Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Cici Ratna

Daftar Lengkap Gaji Pemain Bola Indonesia Per Bulan 2022

Olahraga | Sunday, 01 May 2022, 13:43 WIB

Gaji pemain bola sendiri pada dasarnya bervariasi. Hal itu dikarenakan untuk menentukan besaran upah didasarkan oleh beberapa faktor seperti skill, usia, keterampilan. Banyak orang beranggapan bahwa pekerjaan ini kurang menjanjikan untuk masa depan.

Seputar Pemain Bola

Saat ini olahraga sepakbola bukan hanya sekedar permainan atau hobi saja. Namun sudah menjadi sebuah industri pekerjaan. Biasanya seorang pemain akan bekerja pada sebuah tim dengan sistem kerja kontrak. Dimana waktunya telah ditentukan oleh kedua belah pihak.

Adanya perjanjian kerja yang telah disepakati kedua belah pihak. Secara otomatis antara pemain dan klub telah memiliki hubungan kerja. Dengan begitu jika salah satu itu melanggar kontrak tersebut maka berhak memperoleh sanksi.

Namun permasalahan umum yang sering dihadapi pemain bola di Indonesia yaitu sistem pembayaran yang tidak sesuai dengan kesepakatan. Tak jarang pemilik klub tidak menggaji pemainnya sama sekali. Hal itu tentunya sangat merugikan atlet ini.

Besaran Gaji Pemain Bola di Indonesia

Seperti dikutip dari gajiperbulan.com bahwa rata-rata gaji pemain bola lokal di Indonesia setiap bulannya yaitu puluhan juta. Sementara untuk atlet asing bisa memperoleh penghasilan hingga ratusan juta. Hal itu dikarenakan faktor penentu upah dalam kegiatan ini berdasarkan skill yang dimiliki.

Di Indonesia untuk gaji para pemain bola sendiri diberikan sesuai kontrak yang telah disepakati kedua belah pihak. Sementara untuk masing-masing klub memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Ada yang melakukan pembayaran dengan cara DP di awal atau secara rutin tiap bulan.

Pemain bola di Indonesia yang memiliki Gaji tertinggi ialah Osvaldo haay yang membela klub Persija Jakarta. Hampir setiap tahunnya penghasilan yang diperoleh sebesar 4, 4 miliar. Namun tidak hanya itu masih banyak atlet olahraga ini yang memiliki pendapatan fantastis seperti.

Nama

Gaji perbulan

Ilija Spasjevic

Rp 5.200.000.000

Riko Simanjuntak

Rp 5.200.000.000

Evan Dimas

Rp 5.300.000.000

Febi hariyadi

Rp 5.600.000.000

Marc Klok

Rp 6.100.000.000

Klub Sepak Bola di Indonesia

Sama dengan negara-negara lainnya Indonesia juga memiliki Tim Nasional sepakbola atau sering disebut dengan Timnas. Sementara pertandingan pertama klub ini dilakukan pada tahun 1922. Dimana pada waktu itu melibatkan klub dari Hindia Belanda melawan Singapura.

Timnas sendiri memiliki stadion kandang yang terletak di Jakarta. Dimana tempat tersebut bisa menampung lebih dari 78. 011 orang penonton. Stadion utama bung Karno ini dibangun pada tahun 1960 pada waktu itu digunakan untuk Asian games.

Perlu diketahui bahwa tim Nasional sepakbola ini pada tahun 1938. Sempat mengikuti pertandingan dan lolos di piala FIFA. Dimana pada waktu itu Indonesia tampil mewakili zona Asia di kualifikasi grup 12.

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa gaji pemain bola di Indonesia itu bervariasi. Karena faktor penentu pemberian upah kepada atlet meliputi usia, kontra dan keterampilan yang dimiliki. Semoga artikel ini bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image