Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hidayat Maulana Sutisna

Berbahagialah Menjadi Ibu

Eduaksi | Monday, 12 Jul 2021, 23:03 WIB

 

Pastinya kita pernah mendengar ungkapan surga ada ditelapak kaki ibu. Apakah benar demikian bahwa ungkapan surga itu ada dalam sosok ibu itu benar. Penulis akan sedikit menjelaskan kepada para pembaca semua mengenai ini.

Pertama, ibu dimuliakan Allah SWT.

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdo’a.” (Qs. Al-Ahqaaf : 15).

Allah SWT memulikan perempuan sebagai ibu karena telah diberi anugrah untuk mampu meneruskan keturunan dan mampu mengandung bayi hingga melahirkan, dan membesarkannya.

Kedua, disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dihormati.

“Seseorang datang kepada Rasulullah Shalallu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ ‘Ibumu!’ ‘Ibumu!, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari : 5971).

ibu adalah seorang yang wajib dihormati bahka disebut hingga 3 kali baru menyebut ayah. Bukan maksud untuk membedakan kasih sayang kepada ibu dan ayah tetapi lebih kepada anugerah seorang menjadi ibu dalam islam yaitu seorang yang paling berjasa karena bisa melahirkan anak.

Ketiga, tidak boleh disakiti.

“Sesungguhnya Allah SWT Ta’ala mengharamkan kalian berbuat durhaka kepada ibu-ibu kalian.” (Hadits shahih, riwayat Bukhari, no. 1407).

Siapapun tidak boleh durhaka kepada ibu sebab ibu adalah seseorang yang telah berkorban mulai dari mengandung, melahirkan, mencurahkan kasih sayangnya hingga mendidik dan mengurus sampai anak tersebut menjadi dewasa.

Keempat, doanya mustajab.

Ada tiga do’a yang dikabulkan oleh Allah SWT Subhanahu wa Ta’ala yang tidak diragukan tentang do’a ini: (1) do’a kedua orang tua terhadap anaknya, ” (Hasan : HR. Al-Bukhari).

Sudah tentu kita merasakan hal ini. doa ibu adaah doa yang mustajab, dalam urusan apapun sebaiknya selalu mengungkapkan pada beliau agar beliau turut mendoakan.

Kelima, sosok teladan dan pendidik terbaik.

“Dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.” (QS. Maryam : 32).

Ibu adalah sosok yang teladan, tentu ibu yang sholehah akan menjadikan anaknya anak yang sukses dunia dan akhirat, selalu mengajarkan nilai nilai kebaikan seperti Maryam kepada anaknya Nabi Isa AS.

Keenam, jalan menuju surga bagi dirinya dan anaknya.

Menjadi seeorang ibu dapat menjadi jalan ke surge. Kita bisa lihat dari mulai mengandung, melahirkan, hingga mengurus anak jika semua itu dilakukannya penuh cinta dan semata karena Allah SWT maka akan menjadi jalan surga baginya. Selain itu juga ibu menjadi jalan bagi para anaknya untuk meraih surga. Seorang anak tentu sudah harus berbakti kepada ibunya karena ini perintah Allah SWT.

Demikianlah sedikit dari banyak alasan kenapa ungkapan surga ada ditelapak kaki ibu karena ibu memiliki banyak keutamaan yang sudah disebutkan diatas. Maka berbahagialah wahai ibu karena engkau ditakdirkan oleh Allah SWT menjadi ladang pahala baik bagi dirinya terlebih lagi bagi para anaknya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image