Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image EKRUT Official

5 Kegunaan layanan VPN

Olahraga | Sunday, 11 Jul 2021, 20:50 WIB
www.ekrut.com

Virtual Private Network atau yang lebih dikenal dengan VPN merupakan sebuah layanan yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengakses situs secara pribadi melalui server jaringan lain.

Mungkin dahulu layanan VPN lebih sering digunakan oleh perusahaan maupun organisasi untuk melindungi data sensitif mereka. Namun, sekarang layanan satu ini telah marak digunakan secara pribadi di berbagai negara saat mengakses internet. Pasalnya, VPN memiliki beberapa kegunaan berikut:

1. Mengamankan enkripsi

Guna membaca data pastinya kamu memerlukan kunci enkripsi. Nah, salah satu fungsi dari VPN adalah mengamankan enkripsi, dengan begitu tentunya aktivitas online kamu dapat disembunyikan dari jaringan publik.

2. Menyamarkan keberadaan atau lokasi

Selain mengamankan enkripsi, VPN juga berguna untuk menyamarkan lokasimu. Server VPN dapat bertindak sebagai proxy kamu di internet, dengan itu data demografis yang berasal dari server negara lain membuat lokasi kamu yang sebenarnya tidak dapat ditemukan.

3. Transfer data dengan aman

Dengan adanya pandemi, banyak karyawan yang harus bekerja dari rumah yang tentunya tetap perlu mengakses data penting dari jaringan perusahaan. Agar tetap aman dalam mengakses data tersebut kamu dapat menggunakan VPN. VPN dapat membantu kamu untuk mendapatkan akses ke jaringan dengan aman.

Cara kerja VPN adalah dengan mengkoneksikan layanan tersebut ke server pribadi dan menggunakan metode enkripsi untuk mengurangi risiko kebocoran data.

4. Mengakses ke konten regional

Seperti yang kita ketahui, terdapat banyak situs yang dibatasi oleh wilayah sehingga hanya bisa diakses di beberapa negara saja. Untuk mengakses situs seperti itu, kamu dapat menggunakan VPN untuk beralih ke server negara tertentu agar kamu bisa mengakses situs tersebut.

5. Mengurangi gangguan koneksi internet

Oleh karena layanan VPN merupakan jaringan pribadi, maka gangguan koneksi yang akan kamu hadapi pun minim. Hal tersebut mungkin terjadi karena VPN bertindak juga sebagai pengaman koneksi.

Ketahui cara kerja dan jenis VPN melalui artikel ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image