Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Darma Wati

SELAMAT HARI BIDAN INTERNASIONAL

Eduaksi | Wednesday, 04 May 2022, 05:58 WIB
Sumber: Dokumen Pribadi

Pengertian Bidang

Dalam Kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) Arti bidan dadalah: wanita yang mempunyai kepandaian menolong dan merawat orang melahirkan dan bayinya;.

Secara umum, tugas seorang bidan yaitu sebagai tenaga kesehatan profesional yang membantu wanita mulai dari sejak masa kehamilan hingga melahirkan. Seperti antara lain melakukan pemeriksaan selama masa kehamilan, termasuk memantau kesehatan fisik dan psikis ibu hamil, serta memeriksa keadaan bayi dalam kandungan.

Bidan sebagai Pekerjaan Profesional

Bidan merupakan suatu profesi yang professional. Dikatakan demikian karena seorang bidan bisa menjalankan pekerjaanya jika telah menyelesaikan program pendidikan kebidanan, yang diakui Negara tempatnya berada, dan memenuhi kualifikasi yang diperlukan untuk dapat terdaftar dan / atau izin resmi untuk melakukan praktik kebidanan.

Artinya tidak semua orang dapat dikatakan bidan jika belum memenuhi kualifikasi untuk melakukan praktik kebidanan sebagai bentuk layanan kepada masyarakat. Melalui pendidikan kebidanan, seorang bidan terus dilatih dan dididik untuk dapat menguasai kompetensi yang dibutuhkan dalam bidang pekerjaannya. Penerapan pengetahuan dan keterampilan kebidanan sesuai dengan keilmuan yang dimiliki dan diterapkan baik dengan tetap memperhatikan etika etika kebidanan. Hal inilah yang mendukung seorang bidan dapat dikatakan sebagai bidan profesional. Pekerjaan bidan adalah pekerjaan yang terkait serta dengan masalah keselamatan jiwa ibu dan anak. Olehnya itu bidan selalu meningkatkan kecakapnnya untuk dapat menyesuaikan kebutuhan masyarakat dan ilmu serta kecakapannya demi pemberian layanan yang maksimal.

Tanggal 5 Mei merupakan hari Bidan Internasional. Semoga peringatan hari bidan internasional kali ini dapat memberikan makna yang lebih dalam dalam hubungannya dengan pengabdian bidan di mana saja mereka berada, khususnya di negara tercinta ini guna mendukung Indonesia Maju. Selamat Hari Bidan Internasional, keselematan Ibu anak terjamin.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image