Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rachmaniah Rumai

Mengulas Buku Jungkir Balik Nikah Muda

Eduaksi | Thursday, 08 Jul 2021, 21:32 WIB

Pernikahan adalah impian banyak orang, namun dalam pernikahan tentu saja banyak rintangan yang ada, dalam pelaksanaannya banyak jungkir balik yang harus dilewati untuk mempertahankan pernikahan tersebut. Buku Jungkir Balik Nikah Muda adalah sebuah buku yang ditulis oleh Achmad Ferdi W dan Gisti Gandari yang merupakan penggagas akun instagram @nikahbarokah. Buku ini buku yang sangat bermanfaat khususnya untuk para anak muda yang ingin menikah.

Dimana pada bab awal buku ini membahas tentang jodoh bahwa jodoh itu adalah misteri, tidak ada istilah telat menikah. “Jodoh nggak datang terlalu cepat, atau terlambat, jodoh datang di waktu yang tepat, pada orang yang tepat” begitulah kutipan yang ada pada buku ini. Yang dimana jodoh itu sudah ada yang mengatur, tugas kita adalah berikhtiar dan senantiasa berdoa dalam menjemput jodoh tersebut. “Allah lebih tahu kebutuhan kita dan apa yang terbaik untuk kita, bahkan melebihi diri kita sendiri.” Jadi kita harus selalu berfikir positif dalam menjemput jodoh ini.

Dalam buku ini juga membahas tentang tips-tips jika kita ingin mempersiapkan pernikahan sendiri, juga tips persiapan finansial. Dan juga soal mahar yang merupakan hal wajib dan syarat sahnya sebuah pernikahan, untuk pihak wanita jangan memberatkan mahar kepada laki-laki, dan untuk pihak laki-laki berikanlah mahar terbaik karena di dalam pernikahan bukan tentang besar kecilnya sebuah mahar, akan tetapi keberkahan justru terasa saat pihak yang memberikan ikhlas dan ridho serta pihak yang menerima juga ikhlas dan ridho. Serta pada bab kedua buku ini membahas tentang hal-hal teknis yang tidak terduga dalam pelaksanaan pernikahan, dan bagaimana seharusnya kita menyikapi serta menyiapkannya.

Bab selanjutnya membahas tentang kehidupan pengantin baru, tentang perbedaan pola pikir antara laki-laki dan perempuan, dalam cara pandang menghadapi sebuah masalah, cara mengungkapkan rasa cinta, cara menghargai pasangan, bahasa dan cara bicara antara laki-laki dan perempuan diulas dalam buku ini. Serta yang tidak kalah pentingnya buku ini juga membahas tentang tugas dan kewajiban seorang suami dan istri. Bagaimana seharusnya suami bertanggung jawab, memperlakukan istrinya dengan baik, begitupun istri bagaimana seharusnya menjadi istri yang baik untuk suaminya tersebut. Dalam bab ini juga ada contoh pembagaian peran suami istri dalam mengurusi rumah tangga, yang dimana dengan adanya pembagian tugas tersebut tentu saja akan ada suasana yang bahagia, yang seimbang, saling melengkapi dan terciptalah keharmonisan rumah tangga.

“jangan hidupkan ekspektasi tapi hidupakan obsesi.” Sebuah kalimat yang menarik dalam buku ini, agar kita tidak berekspektasi terlalu tinggi pada pasangan, karena pasangan kita adalah manusia biasa yang tentu saja memiliki kekurangan serta kelebihan. Jadi lebih baik kita hidupkan obsesi pada diri kita saja, tentang bagaimana kita berjuang menjadi pasangan yang baik, dan membentuk keluarga yang bahagia sampai di surga nanti.

Cinta perlu dibangun dan terus di pupuk, dalam bab selanjutnya pada buku ini ada sebuah tips-tips agar benih-benih cinta pada pasangan kita senantiasa tumbuh, senatiasa terjaga rasa saling menyayangi itu. Dalam rumah tangga juga lekat hubungan sosial antar tetangga, pada bab ini juga membahas bagaimana sebaiknya kita hidup bertetangga, bagaimana sikap-sikap kita untuk memuliakan tetangga tersebut.

Pada bab terakhir buku ini adalah membahas tentang tantangan finansial. Ada sebuah kutipan yang sangat menarik “ketika diluar sana banyak yang memilih pria mapan, aku justru ingin menikmati proses jatuh bangun bersamanya dan menemaninya.”. Berjuang bersama dengan pasangan bukanlah hal yang mudah, akan tetapi jika kita menikmati semua prosesnya dan “saling” dalam segala hal, yakni saling menyayangi, saling support, saling menguatkan dan sebagainya maka hal itu justru terasa indah. Pada bab terakhir ini juga ada tips mengatur keuangan, serta tips dan inspirasi berbisnis bersama dengan pasangan.

Buku ini sangat menambah wawasan kita tentang bagaimana kehidupan setelah menikah, jungkir balik sebuah pernikahan yang tidak mudah, bagaimana menjadi pasangan yang baik, bagaimana berjuang bersama pasangan dalam hal finansial maupun mempertahankan pernikahan agar selalu harmonis dan merawat benih-benih cinta pada pasangan kita. Jadi buku ini sangat cocok untuk anak muda yang ingin membina rumah tangga, agar dapat mengetahui seputar kehidupan pernikahan agar kedepannya dengan ilmu yang kita pelajari dapat kita terapkan kemudian akan tercipta keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image