengan cara sederhana, tetapi sarat akan makna serta manfaatnya. Berikut enam cara Nabi Muhammad SAW rayakan Hari Raya Idul Fitri, di antaranya:

1. Mengumandangkan Takbir

Diriwayatkan Nabi Muhammad mengumandangkan takbir pada malam terakhir Ramadan sampai pagi hari di tanggal 1 Syawal. Ini sesuai dengan firman Allah SWT:

Artinya: “Dan hendaklah kamu sempurnakan bilangan puasa serta bertakbir (membesarkan nama Allah) atas petunjuk yang telah diberikan-nya kepadamu. Semoga dengan demikian kamu menjadi umat yang bersyukur," (Al-Baqarah ayat 185)

2. Tunaikan Zakat Fitrah

Nabi Muhammad turut mengajarkan kepada sahabat untuk tunaikan zakat fitrah pada pagi hari yang gelap dan batasannya hanya sampai sebelum melaksanakan salat Idul Fitri.

3. Makan, mandi, dan memakai pakaian terbaik

Umat muslim disunahkan untuk makan sebelum melakukan ibadah salat Idul Fitri, tetapi makan secukupnya tidak boleh terlalu kenyang. Nabi Muhammad pun hanya memakan beberapa kurma saja. Selain itu, Nabi Muhammad SAW sebelum melaksanakan salat Idul Fitri biasa mandi terlebih dahulu dan memakai pakaian terbaik dengan aroma minyak wangi. Pakaian terbaik bukan hanya dengan pakaian baru, tetapi beliau memakai pakaian kesukaan dan cocok dipakai untuk melaksanakan salat Idul Fitri, yaitu jubah. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW:

Artinya: “Baguskan jalan kalian, indahkan pakaian kalian, sehingga kalian harum di antara orang-orang,” (HR. Ahmad dan Abu Daud)

4. Memilih jalan berbeda saat melaksanakan salat Idul Fitri

Dalam perjalanan untuk melaksanakan salat Idul Fitri, Nabi Muhammad memilih berjalan kaki dengan jalur yang berbeda antara pulang dan berangkat. Hal ini dilakukan agar bisa bertemu dan bersilaturahmi kepada para sahabat dan umat muslim lainnya.

5. Mengucapkan selamat Idul Fitri

Nabi Muhammad juga mengajarkan kita untuk mengucapkan selamat Idul Fitri saat bersilaturahmi. Ucapan selamat Idul Fitrinya adalah:

“Taqabbalallahu minna ma minkum," artinya “Semoga Allah menerima ibadah puasa dan amal kami."

6. Sedekah

Beliau pun mengajarkan kepada kita untuk bersedekah agar umat muslim terbiasa bersedekah, karena dengan bersedakah hidup manusia dapat diselamatkan dari siksa kubur dan api neraka.

Enam cara yang sudah dijelaskan adalah cara Nabi Muhammad SAW dalam merayakan Idul Fitri. Enam cara tersebut dilakukan dalam rangka menyambut Idul Fitri dengan tidak berlebihan dan dapat bermnfaat untuk kita semua. Semoga kita semua dapat mengikutinya agar dapat makna dari arti merayakan Idul Fitri itu sendiri.

Follow IG: @dessisurya26

atau dengarkan podcast ke link https://anchor.fm/dessi-surya/episodes/Enam-Cara-Nabi-Muhammad-SAW-Rayakan-Hari-Raya-Idul-Fitri-e1i1vge

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Guru, Pembawa Acara, dan Penikmat Sastra

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Beriman Kepada Hari Kebangkitan (Yaumul Bats)

Image

Mushola dan Air Bersih untuk Pengungsi Cianjur

Image

Rekomendasi Restoran Ikan Bakar di Kota Malang, Telap88

Image

Peduli Gempa Cianjur, APPGINDO Bantu Warga Kampung Ciseupan

Image

Wisudawan Hafidz Quran 30 Juz UM Metro Terima Hadiah Umroh ke Baitullah

Image

Tanamkan Peduli pada Bumi Murid Lab School PAUD Ikuti Penanaman Sepuluh Juta Pohon

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image